Aprisindo: Industri Alas Kaki Adalah Padat Karya, Masih Berharap Dukungan Menteri Perindustrian

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 29 Mei 2020 - 15:01 WIB

Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri
Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) menyampaikan apresiasinya atas inisiasi telah diterbitkannya Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) oleh Menteri Perindustrian. Karena dengan adanya IOMKI, telah berhasil menjaga aktivitas produksi dan ekonomi sehingga dapat mengurangi dampak ekonomi bagi industri alas kaki sebagai akibat Pandemi Covid-19.

“Dengan tetap terjaganya aktivitas produksi juga telah meminimalisasi dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bagi industri alas kaki. Meskipun tidak dapat dihindarkan adanya PHK tetapi setidaknya telah diminimalisasi,” ujar Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri, dalam wawancara dengan redaksi Industry.co.id, pada Jumat (29/5/2020).

Selanjutnya, kata Firman, pihaknya akan tetap berharap dukungan Bapak Menteri Perindustrian pada fase New Normal nanti. Supaya industri alas kaki sebagai sektor padat karya akan dapat menyerap kembali tenaga kerja korban PHK dan yang telah dirumahkan.

Terkait IOMKI, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengawasi dan mengecek langsung IOMKI selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Hal ini agar industri yang memegang IOMKI dapat menjalankan aktivitas industri dengan terus mengedepankan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kemenperin mewajibkan perusahaan yang berproduksi di masa kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19 untuk menaati protokol kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan kegiatan. Kebijakan ini tercantum pada Surat Edaran Menteri Perindustrian No.4 Tahun 2020.

Sedangkan untuk menjamin kepatuhan industri dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungan pabrik, Kemenperin telah menerbitkan Surat Edaran No. 8 Tahun 2020 tentang Kewajiban Pelaporan Bagi Perusahaan Industri dan Perusahaan Kawasan yang memiliki IOMKI.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembangunan Jembatan Sementara Benanain

Senin, 17 Mei 2021 - 19:10 WIB

Kementerian PUPR Targetkan Pembangunan Jembatan Sementara Benanain Rampung Awal Juni 2021

Saat ini penanganan dilakukan berupa pembangunan jembatan sementara yang dapat dilalui kendaraan roda empat.

Pembalap Andi Gilang di Seri Kelima Moto3 Prancis 2021

Senin, 17 Mei 2021 - 18:00 WIB

Ketua IMI Apresiasi Prestasi Pembalap Andi Gilang di Seri Kelima Moto3 Prancis 2021

Pada balapan seri kelima Moto3 Prancis 2021 di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021), ia berhasil mendapatkan satu poin karena finish di posisi kelima belas, setelah sebelumnya start dari posisi…

Taj Mahal, India (Dennis Jarvis/Flickr)

Senin, 17 Mei 2021 - 16:30 WIB

Taj Mahal Perpanjang Masa Penutupan Wisata Hingga Akhir Mei 2021

Lonjakan kasus harian Covid-19 di India semakin hari kian memburuk. Hal ini mengakibatkan rumah sakit penuh serta alat kesehatan yang dibutuhkan untuk pengobatan pasien pun menjadi terbatas.…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Senin, 17 Mei 2021 - 16:09 WIB

Kementan Pastikan Stok Komoditas Hewani Aman Pasca Lebaran

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) menyampaikan stok ketersediaan daging komoditas hewani khususnya ruminansia masih tersedia…

Ilustrasi Palu Hakim (Foto Ist)

Senin, 17 Mei 2021 - 16:03 WIB

Aset Asabri Bakal Dilelang, Pakar: Ini Perkara Perdata, Mestinya Tidak Masuk Tipikor

Kejaksaan Agung bakal melelang sejumlah barang bukti terkait kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi di PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI).…