Kabar Gembira! Jokowi Bakal Guyur Insentif buat Petani dan Nelayan, Ini Skemanya

Oleh : Ridwan | Kamis, 28 Mei 2020 - 13:20 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rapat terbatas dengan topik pembahasan insentif bagi petani dan nelayan dalam rangka menjaga ketersediaan bahan pokok di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Berbicara di depan jajarannya, Jokowi meminta agar bantuan kepada para petani dan nelayan diterjunkan secara masif, mengingat penyaluran bantuan bisa dilakukan melalui berbagai macam program.

"Saya lihat ada beberapa skema besar program yang bisa digunakan untuk membantu petani dan nelayan di masa pandemi ini," kata Jokowi, Kamis (28/5/2020).

Pertama, bantuan bisa disalurkan melalui program jaring pengaman sosial. 

Presiden ingin jajarannya memastikan bahwa 2,7 juta petani miskin dan 1 juta nelayan maupun petambak masuk dalam program bantuan sosial pemerintah.

"Baik itu PKH, bansos tunai, BLT desa, paket sembako, dan program gratis subsidi listrik. Tujuan utama skema untuk meringankan beban konsumsi rumah tangga keluarga yang kurang mampu," terangnya.

Kedua, bantuan melalui program subsidi bunga kredit. Pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 34 triliun untuk merelaksasi pembayaran angsuran dan subsidi bunga kredit baik itu melalui program KUR, PNM Mekaar, UMI, Pegadaian, hingga perusahaan pembiayaan lainnya.

"Penundaan angsuran, dan subsidi kepada para penerima bantuan permodalan yang dilakukan beberapa kementerian seperti LPMUKP, dan lain-lain. Baik itu dari Kementerian KKP, Kementerian Pertanian, saya kira juga ada," kata Jokowi.

Ketiga, yang berkaitan dengan penyaluran stimulus untuk modal kerja. Jokowi menegaskan bahwa tidak ada alasan petani maupun nelayan tidak mendapatkan modal kerja di tengah pandemi Covid-19.

"Bagi petani dan nelayan yang bankable penyalurannya melalui perluasan program KUR. Sedangkan yang tidak bankable penyalurannya bisa lewat UMI, Mekaar, dan skema lain melalui kementerian," ujar Jokowi.

Terakhir, Jokowi meminta jajarannya untuk merancang suatu instrumen kebijakan non fiskal untuk mempermudah kelancaran arus barang agar memudahkan para petani maupun nelayan mendapatkan bahan baku.

"Kita harapkan usaha pertanian dan perikanan ini lebih baik melalui ketersediaan bibit, pupuk, alat produksi. Saya kira ini sudah kita berikan beberapa tahun yang lalu," pungkas Jokowi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)

Selasa, 19 Maret 2024 - 18:55 WIB

Capai Target 100%, Pupuk Indonesia Salurkan 6,19 Juta Ton Pupuk Subsidi

PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil memenuhi 100% target penugasan pemerintah dengan menyalurkan 6,19 juta ton pupuk bersubsidi kepada petani.

Ilustrasi aset kripto

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:06 WIB

Bitcoin Koreksi Setelah Cetak ATH, Ini Strategi yang Perlu Dipertimbangkan

Minggu lalu  menjadi perjalanan rollercoaster bagi investor Aset Kripto, karena Bitcoin (BTC) mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $73,000 pada Kamis (14/3/2024), namun aksi profit-taking membawa…

Prof. Budi Soesilo Supanji

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:48 WIB

President University Perkenalkan Budaya Indonesia di East-West Center AS

Ketua Yayasan President University Prof Budi Susilo Supanji akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka menghadiri undangan East-West Center yang dibangun oleh Presiden John F Kennedy…

Penandatangan perjanjian kerjasama PT Easterntex dengan PLN

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:46 WIB

Dukung Upaya Penggunaan Energi Bersih, PT Easterntex Beralih Menggunakan Listrik Dari PLN

PT Easterntex telah beralih dari penggunaan listrik yang berasal dari pembangkit milik pribadi menjadi menggunakan listrik yang disuplai oleh PT PLN (Persero) dengan kapasitas sebesar 15 Megawatt…

PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:37 WIB

Fasilitasi Perjalanan Dinas Karyawan, PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

PT Pamapersada Nusantara dan Pelita Air Service melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait sarana transportasi pesawat untuk karyawan PAMA Group dalam melaksanakan perjalanan…