Erick Thohir Pastikan Tiga Tahun Lagi BUMN 'Enggak' Bakal Pakai Duit Negara

Oleh : Ridwan | Minggu, 14 Juni 2020 - 10:30 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menyebut sekitar dua sampai tiga tahun lagi instansi yang dipimpinnya tidak akan menggunakan dana APBN. Sebagai gantinya, Kementerian BUMN akan hidup dari dividen.

"Kita sedang mencoba, dan presiden, ibu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) mendukung, dua sampai tiga tahun BUMN tidak terima APBN," kata Erick dalam live Instagram IDN TImes, Sabtu (13/6/2020).

Erick menjelaskan dana yang berasal dari dividen pun tidak semuanya akan dimanfaatkan, hanya sebesar 1% dari setiap setoran dividen BUMN kepada negara akan dijadikan modal operasional.

"Supaya apa? supaya dari kementerian sendiri visinya sama dengan korporasinya, bahwa kita bekerja sama dan menjaga apa yang dibalikkan ke negara tentu dengan menjaga layanan masyarakat," ujarnya.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Erick mengaku ada empat hal besar yang harus dipegang oleh seluruh BUMN. Pertama, perusahaan pelat merah itu harus kembali ke core bisnisnya. Kedua, harus profesional dan transparan.

"Tidak lagi ada konsep project based, kita mau dari mana kita proses bisnis. Jadi bukan bikin produk ini, tapi kita melihat secara menyeluruh perlu nggak barang ini," tutur Erick.

Ketiga, konsolidasi. Berdasarkan riset Kementerian BUMN bersama Mckenzie, ada 68% perusahaan pelat merah bisa dikonsolidasikan. Konsolidasi ini juga sejalan dengan rencana mengurangi klaster BUMN dari yang awalnya sebanyak 27 menjadi 12 klaster.

"Ini bagus untuk pengusaha daerah, UMKM lahan bisnisinya tidak diambil BUMN, supaya menjaga sustainabilitas daripada ekonomi di dalam negeri, karena BUMN sepertiga dari kekuatan ekonomi dalam negeri," katanya.

Keempat, Erick ingin semua BUMN didasari kultur atau akhlak yang baik. Sebab, mengoperasikan perusahaan negara itu adalah amanah.

"Oleh karena itu dari awal saya akhlak itu menjadi yang terpenting di BUMN, ada yang namanya amanah, kompeten, harus harmonis, jangan kita buat gaduh akhirnya nggak kompak, loyalitas juga penting, tantiem sama bonus harus, tetapi tetap jangan membuat kerajaan kecil, adaptif, kolaboratif," ungkap dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Executive Officer Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi

Jumat, 14 Agustus 2020 - 06:00 WIB

Citibank N.A.Indonesia Membukukan Laba Bersih Rp 1,4 Triliun di Semester Pertama 2020

Citibank tetap mencatatkan kinerja yang positif, termasuk mencatatkan Return on Equitydan Return on Assetssebesar masing-masing 15,5% dan 4%.Di tengah ketidakpastian ekonomi, Citibank tetap…

POMAL Lantamal XIV Gelar Gaktib Minimalisir Pelanggaran Anggota TNI AL

Jumat, 14 Agustus 2020 - 05:30 WIB

POMAL Lantamal XIV Gelar Gaktib Minimalisir Pelanggaran Anggota TNI AL

Polisi Militer AngkatanLaut (Pomal) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIV Sorong, menggelar Operasi Penegakan dan Ketertiban (Gaktib) Yustisi Kepolisian Militer TW III T.A 2020. Dalam…

Pembaretan 186 Prajurit Remaja Marinir Dihadiri Wadan Kodiklatal

Jumat, 14 Agustus 2020 - 05:00 WIB

Pembaretan 186 Prajurit Remaja Marinir Dihadiri Wadan Kodiklatal

Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Wadan Kodiklatal) Brigjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si mengadiri prosesi pembaretan Prajurit Korps Marinir di Pantai…

191 Prajurit Pasmar 1 Laksanakan Rapid Test Tekan Penyebaran Vovid-19

Jumat, 14 Agustus 2020 - 04:30 WIB

191 Prajurit Pasmar 1 Laksanakan Rapid Test Tekan Penyebaran Vovid-19

Segenap prajurit dan PNS Denma Mako (Denmako) Pasmar 1 melaksanakan kegiatan rapid test guna menekan penyebaran virus Covid-19 yang diselenggarakan di gedung Keris Mako

Komandan Korps Marinir, Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)

Jumat, 14 Agustus 2020 - 04:00 WIB

Pusat Latihan Tempur Marinir di Pantai Malang Selatan Siap Digunakan

Komandan Korps Marinir, Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) meresmikan daerah latihan baru Korps Marinir TNI AL di Pantai Kondang Iwak Dusun Sumber Pucung Desa Tulungrejo Kecamatan Donomulyo…