Luar Biasa! Ini Strategi Mustika Ratu Mengelola Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 28 Mei 2020 - 11:57 WIB

Presiden Direktur PT. Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang
Presiden Direktur PT. Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Dampak dari pandemi COVID-19 atau virus corona ini telah membuat banyak perusahaan dari berbagai sektor mengalami kerugian besar, bahkan tidak sedikit yang menghentikan kegiatan usahanya sehingga masyarakat banyak kehilangan pekerjaan. Dengan kondisi seperti ini, perusahaan harus berpikir agar usahanya dapat bertahan di tengah pandemi saat ini. Berbagai cara dilakukan agar perusahaan tetap bisa bertahan.

Perusahaan ibarat sebuah kapal besar yang sedang berlayar di lautan luas yang dihempas oleh badai dan gelombang besar.  Untuk memastikan agar kapal dapat terus berlayar dan sampai tujuan dibutuhkan nahkoda yang tangguh, handal dan tenang, sehingga dapat mengambil langkah yang tepat dan berpikir lebih kreatif lagi untuk mengambil keputusan dan membuat strategi yang tepat, Juga diperlukan crew yang militan yang bergerak sinergis dalam proses kerja yang terintegrasi. 

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Presiden Direktur PT. Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang saat menjadi pembicara pada acara Webinar yang berjudul 3 Mantras for the Future, ADOPT-ADAPT-ADEPT yang diselenggarakan oleh Asture Solutions pada Senin, 18 Mei 2020 melalui aplikasi Zoom dan diikuti oleh berbagai kalangan. 

Pada kesempatan tersebut, Egidius menjabarkan tentang tiga kunci Mustika Ratu dapat bertransformasi secara cepat dan tepat yaitu melalui Adopt the situations, Adapt to New Normal, being Adept with the Next Normal with agile transformation.

“Mustika Ratu harus cepat beradaptasi dalam kondisi pandemi saat ini dengan mengambil langkah dengan meluncurkan produk kesehatan / hygiene (hand gel sanitizer, hand & body sanitizer spray), mengkampanyekan perlunya juga menggunakan mouth/dental care yang mengandung antiseptic alami seperti Daun Sirih yang sangat dibutuhkan untuk selalu higienis pada kondisi pandemi saat ini, meluncurkan Jejamu by Mustika Ratu, yang mengandung seri paket Imun Optimizer yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah virus selain produk-produk Jejamu yang sudah terlebih dahulu tersedia (ready to drink jamu, wedang jamu), melakukan telesales, membuat platform reseller online, memaksimalkan semua platform E-Commerce dan melakukan strategi marketing yang kreatif dan tentunya konsisten melakukan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) kepada masyarakat yang membutuhkan.

Memang tidak mudah untuk melakukan terobosan terobosan disaat pandemi saat ini, namun hal ini harus tetap dilakukan dengan melihat peluang yang ada melalui kerja keras dengan mengoptimalkan sumber daya manusia dan teknologi yang dapat bekerja dengan cepat dan tepat, termasuk team Business Development & Innovation yang handal” ujar Egidius, yang biasa disapa Egi dengan penuh optimis.

Webinar ini dibuka oleh Millian Ikhsan dari Asture Solutions dan dimoderatori oleh Eddi Sutanto selaku Managing Partner Asture Solutions. Acara ini berlangsung selama 1,5 jam melalui Zoom dan juga dapat diikuti melalui livestream di FB Asture Solutions.

Acara ini membahas tentang bagaimana menyiasati situasi pandemi COVID-19, beradaptasi dan menangkap peluang yang ada yang rencananya akan diadakan dua mingguan.

Millian Ikhsan dari Asture Solutions mengungkapkan bahwa webinar kali ini sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis bahkan pemula sekalipun.

“Pada masa pandemi Covid-19 saat ini tentunya kita harus dapat mengelola bisnis dengan baik dan mampu mengatasi krisis yang terjadi. Tujuannya agar kita bisa menjalankan bisnis dengan semestinya. Pembahasan ini tidak hanya berlaku untuk pelaku bisnis saja, akan tetapi bagi orang yang ingin memulai bisnis juga dapat sharing ilmu dengan mengikuti webinar ini” ujar Milian Ikhsan.

Selanjutnya Managing Partner Asture Solutions,  Eddi Sutanto  mengatakan “Webinar  ini memiliki antusiasme yang tinggi dari peserta, karena bukan hanya pemaparan materi oleh pembicara saja akan tetapi peserta juga aktif mengajukan pertanyaan. Webinar ini dapat membantu pelaku bisnis dalam menangani krisis pada masa pandemi COVID-10 dengan beberapa materi yang diberikan oleh Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk. Untuk peserta yang belum sempat mengikuti webinar ini dapat mengikuti melalui www.facebook.com/asturesolutions, ujarnya.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin