Demi Kesehatan Penumpang dan Kru Scoot Airlines Terapkan Langkah Pencegahan Tambahan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 09 Juni 2020 - 13:00 WIB

Scoot Airlines
Scoot Airlines

INDUSTRY.co.id - Singapura– Sejak awal pandemi COVID-19, Scoot telah menerapkan sejumlah langkah untuk menjaga kesehatan penumpang dan kru. Dengan beroperasinya kembali beberapa penerbangan dan transit di Bandara Changi Singapura mulai Juni 2020 , Scoot akan meningkatkan prosedur operasionalnya dan memperkenalkan langkah-langkah pencegahan tambahan supaya penumpang dapat terbang dengan lebih nyaman.

CEO Scoot Campbell Wilson Selasa (9/6/2020) mengatakan, “Scoot telah berada di garis depan perjuangan melawan COVID-19 sejak awal, dengan kesehatan dan keamanan penumpang dan kru selalu menjadi prioritas kami. Saat beberapa penerbangan mulai beroperasi kembali, kami bekerja sama dengan regulator dan pakar kesehatan untuk menerapkan rangkaian langkah komprehensif untuk memastikan standar kebersihan setinggi mungkin, dan untuk memberikan penumpang kepercayaan bahwa mereka dapat terbang dengan aman bersama Scoot.”

Langkah-langkah pencegahan antara lain:

1.     Saat memesan tiket

a)     Penghentian sementara produk dan layanan

Scoot akan menghentikan sementara produk dan layanan tertentu untuk meminimalkan kontak antar kru dan penumpang, dan untuk memudahkan pelacakan kontak yang efektif, yaitu:

·         FlyBagEat dan ScootPlus ​

·         Board Me First (boarding prioritas)

·         Bagasi kabin ekstra

·         Pemilihan kursi ​online

·         Upgrade kelas ​

·         Makanan dan minuman tidak tersedia untuk pembelian online dan dalam penerbangan, makanan akan disediakan lebih dulu di kursi jika memungkinkan

·         Belanja bebas bea dalam penerbangan juga tidak tersedia

·         Snooze Kit ​

2.     Sebelum penerbangan

a)     Penyerahan formulir deklarasi kesehatan

Penumpang harus mengisi formulir deklarasi kesehatan sebelum check-in. Formulir dapat diisi di kios check-in Scoot atau secara online yang dapat diakses melalui pemberitahuan SMS 24 jam sebelum penerbangan.

b)    Memakai masker

Semua penumpang harus membawa dan memakai masker saat menaiki pesawat, dan  harus terus memakai masker selama penerbangan.

c)      Pengecekan suhu

Pengecekan suhu akan dilakukan sebelum boarding[2] dan calon penumpang dengan suhu 37,5 derajat celcius atau lebih tinggi (atau sebagaimana ditentukan oleh peraturan setempat) tidak akan diizinkan menaiki pesawat. Calon penumpang dapat memesan ulang tiket di kemudian hari saat kondisi mereka baik, atau menghubungi call centre Scoot untuk menerima refund.

d)   Pembatasan bagasi kabin

Sebelumnya, Scoot membolehkan bagasi kabin hingga 10 kg di Kelas Ekonomi. Sejak 1 Juni 2020, Scoot hanya membolehkan setiap penumpang membawa satu tas berukuran kecil hingga 3 kg yang cukup diletakkan di bawah kursi di depan mereka, untuk memfasilitasi jarak aman antar penumpang selama pemeriksaan keamanan, boarding, dan turun dari pesawat. Sisa bagasi kabin (hingga 7 kg) dapat diletakkan di bagasi check-in tanpa tambahan biaya.

e)     Check-in mandiri

Untuk meminimalkan kontak fisik, Scoot sangat menyarankan penumpang melakukan check-in secara online melalui Flyscoot.com atau aplikasi seluler. Selain itu, penumpang juga dapat melakukan check-in mandiri di kios check-in dan fasilitas check-in bagasi di Bandara Changi.

f)       Implementasi jarak aman

Langkah-langkah menjaga jarak aman akan dilakukan di gerbang dan antrean, termasuk kios check-in, gerbang, dan sebelum boarding.

Scoot sangat menyarankan penumpang tiba di bandara lebih awal untuk memastikan ada cukup waktu untuk prosedur pra-penerbangan tambahan.

