Presiden Jokowi: Jadikan Idul Fitri Momen Menjaga Kesatuan Bangsa

Oleh : Candra Mata | Minggu, 24 Mei 2020 - 20:40 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden Joko Widodo mengatakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441H yang jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020 merupakan momentum untuk menjaga kesatuan bangsa. 

Pernyataan ini disampaikan Presiden saat menghadiri Takbir Virtual Nasional dan Pesan dari Masjid Istiqlal, yang digelar dari Masjid Istiqlal, Jakarta.

"Hari Raya idul fitri adalah momen yang tepat untuk menjaga kesatuan bangsa, menjaga erat tali persaudaraan, dan ikatan persatuan kita sebagi anak bangsa," ujar Presiden melalui sambungan konferensi video, Minggu (24/05).

Hari Raya di tengah pandemi ini menurut Presiden Jokowiz menambah peluang untuk setiap muslim melaksanakan ibadah lainnya untuk menyambut Idul Fitri, seperti melaksanakan zakat fitrah dan memperbanyak sedekah-sedekah. 

"Oleh karena itu, keadaan senang atau pun sedih, berlimpah atau kekurangan, sulit atau pun mudah, rumit atau pun sederhana, jika Allah benar-benar menghendakinya, dan kita bisa menerimanya dengan ikhlas dan dalam taqwa dan tawakal," kata Presiden. 

Menurutnya jika semua hal dapat dilakukan dengan ikhlas, taqwa dan tawakal, makan akan membuahkan berkah, hikmah, rezeki, dan juga hidayah.

Presiden juga mengingatkan Ramadan adalah bulan ketaqwaan. Seorang hamba dikatakan lulus, ketika dapat menjadi lebih baik dan lebih taqwa setelah menjalani puasa di bulan yang suci ini. 

"Kita perlu istiqomah dalam menjalankan amaliah Ramadan dan melanjutkan amaliah-amaliah Ramadan di bulan berikutnya," pesan Presiden Jokowi. 

Kegiatan Takbir Virtual Nasional dan Pesan dari Masjid Istiqlal ini juga dihadiri secara virtual oleh para Menteri Kabinet Kerja, Gubernur atau Kepala Daerah, Imam Besar Masjid Istiqlal, alim ulama, tokoh masyarakat, serta umat muslim Indonesia. 

Baca juga: Pandemi Covid-19, Kemenag Gelar Takbir Virtual Sambut Lebaran

Sementara, Menteri Agama Fachrul Razi berharap umat Islam mampu memetik banyak hikmah dari ibadah bulan Ramadhan yang telah dilaksanakan dalam suasana wabah Covid-19. 

"Mari kita syiarkan momentum hari kemenangan ini dengan senantiasa mengagungkan asma Allah melalui takbir dan tahmid sebagai ungkapan rasa syukur kita atas segala nikmat yang dianugerahkan kepada kita semua," ajak Menag.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Rabu, 23 September 2020 - 18:00 WIB

Ini Alasan Pelatih PERSIB Robert Berikan Sesi Latihan Bek Lebih Awal

Pelatih Robert Alberts mengungkapkan pentingnya materi latihan yang spesifik bagi pemain di setiap posisi. Oleh sebab itu, dalam agenda latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu 23…

Ilustrasi obat-obatan (Tribun)

Rabu, 23 September 2020 - 17:45 WIB

Kemenperin Manfaatkan Balai Besar Kimia Tingkatkan Riset Bahan Baku Industri Farmasi

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan sumber daya lokal sebagai bahan baku industri farmasi di dalam negeri.

Tanaman talas hasil pertanian lokomotif Pandeglang

Rabu, 23 September 2020 - 17:18 WIB

Talas Beneng, Produk Ekspor Unggulan Kabupaten Pandeglang

Di masa pandemi ini permintaan luar negeri untuk Talas Beneng ternyata tidak menyurut. Selain Belanda, ada lima negara baru yang menampung hasil panen Talas Beneng asal Pandeglang. Pemerintah…

Pertamina (Foto: Ist)

Rabu, 23 September 2020 - 17:05 WIB

Pertamina Akan Bangun SPBUN di Pelabuhan Krui Lampung

Sesuai hasil pemantauan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan PT Pertamina (Persero) Sales Area Lampung-Bengkulu, keberadaan SPBUN nantinya sangat diperlukan untuk keperluan…

Coca Cola Serahkan Bnatuan Ambulans ke PMI

Rabu, 23 September 2020 - 17:00 WIB

Coca Cola Serahkan Bantuan Ambulans ke PMI

Penyerahan bantuan kepada PMI merupakan realisasi bertahap dari kontribusi Coca-Cola yang telah disalurkan melalui Palang Merah Indonesia untuk mendukung upaya bantuan darurat dan kemanusiaan…