Traveloka Hadirkan Solusi Inovatif untuk Bantu Mitra dalam Proses Pemulihan Covid-19

Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 20 Juni 2020 - 09:50 WIB

Traveloka LIVEstyle Flash Sale
Traveloka LIVEstyle Flash Sale

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebagai perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital terkemuka di Asia Tenggara, Traveloka kembali menghadirkan solusi atas tantangan yang dihadapi oleh mitra dan konsumen di masa transisi menuju normal baru melalui pemanfaatan teknologi.

Sejalan dengan semangat JalanBersama yang diinisiasi oleh Traveloka guna berkontribusi aktif untuk membantu mitra maupun pengguna dalam menanggulangi situasi pandemi COVID-19, Traveloka menawarkan inovasi terkini melalui strategi promosi Traveloka LIVEstyle Hotel Flash Sale serta dua inisiatif terbaru yang menawarkan fleksibilitas periode penggunaan melalui program Buy Now Stay Later dari Traveloka Accommodation dan Mesin Waktu dari Traveloka Xperience.

Inovasi-inovasi tersebut bertujuan untuk membantu para mitra di industri pariwisata untuk memperoleh pemasukan yang saat ini sangat dibutuhkan, mengingat minimnya transaksi atau penjualan dalam beberapa bulan ke belakang sebagai dampak dari disrupsi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebutkan hingga pekan kedua April 2020, sebanyak 180 destinasi dan 232 desa wisata ditutup. Kemenparekraf juga mencatat terdapat lebih dari 13 juta pekerja di sektor pariwisata terdampak langsung dari pandemi ini, sementara sekitar 32,5 juta pekerja di sektor pendukung juga mengalami efek yang sama.

Dari sisi perhotelan, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) juga memaparkan informasi senada, yang menyebutkan bahwa rata-rata okupansi hotel di Indonesia kini turun drastis hingga di bawah 10%. Hal ini kemudian menyebabkan 1.642 hotel yang menjadi anggota PHRI memilih untuk menutup hotel di bulan April.

“Setelah lebih dari dua bulan industri pariwisata dan perjalanan terdampak atas pandemi COVID-19 ini, kami menyadari bahwa saat ini situasi sudah semakin kritis bagi para pelaku industri, khususnya sektor perhotelan. Oleh karena itu, mengusung semangat JalanBersama, kami ingin berkontribusi untuk mendorong pemulihan kembali industri pariwisata tanah air melalui pemanfaatan teknologi. Memanfaatkan momentum transisi normal baru, kami berupaya menghadirkan inovasi, salah satunya melalui Traveloka LIVEstyle Flash Sale, yang tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh pengguna, namun juga dapat menjawab tantangan yang kini dihadapi oleh para mitra,” ungkap Shirley Lesmana, Head of Marketing, Accommodation Traveloka, sumber melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Jumat (19/6/2020).

Sejak akhir bulan Mei lalu, Traveloka telah meluncurkan inisiatif terbarunya, program Traveloka LIVEstyle Flash Sale, yang merupakan inovasi strategi promosi pertama di Indonesia yang menggabungkan konsep Flash Sale dengan menggunakan kanal marketing siaran langsung (live stream) yang saat ini sedang populer.

Live stream dikemas dengan format bincang santai serta berbagai konten menarik seperti live tur virtual dan live auction untuk produk hotel yang dipublikasikan di berbagai kanal media sosial, seperti Instagram, YouTube, Twitter, dan Facebook.

Program ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi para mitra untuk menstimulasi dan menciptakan permintaan dari konsumen di tengah masa pandemi COVID-19, sehingga dapat membantu mitra dalam mempertahankan operasional bisnisnya.

Dampak positif juga dirasakan dari pihak mitra hotel yang turut berpartisipasi pada program Traveloka LIVEstyle Flash Sale ini.

“Kami sangat senang dapat turut berpartisipasi dalam program Traveloka LIVEStyle Flash Sale. Tingkat pemesanan kamar hotel yang kami terima setelah berpartisipasi dalam program Traveloka ini meningkat hingga lebih dari 1,100%. Inisiatif ini benar-benar menjadi salah satu terobosan yang membantu kami dalam meningkatkan okupansi hotel, yang mana hal ini sangat kami butuhkan untuk bertahan dan bangkit dari dampak situasi pandemi COVID-19,” ujar Berri Naurika, General Manager, The Alana Hotel & Conference Center Malioboro Yogyakarta by ASTON.

“Sambutan positif dari masyarakat terlihat dari jumlah audiens live stream program Traveloka LIVEstyle Flash Sale di seluruh platform media sosial Traveloka yang totalnya mencapai puluhan ribu audiens, melebihi ekspektasi awal kami. Antusiasme masyarakat dan juga kontribusi dari hasil program ini terhadap mitra hotel kemudian menjadi alasan kuat bagi kami melanjutkan program ini serta menambah jumlah mitra yang terlibat. Pada edisi live stream 12 Juni lalu, untuk pertama kalinya kami melibatkan mitra restoran yang juga terdampak pandemi ini untuk ikut berpartisipasi dalam gelaran Traveloka LIVEstyle Flash Sale,” tambah Shirley.

Hingga kini, terdapat ratusan mitra hotel dan restoran yang berpartisipasi dalam inisiatif Traveloka LIVEStyle Flash Sale yang memberikan penawaran spesial hingga diskon sampai dengan 50%. Program ini akan secara reguler berlangsung setiap hari Jumat dengan mengundang narasumber yang menarik, serta akan disiarkan langsung melalui media sosial Traveloka seperti YouTube, Twitter, Facebook, dan Instagram.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…