90 Prajurit Polisi Militer Perkuat Puslatpur Purboyo Malang

Oleh : Herry Barus | Senin, 29 Juni 2020 - 05:30 WIB

90 Prajurit Polisi Militer Perkuat Puslatpur Purboyo Malang
90 Prajurit Polisi Militer Perkuat Puslatpur Purboyo Malang

INDUSTRY.co.id - Malang- Sebanyak 90 siswa Pusat Pendidikan Polisi Militer TNI AL (Pusdikpomal) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) mengikuti Upacara penyematan Brevet dan Tradisi Penyiraman ‘Air Suci’ oleh Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Laksamana Pertama TNI Dr. Nazali Lempo, S.H., M.H. di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Purboyo Kabupaten Malang Jawa Timur.

Ke 90 Prajurit siswa tersebut terdiri dari 16 Siswa Diktukpa TNI AL Angkatan ke-49, 18 Siswa Diktukba TNI AL Angkatan ke-49, 41 siswa Dikmaba TNI AL Angkatan ke-39/1 serta 15 siswa Dikmata TNI AL Angkatan ke 39/1 Kejuruan Pomal.

Sebelum acara Pembaretan dan Tradisi,  dilaksanakan penyematan Lencana Pomal oleh Danpuspomal kepada Wadan Kodiklatal Brigjen TNI Mar Amir Faisol, S.Sos., M.M., dan kepada Paban II Opsdik Ditdik Kodiklatal, sebagai bentuk penghargaan dari Korps Baret Biru.

Danpuspomal dalam sambutanya menyampaikan bahwa Upacara tradisi pembaretan merupakan bagian yang sangat penting dan tidak terpisahkan dari perjalanan hidup seorang prajurit Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal).

Kegiatan ini adalah untuk memupuk jiwa korsa diantara sesama prajurit korps Pomal serta untuk menumbuhkan nilai-nilai kejuangan prajurit Pomal. Dengan pembaretan ini, menandakan bahwa para prajurit siswa sudah sah sebagai anggota Pomal dan sekaligus bagian dari keluarga besar korps Pomal.

“Semoga dapat menjadi kebanggaan bagi setiap prajurit dan menuntut untuk terus meningkatkan kemampuan dalam iptek, keterampilan, kemampuan fisik, mempunyai jati diri dan bertanggung jawab serta disiplin yang tinggi guna mendukung tugas kepolisian militer demi kepentingan TNI AL, TNI, bangsa dan negara,” ujar Danpuspomal.

Danpuspomal mengingatkan kepada seluruh peserta tradisi bahwa jati diri, karakter, watak dan perilaku serta semboyan “Wijna Wira Widhyaka” benar-benar diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, jangan sampai mengkhianati dan merusaknya.

Diakhir amanatnya, Danpuspomal mengucapkan selamat atas keberhasilan para prajurit siswa yang telah melewati tahap demi tahap, mulai dari pelajaran teori di kelas, latihan praktek pelibatan Pomal dalam operasi amphibi dan menembak kualifikasi.

“Pemakaian baret biru Korps Polisi Militer tidak hanya sebagai simbol identitas prajurit, namun sebagai amanah untuk menjaga kehormatan dan kebanggaan dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara. Bekal ilmu yang diperoleh merupakan dasar dan modal untuk menjadi seorang prajurit Pomal dalam melaksanakan tugas nantinya di satuan,” tegasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Eksotisme Goa-Goa Pangandaran, Seiring Wista Seru di Era New Normal

Minggu, 12 Juli 2020 - 21:15 WIB

Eksotisme Goa-Goa Pangandaran, Seiring Wisata Seru di Era New Normal

Wisata seru di era new normal, Anda bisa mencoba menelusuri jejak zaman prasejarah lewat goa-goa Pangandaran, Jawa Barat, yang eksotis.

Penampakan group musik Weird Genius di Times Square AS

Minggu, 12 Juli 2020 - 20:10 WIB

Muncul di Times Square, Group Musik Asal Indonesia Ini Bikin Masyarakat AS Mabuk Kepayang

Weird Genius, sebuah grup musik yang digawangi Reza Arap, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu, mengumumkan sebuah kabar gembira bagi penggemar mereka. Belum lama ini dikabarkan jika karya mereka mendapat…

PLUT Jembrana

Minggu, 12 Juli 2020 - 19:45 WIB

Meski Baru 'Seumur Jagung', PLUT Jembrana Berhasil Dorong UMKM Sekitar Naik Kelas

Usia Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Kabupaten Jembrana, Bali masih seumur bayi, satu tahun. Walaupun baru lahir, PLUT Jembrana mampu menorehkan berbagai jejak untuk mengembangkan UMKM…

Tenaga Medis Memeriksa Sampel darah Pasien

Minggu, 12 Juli 2020 - 19:41 WIB

Gugus Tugas Benarkan Rektor USU Prof Runtung Sitepu Positif terpapar COVID-19

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyatakan bahwa Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Runtung Sitepu dinyatakan positif terpapar virus…

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim

Minggu, 12 Juli 2020 - 19:18 WIB

Sekolah Kembali di Buka, Menteri Nadiem: Bila Orang Tua Tidak Siap, Ia Berhak Menolak, Kita Pegang Prinsip Bebas Memilih

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan pembukaan sekolah harus kedepankan protokol kesehatan. "Namun, bila ada orang tua yang tidak siap jika anaknya kembali…