Aplikasi Belanja Tumbasin Siap Penuhi Kebutuhan Masyarakat Ditengah Masa Pandemi COVID-19

Oleh : Hariyanto | Jumat, 29 Mei 2020 - 18:55 WIB

Tumbasin
Tumbasin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Aplikasi belanja online di pasar tradisional, Tumbasin kini telah bisa dinikmati masyarakat Daerah Istimewa Jogjakarta, sekaligus sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah
Pandemik Virus Corona atau COVID-19.

Melalui aplikasi Tumbasin, interaksi masyarakat dalam beraktivitas tentunya akan lebih diminimalisir sehingga risiko kontak terhadap penyebaran COVID-19 juga lebih minim, tanpa mengurangi pemenuhan kebutuhan sandang dan pangan rumah tangga.

CEO sekaligus pendiri Tumbasin.id, Bayu Mahendra saubiq mengemukakan pihaknya sangat sadar atas kebutuhan masyarakat, sehingga tumbasin.id kembali membuka layanan di Jogjakarta.

"Kami optimistis bahwa melalui penggunaan aplikasi ini, juga menjadi solusi masyarakat dan pemerintah untuk mengurangi penyebaran COVID-19, seiring ajakan social distancing hingga physical distancing," kata Bayu melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Jumat (29/5/2020).

Aplikasi yang diciptakan oleh tangan-tangan anak bangsa ini menjadi aplikasi pasar tradisional pertama di Indonesia yang berdiri sejak 2017 di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Kehadiran Tumbasin mewarnai industri ekonomi dengan pemanfaatan tekhnologi bukan hanya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhannya tetapi sekaligus membantu menghidupkan perekonomian pedagang pasar agar tetap bisa bersaing dengan produk pasar modern.

"Apalagi di masa pandemik seperti sekarang, masyarakat tentu lebih berhati-hati untuk mendatangi pasar yang menjadi salah satu titik kerumunan warga," ujar Bayu.

Bayu menyebutkan Tumbasin telah memiliki 500 jenis produk  ditiap pasar dari 250 pedagang pasar yang telah bergabung, seperti pedagang di Pasar Peterongan, Pasar Karangayu, Pasar Bulu, Pasar Pedurungan untuk Kota Semarang.

Tumbasin mencatat pengguna aplikasi sejak tiga tahun terakhir sebanyak 30.000 orang dengan pengguna aktif mencapai 500 orang setiap hari. Bayu menyebutkan untuk wilayah Jogjakarta  pihaknya akan menggandeng pedagang dari Pasar Giwangan dan Pasar Kotagede.

Ia membeberkan pula bahwa di awal pandemik, beberapa produk telah mengalami peningkatan permintaan khususnya pada rempah-rempah seperti jahe, jahe merah dan
kunyit.

"Di Kota Semarang telah melayani kurang lebih puluhan ribu transaksi sejak pandemi terjadi. tumbasin.id menawarkan sistem belanja yang mudah bagi masyarakat dan juga pedagang," ujarnya.

Karenanya, Tumbasin terus berupaya melakukan pengembangan baik secara sistem dan layanan agar bisa menyasar berbagai wilayah, khususnya di sekitar pulau Jawa.

Tumbasin menawarkan produk yang kerap dijumpai di pasar tradisional, termasuk harga yang ditawarkan sangat terjangkau sehingga dipastikan menjadi pilihan tepat masyarakat di tengah lesunya ekonomi.

Selain itu, Tumbasin  juga hadir memberikan pilihan pasar yang sekaligus mendatangkan order ke para pedagang pasar yang telah bekerjasama dengan jaminan kualitas produk yang diantarkan.

"Untuk pengantaran kita telah bekerjasama dengan pihak ketiga, sehingga tumbasin.id fokus untuk menjaga kualitas produk yang dipesan ke pedagang," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…