Dexamethasone Terbukti Ampuh Obati Corona, BPOM: Tapi Jangan Asal Minum, Itu Obat Keras!

Oleh : Candra Mata | Minggu, 21 Juni 2020 - 08:24 WIB

Obat Dexamethasone
Obat Dexamethasone

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Usai direkomendasikan oleh WHO sebagai obat corona dan lewat gencarnya pemberitaan media, obat Dexamethasone kini tengah diburu oleh masyarakat yang ingin terbebas maupun sembuh dari penyakit Virus Covid-19.

Merespon hal tersebut, BPOM ikut angkat bicara, dan menekankan untuk tidak melakukan panic buying dengan obat ini, karena menurut BPOM Dexamethasone merupakan obat keras.

"Dexamethasone adalah obat keras yang harus diberikan dalam pengawasan dokter dan penggunaannya dibawah pengawasan dokter, jadi jangan asal minum," seru dokter Riska, Direktur Registrasi Obat BPOM RI dicukil dari keterangan BPOM di KompasTV, beberapa waktu lalu.

Dokter Riska juga mengakui, obat tersebut saat ini digunakan untuk menyembuhkan pasien covid-19.

"Kita menyambut baik hasil penelitian di UK yang menunjukkan bahwa Dexamethasone dapat menurunkan angka kematian dan angka lama dirawat di RS pada pasien covid 19 dengan derajat berat yang menggunakan ventilator. Dexamethasone ini golongan steroid. Di Indonesia penatalaksanaan covid-19 derajat berat juga menggunakan steroid yaitu Hidrokortison," lanjut dokter Riska.

Untuk pedagang yang menaikan harga obat diluar harga pasar, waspada karena BPOM akan segera bertindak.

"BPOM melakukan pengawasan peredaran obat-obat tersebut ya, jadi masyarakat dan pedagang juga tidak perlu panik," tegas dokter Riska.

Seperti yang sudah terjadi di awal pandemi corona, harga masker hingga hand sanitizer meroket tak karuan. 

Satu dus masker medis isi 40 pcs sempat menyentuh angka Rp 300 ribu, padahal sebelum wabah melanda harga masker tersebut hanya Rp 20 ribu - 30 ribu per dus.

Bicara dari pengalaman, masyarakat diduga bakal segera memborong obat tersebut. 

Terpantau di sejumlah marketplace, obat Dexamethasone sejak berita ini dipublish, masih di angka Rp 30.000 - 40.000 per strip (isi 10).

Seperti diketahui, mengutip BBC, 5.000 pasien positif virus corona di Inggris berhasil sembuh setelah mengonsumsi obat Dexamethasone.

Seperti diketahui, dexamethasone memang dinyatakan teruji dalam mengurangi risiko kematian pasien Covid-19 yang memiliki gejala parah. Uji dilakukan tim peneliti Oxford University, Inggris, terhadap lebih dari 2.000 pasien di rumah sakit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.