Luar Biasa! Ini Strategi Mustika Ratu Mengelola Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 28 Mei 2020 - 11:57 WIB

Presiden Direktur PT. Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang
Presiden Direktur PT. Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Dampak dari pandemi COVID-19 atau virus corona ini telah membuat banyak perusahaan dari berbagai sektor mengalami kerugian besar, bahkan tidak sedikit yang menghentikan kegiatan usahanya sehingga masyarakat banyak kehilangan pekerjaan. Dengan kondisi seperti ini, perusahaan harus berpikir agar usahanya dapat bertahan di tengah pandemi saat ini. Berbagai cara dilakukan agar perusahaan tetap bisa bertahan.

Perusahaan ibarat sebuah kapal besar yang sedang berlayar di lautan luas yang dihempas oleh badai dan gelombang besar.  Untuk memastikan agar kapal dapat terus berlayar dan sampai tujuan dibutuhkan nahkoda yang tangguh, handal dan tenang, sehingga dapat mengambil langkah yang tepat dan berpikir lebih kreatif lagi untuk mengambil keputusan dan membuat strategi yang tepat, Juga diperlukan crew yang militan yang bergerak sinergis dalam proses kerja yang terintegrasi. 

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Presiden Direktur PT. Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang saat menjadi pembicara pada acara Webinar yang berjudul 3 Mantras for the Future, ADOPT-ADAPT-ADEPT yang diselenggarakan oleh Asture Solutions pada Senin, 18 Mei 2020 melalui aplikasi Zoom dan diikuti oleh berbagai kalangan. 

Pada kesempatan tersebut, Egidius menjabarkan tentang tiga kunci Mustika Ratu dapat bertransformasi secara cepat dan tepat yaitu melalui Adopt the situations, Adapt to New Normal, being Adept with the Next Normal with agile transformation.

“Mustika Ratu harus cepat beradaptasi dalam kondisi pandemi saat ini dengan mengambil langkah dengan meluncurkan produk kesehatan / hygiene (hand gel sanitizer, hand & body sanitizer spray), mengkampanyekan perlunya juga menggunakan mouth/dental care yang mengandung antiseptic alami seperti Daun Sirih yang sangat dibutuhkan untuk selalu higienis pada kondisi pandemi saat ini, meluncurkan Jejamu by Mustika Ratu, yang mengandung seri paket Imun Optimizer yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah virus selain produk-produk Jejamu yang sudah terlebih dahulu tersedia (ready to drink jamu, wedang jamu), melakukan telesales, membuat platform reseller online, memaksimalkan semua platform E-Commerce dan melakukan strategi marketing yang kreatif dan tentunya konsisten melakukan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) kepada masyarakat yang membutuhkan.

Memang tidak mudah untuk melakukan terobosan terobosan disaat pandemi saat ini, namun hal ini harus tetap dilakukan dengan melihat peluang yang ada melalui kerja keras dengan mengoptimalkan sumber daya manusia dan teknologi yang dapat bekerja dengan cepat dan tepat, termasuk team Business Development & Innovation yang handal” ujar Egidius, yang biasa disapa Egi dengan penuh optimis.

Webinar ini dibuka oleh Millian Ikhsan dari Asture Solutions dan dimoderatori oleh Eddi Sutanto selaku Managing Partner Asture Solutions. Acara ini berlangsung selama 1,5 jam melalui Zoom dan juga dapat diikuti melalui livestream di FB Asture Solutions.

Acara ini membahas tentang bagaimana menyiasati situasi pandemi COVID-19, beradaptasi dan menangkap peluang yang ada yang rencananya akan diadakan dua mingguan.

Millian Ikhsan dari Asture Solutions mengungkapkan bahwa webinar kali ini sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis bahkan pemula sekalipun.

“Pada masa pandemi Covid-19 saat ini tentunya kita harus dapat mengelola bisnis dengan baik dan mampu mengatasi krisis yang terjadi. Tujuannya agar kita bisa menjalankan bisnis dengan semestinya. Pembahasan ini tidak hanya berlaku untuk pelaku bisnis saja, akan tetapi bagi orang yang ingin memulai bisnis juga dapat sharing ilmu dengan mengikuti webinar ini” ujar Milian Ikhsan.

Selanjutnya Managing Partner Asture Solutions,  Eddi Sutanto  mengatakan “Webinar  ini memiliki antusiasme yang tinggi dari peserta, karena bukan hanya pemaparan materi oleh pembicara saja akan tetapi peserta juga aktif mengajukan pertanyaan. Webinar ini dapat membantu pelaku bisnis dalam menangani krisis pada masa pandemi COVID-10 dengan beberapa materi yang diberikan oleh Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk. Untuk peserta yang belum sempat mengikuti webinar ini dapat mengikuti melalui www.facebook.com/asturesolutions, ujarnya.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Puslatpurmar 7 Lampon Banyuwangi Turut Operasi Yustisi Gerakan Pakai Masker

Minggu, 20 September 2020 - 06:00 WIB

Puslatpurmar 7 Lampon Banyuwangi Turut Operasi Yustisi Gerakan Pakai Masker

Komandan Puslatpurmar 7 Lampon Letkol Marinir Dodik Eko Siswanto yang diwakili Dantonma (Komandan Peleton Markas) Letda Mar Sigit wirotomo menghadiri rapat Gerakan Pakai Masker Pesanggaran Indah…

Yayasan Pstore Peduli Akan Resmikan Klinik Merakyat

Minggu, 20 September 2020 - 05:41 WIB

Yayasan Pstore Peduli Segera Resmikan Klinik Merakyat Gratis Tanpa Syarat

Di tengah situasi ekonomi yang melemah akibat pandemi corona, banyak anggota masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan yang terjangkau. Bertolak dari hak tersebut Yayasan Pstore Peduli dalam…

Brigif 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Tempur

Minggu, 20 September 2020 - 05:30 WIB

Brigif 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Tempur

Latihan yang diselenggarakan Pantai Baruna Kondang Iwak ini merupakan daerah latihan baru Puslatpurmar 4 Purboyo Kolatmar yang dilaksanakan kurang lebih 1 minggu ini mengusung sejumlah materi,…

Kaesang Pangarep (Foto Dok PR)

Minggu, 20 September 2020 - 05:10 WIB

Kaesang Pangarep Putra Presiden Jokowi Sebagai Korban Penipuan Bisnis

Karopenmas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono mengungkapkan, opsi pertama yang mungkin bisa ditempuh penyidik yaitu memperlakukan para tersangka sesuai Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak…

Prajurit Pamtas Yonif 413 Kostrad Terlibat Pindahkan Rumah Panggung Warga Skouw Sae

Minggu, 20 September 2020 - 05:00 WIB

Prajurit Pamtas Yonif 413 Kostrad Terlibat Pindahkan Rumah Panggung Warga Skouw Sae

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413/Bremoro Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han mengatakan bahwa proses pindah rumah yang dilaksanakan di Kampung Skouw Sae tersebut dinilai unik…