Aktivitas Pelabuhan Kelolaan Pelindo IV Tetap Produktif di Tengah Pandemi COVID-19

Oleh : Hariyanto | Jumat, 15 Mei 2020 - 13:20 WIB

Aktivitas pelabuhan
Aktivitas pelabuhan

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menyatakan bahwa aktivitas di sejumlah pelabuhan kelolaan tetap produktif, meski pihaknya juga mendukung upaya preventif yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 melalui pintu pelabuhan. 

Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menjalankan aktivitas seperti biasa terutama untuk bongkar muat barang di semua pelabuhan kelolaan, namun tentunya selalu berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Tidak ada aktivitas bongkar muat yang terhenti meski sedang pandemi Covid-19. Semua masih berjalan normal dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Pelayanan di sejumlah pelabuhan juga masih tetap 24 jam selama 7 hari,” jelas Prasetyadi melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Jumat (15/6/2020).

Hal tersebut, menurut Prasetyadi, karena kebutuhan masyarakat saat pandemi Covid-19 juga normal seperti biasa bahkan cenderung mengalami peningkatan pada beberapa kebutuhan lainnya, seperti obat-obatan. 

Salah satunya, Prasetyadi mencontohkan, Pelabuhan Jayapura yang terletak di Pulau Papua telah kedatangan Kapal MV Tanto Express pada Sabtu (13/5/2020) lalu.

Kapal yang melaksanakan kegiatan bongkar muat sebanyak 391 box container ini sandar di dermaga Pelabuhan Jayapura setelah berlayar dari Tanjung Perak Surabaya.

Sebelumnya pada Sabtu (9/5/2020), Kapal MV Spil Ningsih juga telah sandar di Pelabuhan Jayapura setelah berlayar dari Tanjung Perak, Surabaya dan melakukan bongkar muat sebanyak 900 box container.

Selain itu, masih di wilayah Papua, Pelabuhan Fakfak juga melakukan bongkar 40 unit container dari kapal milik PT Temas Shipping “MV Kedung Mas” yang berlayar dari Pelabuhan Agats, Papua.    

Selanjutnya, kapal yang memuat 39 box container ini melanjutkan pelayarannya ke Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Di Makassar, saat ini terdapat tiga dermaga pelabuhan untuk bongkar muat barang, yakni Dermaga Hatta di Terminal Petikemas Makassar (TPM), Dermaga Soekarno di Pelabuhan Makassar dan Dermaga Makassar New Port (MNP).

Pada minggu ini, juga sandar KM Sungai Mas yang kemudian melakukan aktivitas bongkar muat barang di dermaga yang baru dioperasikan pada 2 November 2018 ini.

Secara umum tegas Prasetyadi, kegiatan bongkar muat di pelabuhan tidak terganggu, walaupun ada treatment khusus untuk pencegahan Covid-19 bagi kapal-kapal yang akan sandar. “Sebab kebutuhan logistik masyarakat tetap normal seperti biasa dan kita tetap harus menjaga kesehatan,” tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Progress Group groundbreaking jalan penghubung di Ciputat

Rabu, 24 April 2024 - 06:15 WIB

Permudah Mobilitas Warga Paradise Resort City, Progress Group Groundbreaking Jalan Penghubung di Ciputat

Progress Group melakukan groundbreaking pembangunan jalan penghubung antara Jl. Aria Putra dan Jl. H Taip di Ciputat, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…