Astaga...Peneliti China Akui Virus Corona Bukan Berasal dari Pasar Hewan di Wuhan!

Oleh : Candra Mata | Minggu, 31 Mei 2020 - 09:02 WIB

Penelitian Kelalawar (ist)
Penelitian Kelalawar (ist)

INDUSTRY.co.id - Beijing, Peneliti China Mengakui Bahwa Virus Corona Bukan Berasal dari Pasar Tradisional di Wuhan. 

Pengakuan mengejutkan dunia internasional ini berasal dari seorang peneliti senior yang juga pejabat di pemerintahan komunis China.

Para peneliti, terutama dari Amerika Serikat, kemudian mengaitkan bahwa sumber Virus Corona yang sesungguhnya berasal dari sebuah laboratorium virologi Wuhan China.

"Pada awalnya, kami berasumsi pasar makanan laut mungkin memiliki virus, tetapi sekarang pasar lebih seperti korban," kata Gao Fu, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China.

Ini adalah pengakuan yang menakjubkan, ungkap informasi yang dilansir dari Dailymail, Minggu (31/5).

Kabar mengejutkan tersebut muncul, karena selama ini China dan juga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bersikeras bahwa Virus Corona bersumber dari pasar hewan di Wuhan China. 

Tetapi, Presiden Amerika Serikat Donald Trump tetap menuduh China tidak transparan dan kemarin telah memutuskan hubungan dengan WHO. 

Sebelumnya, Gao Fu secara tegas menunjuk jari menyalahkan pedagang di pasar Wuhan China di mana hewan liar dijual ketika negaranya akhirnya memberi tahu dunia tentang Virus Corona yang mematikan.

Pasar ditutup dan dibersihkan seperti tempat kejadian perkara, dalam kata-kata pakar lain, ketika perhatian global terfokus pada perdagangan hewan liar yang mengerikan.

Analisis awal Gao Fu masuk akal setelah wabah sebelumnya dari virus zoonosis (penyakit yang melompat dari hewan ke manusia).

Namun kecurigaan tumbuh atas kegagalan pemerintah China untuk berbagi data dari sampel hewan di pasar setelah penutupan awal.

Sekarang Gao Fu mengakui tidak ada virus yang terdeteksi dalam sampel hewan.

Dia mengatakan mereka hanya ditemukan dalam sampel lingkungan, termasuk limbah - sebelum menambahkan sampling yang menarik bahwa 'virus corona baru sudah ada jauh sebelumnya'.

Tidak seorang pun boleh meragukan signifikansi pernyataan tersebut karena Gau bukan hanya ahli epidemiologi top China tetapi juga anggota badan penasihat politik utama negara itu.

Anehnya, pengungkapannya mengikuti wawancara televisi dengan Wang Yanyi, direktur Wuhan Institute of Virology, di mana dia bersikeras bahwa klaim tentang penyakit yang bocor dari unit keamanannya adalah 'fabrikasi murni'.

Pembalikan tiba-tiba Gao Fu datang setelah serangkaian penelitian meragukan klaim aslinya.

Sebuah makalah Lancet yang terkenal hanya menemukan 27 dari 41 kasus terkonfirmasi yang 'terpapar' ke pasar - dan hanya satu dari empat kasus awal dalam dua minggu pertama bulan Desember 2019.

Dua minggu lalu, The Mail on Sunday mengungkap makalah akademis kunci lain oleh tiga ahli biologi yang berbasis di Amerika Serikat yang mengatakan semua data yang ada menunjukkan bahwa Virus Corona atau Covid-19 dibawa ke pasar oleh seseorang yang sudah terinfeksi.

Jadi apa artinya semua ini?

Sayangnya, jumlah temuan penelitian besar tampaknya lebih dalam daripada penyebaran kebingungan tentang coronavirus, yang jauh lebih tidak terduga daripada virus pernapasan sederhana dalam cara menyerang tubuh.

Seperti yang dikatakan Gao dalam wawancara lain, ini adalah Virus Corona ketujuh yang menginfeksi manusia, namun tidak satu pun dari pendahulunya yang bertindak seperti yang aneh ini.

"Perilaku virus ini tidak seperti coronavirus," katanya.

Berkenaan dengan ketiga ahli biologi Amerika, mereka 'terkejut' menemukan virus 'sudah pra-adaptasi dengan transmisi manusia', kontras stabilitas yang sebelumnya dikenal dengan Coronavirus yang berkembang dengan cepat selama epidemi Sars global antara tahun 2002 dan 2004.

