Makin Panas! Debat Luhut Vs Rizal Ramli Bikin Penonton Sudah 'Nggak' Sabar

Oleh : Ridwan | Jumat, 12 Juni 2020 - 16:32 WIB

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (fokusbisnis.com)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (fokusbisnis.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kepastian kapan debat soal utang antara Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dengan ekonom senior RR alias Rizal Ramli masih gelap. Kubu Luhut belum mengiyakannya. Padahal para penonton sudah nggak sabar. Kira-kira siapa yang menang, Luhut apa RR? 

Heboh soal adu debat ini berawal dari tantangan Luhut yang disampaikan pekan lalu. Saat itu, Luhut kesal lantaran kebijakan soal utang kerap diserang. Padahal, kata dia, utang pemerintah masih dalam batas aman dan digunakan untuk hal-hal produktif. 

Luhut pun meminta para pengkritik itu jangan hanya berkoar-koar. "Kalau ada yang mengkritik kami, sini saya juga pengin ketemu. Jangan di media sosial saja. Nanti ketemu kami, ngomong," tantang Luhut. 

Sejumlah orang menyatakan siap meladeni tantangan Luhut. Beberapa di antaranya adalah dosen senior dari Fakultas Ekonomi UI, Djamester Simarmata. Kemudian menyusul Rizal Ramli. Apalagi dia, selama ini kerap mengritik kebijakan tim ekonomi Jokowi. Termasuk soal utang. 

Rizal yang awalnya enggan meladeni akhirnya menerima tantangan Luhut. Ia berubah pikiran setelah Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi siap memfasilitasi perdebatan itu yang rencananya akan digelar 24 Juni nanti. Dalam debat akan disiapkan moderator dan juri yang akan menilai. 

Bukan hanya Luhut, Rizal siap meladeni semua tim ekonomi Jokowi. Eks Menko Maritim ini bahkan mengajukan syarat. Jika Luhut cs kalah dalam debat, mereka diharuskan mundur dari jabatannya. Jika RIzal kalah, dia janji akan berhenti mengritik pemerintah. 

Bagaimana tanggapan Luhut? Jubir Menko Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi ogah meladeni tantangan debat dengan difasilitasi pihak ketiga itu. "Itu kan dari promotornya, kita sih nggak mau nunjuk promotor, emang petinju apa kayak Don King pakai promotor," kata Jodi, di kantornya, kemarin. 

Jodi menilai, tantangan tersebut bagaikan mau menjatuhkan pemerintah, bukan untuk memberi kritik membangun. "Kan nggak semudah itu aja jatuhin pemerintah," tegas Jodi. 

"Jangan dijadikan dan dibawa ke urusan politik lah. Nggak elok! Capek lah kita kayak begitu," ungkapnya. 

Jodi menambahkan, pemerintah merangkul semua pihak dalam membentuk kebijakan. Dia mengatakan, apabila ada kritik dilakukan bukan untuk cari panggung. Kemarin, Luhut ternyata mengundang Djamester Simarmata ke kantornya. Ternyata bukan Djamester yang diundang ke sana. Rizal juga diundang namun tidak datang. 

Luhut mengaku, sudah berdiskusi dengan Djamester. Sayangnya pertemuan dilakukan tertutup. "Saya senang sekali bisa berdiskusi secara ilmiah seperti ini, bukan debat kusir yang tidak jelas titik temunya, apalagi sampai harus menyiapkan promotor seperti ajang tindu saja," kata Luhut lewat akun instagramnya @luhut.pandjaitan, kemarin. 

Sampai saat ini, warganet masih menunggu debat antara Luhut dan RR. (rmco)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.