Aprisindo: Industri Alas Kaki Adalah Padat Karya, Masih Berharap Dukungan Menteri Perindustrian

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 29 Mei 2020 - 15:01 WIB

Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri
Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) menyampaikan apresiasinya atas inisiasi telah diterbitkannya Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) oleh Menteri Perindustrian. Karena dengan adanya IOMKI, telah berhasil menjaga aktivitas produksi dan ekonomi sehingga dapat mengurangi dampak ekonomi bagi industri alas kaki sebagai akibat Pandemi Covid-19.

“Dengan tetap terjaganya aktivitas produksi juga telah meminimalisasi dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bagi industri alas kaki. Meskipun tidak dapat dihindarkan adanya PHK tetapi setidaknya telah diminimalisasi,” ujar Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri, dalam wawancara dengan redaksi Industry.co.id, pada Jumat (29/5/2020).

Selanjutnya, kata Firman, pihaknya akan tetap berharap dukungan Bapak Menteri Perindustrian pada fase New Normal nanti. Supaya industri alas kaki sebagai sektor padat karya akan dapat menyerap kembali tenaga kerja korban PHK dan yang telah dirumahkan.

Terkait IOMKI, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengawasi dan mengecek langsung IOMKI selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Hal ini agar industri yang memegang IOMKI dapat menjalankan aktivitas industri dengan terus mengedepankan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kemenperin mewajibkan perusahaan yang berproduksi di masa kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19 untuk menaati protokol kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan kegiatan. Kebijakan ini tercantum pada Surat Edaran Menteri Perindustrian No.4 Tahun 2020.

Sedangkan untuk menjamin kepatuhan industri dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungan pabrik, Kemenperin telah menerbitkan Surat Edaran No. 8 Tahun 2020 tentang Kewajiban Pelaporan Bagi Perusahaan Industri dan Perusahaan Kawasan yang memiliki IOMKI.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Pemasaran & Penjualan Crown Group Indonesia, Tyas Sudaryomo didampingi Sales Manager Crown Group Indonesia Reiza Arief serta GM Strategic & Corporate Communication Crown Group Indonesia Bagus Sukmana saat media breafing secara virtual (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 11 Agustus 2020 - 20:05 WIB

Catat Sejarah! Crown Group Tunjuk Indonesia jadi Pasar Pertama Mega Proyek Senilai Rp 2 Triliun di Melbourne

Pertama dalam sejarah perusahaan, Indonesia didaulat menjadi lokasi pertama bagi Crown Group untuk memperkenalkan proyek hunian terbarunya di Melbourne, bahkan mendahului Sydney dan Melbourne.…

Aktifitas bongkar muat pelabuhan

Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:42 WIB

Dukung Ekonomi Daerah, Pelindo IV Biak Layani Pelayaran Perdana Tanto Intim Line

Hal itu dibuktikan dengan pelayanan pelayaran perdana kapal kargo, KM Tanto Lestari oleh Pelindo IV di Dermaga Umum Pelabuhan Laut Biak pada Minggu 9 Agustus 2020 lalu.

Aktivitas industri makanan dan minuman (mamin)

Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:20 WIB

Jaga Tren Positif Industri Mamin, Ini Taktik Jitu Kemenperin

Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor manufaktur yang masih mampu tumbuh positif pada triwulan II tahun 2020 setelah tertekan berat akibat dampak pandemi Covid-19.…

PT Sentul City Tbk (BKSL) (thepresidentpostindonesia)

Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:05 WIB

Alamak! PT Sentul City Tbk Digugat Pailit oleh Keluarga Bintoro, Ada Apa?

PT Sentul City Tbk (BKSL) digugat pailit ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat oleh keluarga Bintoro.

Pekerja Industri Manufaktur Tekstil

Selasa, 11 Agustus 2020 - 18:35 WIB

Jangan Panik! Subsidi Gaji Pekerja Rp600 Ribu Bakal Berlaku untuk Semua Sektor Industri dan Profesi

Menteri Ketenagakerjaan (menaker) Ida Fauziah memastikan para penerima subsidi gaji Rp600 Ribu untuk para pegawai tidak akan dibatasi sektor usaha dan jenis pekerjaannya.