Minggu lalu , para ilmuwan Australia juga menemukan Sars-CoV-2 - jenis baru coronavirus yang menyebabkan penyakit - "disesuaikan secara unik untuk menginfeksi manusia".

Tetapi Nikolai Petrovsky, peneliti vaksin yang mengepalai tim Australia, mengatakan virus itu 'tidak khas dari infeksi zoonosis normal' karena tiba-tiba muncul dengan kemampuan 'luar biasa' untuk masuk ke manusia sejak hari pertama.

Dia juga menyoroti 'situs pembelahan furin', 'yang memungkinkan protein lonjakan untuk mengikat secara efisien ke sel-sel di beberapa jaringan manusia, meningkatkan infektivitas, dan tidak ada dalam coronavirus yang paling mirip.

Beberapa ahli mengatakan ini mungkin telah berevolusi melalui mutasi selama 'penularan tidak dikenal pada manusia' setelah menyeberang dari seekor binatang.

Tentu saja akan membantu untuk menemukan host perantara seperti musang yang 'memperkuat' virus Sars dari kelelawar. 

Sementara itu, sebuah makalah yang dirilis oleh Profesor Yong-Zhen Zhang, seorang ahli Cina terkemuka, mengatakan ini adalah 'perbedaan yang paling penting' antara virus baru dan kerabat terdekatnya, virus bernama RaTG13 yang berasal dari kelelawar oleh para ilmuwan Wuhan.

Prof Zhang juga mencatat virus yang paling dekat dengan virus baru diambil dari kelelawar di Yunnan, 1.000 mil dari Wuhan China.

Meskipun 96 persen secara genetik serupa, 'pada kenyataannya ini kemungkinan mewakili lebih dari 20 tahun evolusi urutan'.

Pekan lalu, Direktur Institut Virologi Wuhan, Wang, mengatakan para ilmuwan di laboratoriumnya telah mengisolasi dan memperoleh coronavirus dari kelelawar tetapi bersikeras mereka hanya memiliki 'tiga jenis virus hidup'. 

Klaimnya dibantah dan 'terbukti salah' oleh pakar biosekuriti Richard Ebright, profesor biologi kimia di Universitas Rutgers, New Jersey, yang mengatakan lembaga tersebut telah menerbitkan analisis lebih dari tiga jenis Coronavirus kelelawar hidup.

Sedikit yang meragukan virus aneh ini datang dengan samaran mematikan dari seekor binatang.

"Alam menciptakan virus ini dan sekali lagi terbukti sebagai bio-teroris paling efektif," kata Francis Collins, direktur US National Institutes of Health.

Namun ahli genetika yang sangat dihormati ini, yang ditunjuk oleh Presiden Barack Obama, menambahkan secara signifikan: "Apakah [coronavirus] bisa dengan cara tertentu diisolasi dan dipelajari di laboratorium ini di Wuhan, kita tidak memiliki cara untuk mengetahui."

Di sinilah letak kuncinya. Adalah bodoh pada tahap ini untuk mengesampingkan kemungkinan, betapapun kecilnya, pandemi ini mungkin merupakan konsekuensi dari kebocoran laboratorium China.

Seperti yang dikatakan Profesor Petrovsky, para ilmuwan di mana pun yang bekerja dengan virus mikroskopis dapat membuat kesalahan dan ada banyak contoh untuk membuktikan hal ini.

Yang terpenting, sangat penting untuk menemukan asal-usulnya. Jika pandemi ini adalah peristiwa alami, pandemi ini dapat meletus lagi dari sumber yang sama - dan lain kali dengan dampak yang lebih eksplosif.

Contohnya adalah ebola, penyakit zoonosis lain (dari kelelawar buah) yang pertama kali muncul pada tahun 1976. Semua data mengindikasikan wabah menyebabkan kurang dari 300 kematian - sampai wabah berikutnya di Afrika Barat pada tahun 2014 menyebabkan 11.310 kematian.

Masalah menjadi rumit oleh Donald Trump yang menunjuk ke Beijing dan fakta bahwa kebocoran laboratorium yang terbukti akan menjadi bencana besar bagi Presiden Cina Xi Jinping ketika ia mencoba untuk mengeksploitasi pandemi untuk mendorong kredo diktatorialnya dan kepemimpinan global bangsanya.

Mungkin argumen terbaik yang menentang gagasan virus yang dibuat di laboratorium berasal dari Susan Weiss, profesor mikrobiologi di Perelman School of Medicine, Pennsylvania.

"Tidak mungkin ada orang yang bisa merancang virus yang kejam ini," katanya singkat. 

(sumber Daily Mail, Wartakota, Tribunnews, The Mail On Sunday).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…