3.     Selama penerbangan

a)     Pengaturan kursi untuk pelacakan kontak dan jarak aman

Untuk memfasilitasi pelacakan kontak dan jarak aman, penumpang akan diberi tahu nomor kursi pada saat check-in. Jika memungkinkan, Scoot akan menempatkan penumpang yang terbang bersama keluarga atau penumpang dalam satu kode pemesanan, di kursi yang berdekatan. Penumpang tidak boleh berpindah kursi selama penerbangan.

b)    Perubahan layanan penerbangan

Semua penerbangan Scoot akan beroperasi dengan layanan terbatas tanpa penjualan makanan, minuman, atau belanja bebas bea. Sebagai gantinya, makanan yang telah dikemas sesuai standar keamanan pangan yang ketat akan disediakan di kursi untuk membatasi kontak fisik antara penumpang dan kru.

c)     Selalu memakai masker

Penumpang harus selalu memakai masker selama penerbangan, kecuali dalam keadaan tertentu (contohnya makan, minum, atau minum obat).

d)    Perhatikan jarak aman

Penumpang harus menjaga jarak aman saat tidak duduk di kursi, termasuk saat menaiki dan menuruni pesawat, dan saat mengantre toilet.

e)     Kebersihan kabin

Scoot akan menyediakan hand sanitiser dalam penerbangan untuk digunakan penumpang dan kru. Toilet juga akan dibersihkan dan didisinfeksi secara rutin, setidaknya tiga kali sejam.

f)      Tidak ada bacaan di belakang kursi

Bacaan di belakang kursi seperti Menu Scoot Café, majalah dalam penerbangan Scoot dan katalog belanja bebas bea Scootalogue tidak disediakan di belakang kursi untuk mengurangi kontak dengan permukaan. Kartu keselamatan dan kantong udara tetap tersedia.

g)    Sistem penyaringan udara HEPA

Pesawat Scoot dilengkapi dengan sistem penyaringan udara kabin yang memiliki filter High Efficiency Particulate Air (HEPA), yang efektif hingga 99,98% menjebak partikel mikroskopis seperti bakteri dan virus. Saringan udara tersebut memiliki kinerja yang sama dengan saringan udara di rumah sakit dan diganti secara rutin sesuai dengan panduan pabrikan. Udara mengalir masuk dan keluar kabin secara terus menerus, dari atas ke bawah,  dengan udara kabin disirkulasi setiap dua atau tiga menit (atau 20-30 kali sejam).

Protokol penanganan penyakit menular

 

Scoot telah menetapkan rangkaian prosedur operasi standar baru bagi kru untuk menangani keadaan darurat medis dalam penerbangan, termasuk menangani dan memisahkan penumpang yang menunjukkan gejala penyakit menular dalam penerbangan, termasuk menyediakan area kursi tertentu untuk penumpang yang tidak sehat.

h)    Langkah pencegahan untuk kru dan pilot

Semua kru Scoot menjalani pemeriksaan suhu sebelum terbang, harus memantau dan melaporkan kesehatan mereka, dan harus memakai Alat Pelindung Diri (APD) selama bertugas. Bagi kru Scoot, APD meliputi masker, sarung tangan, dan pelindung wajah. Kru juga diberi tahu untuk segera menemui dokter dan tidak bekerja jika merasa tidak sehat. Kru yang bertugas tidak boleh memiliki gejala atau kontak dengan pasien positif atau pasien dalam pengawasan COVID-19. Kru juga akan duduk di bagian tertentu pesawat, dengan jarak setidaknya 2 m dari penumpang dan memakai toilet terpisah.

4.     Setelah penerbangan

a)     Prosedur pembersihan pesawat yang ditingkatkan

Scoot telah meningkatkan prosedur operasi untuk membersihkan pesawat, yang meliputi pembersihan menyeluruh untuk interior pesawat termasuk permukaan, pembersihan menyeluruh toilet dengan disinfektan, dan penyemprotan pesawat untuk memastikan disinfektan tersebar secara merata di seluruh permukaan interior pesawat. Semprotan disinfektan aerosol juga disiapkan jika prosedur disinfeksi standar tidak tersedia.

Untuk memberikan kepercayaan lebih kepada penumpang, jika mereka perlu mengubah rencana perjalanan setelah pemesanan, Scoot telah memperpanjang periode perubahan tanggal gratis sebanyak satu kali untuk semua pemesanan yang dibuat mulai sekarang sampai akhir Juni 2020.

Scoot akan terus memantau situasi, mengembangkan pedoman peraturan, dan meninjau prosedur kami jika diperlukan untuk memastikan penumpang dapat terbang dengan aman dan nyaman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…