Pentas Seniman Tari Ada di YouTube Indonesia Dance Network

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 April 2020 - 12:00 WIB

EKI Dance Company Pentaskan EKI UPDATE 4.1
EKI Dance Company Pentaskan EKI UPDATE 4.1

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Program yang akan diluncurkan pada peringatan Hari Tari Sedunia, tanggal 29 April 2020 pukul 16.00 wib itu ditandai dengan penampilan karya-karya premier seniman tari di kanal YouTube Indonesia Dance Network dan Budaya Saya Kemendikbud.

 Panggung Digital ini diluncurkan sebagai respon dari dampak  wabah Covid 19. Kita semua tahu, untuk memutus mata rantai penularan, kita semua harus beribadah, bekerja dan belajar di rumah.  Hal ini ini tentu berdampak juga pada kesenian, yang dalam keadaan normal butuh ke gedung kesenian dan bertemu penonton pada setiap pentas. 

Untuk membantu mengatasi hal ini, Komite Tari DKJ menginisiasi sebuah  program melalui jalur online platform Indonesia Dance Network (IDN).  Mengetahui adanya inisiatif ini, Hilmar Farid selaku Direktorat Jendral Kebudayaan menyatakan sangat mengapresiasi adanya platform (Kanal Youtube)  Indonesia Dance Network sebagai panggung digital sekaligus ruang interaksi seniman tari dengan pecinta seni dan sanggar dengan muridnya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi publik terhadap seni pertunjukan sebagai objek pemajuan kebudayaan dan sebagai upaya menghidupkan dan menjaga ekosistem kebudayaan yang berkelanjutan “ katanya.

Srmrntara itu Yola Yulfianti, selaku komite tari yang menginisiasi program ini menyatakan “Ini sebuah ruang alternatif untuk mempertemukan pekerja seni dengan masyarakat penggemar seni di masa Covid 19 ini, “  katanya.

Selain sebagai ruang alternatif mempertemukan pekerja seni dengan pecintanya, IDN juga memiliki program online talkshow, dan program  "Saweran Online”. Seperti profesi lainnya, seniman tentunya juga terdampak di masa Covid 19 ini. Oleh karena ini IDN pun meluncurkan program Saweran Online untuk membantu pekerja seni yang terkena dampaknya.

Sementara itu Ratri Anindyajati, brand ambassador Saweran Online yang juga seorang produser seni independen menyatakan, “Sebetulnya dampak ini juga structural karena selain penari dan koreografer, ada juga para crew-crew panggung yang kelangsungan hidupnya juga bergantung pada proyek-proyek pertunjukan tersebut. Jadi, aku senang sekali bisa diajak bekerjasama untuk menjadi ambassador dari program Saweran Online dan bisa memperkenalkan dunia tari kepada masyarakat Indonesia secara luas.”

Kenapa nama atau bentuknya saweran? “Saweran biasa berlangsung pada model seni pertunjukan  keliling dan para penonton memberikan uang kepada para  pemain yang bersifat sukarela (sawer). Berangkat dari  sejarah dan kultur tradisi seni pertunjukan tari di Indonesia,  Gerakan Saweran online adalah usaha mengembalikan  semangat tradisi dan sejarah hubungan penonton dan seni pertunjukan tari, dimana pendanaan seni sebenarnya  bisa bersifat organik dan kultural,“ tambah Yola.

Untuk membantu mengatasi pandemik Covid 19 ini,  20 % dari hasil saweran akan didonasikan melalui BenihBaik.com dengan programnya #THRUntukSemua.

Bagi para pecinta seni, cara nyawernya pun cukup sederhana. Masyarakat bisa bebas menonton karya tari/pengajar tari melalui kanal YouTube Indonesia Dance Network. Pilih karya tari atau kelas tari yang ada di channel tersebut. Kalau suka dengan karyanya, maka masyarakat bisa klik link saweran yang tampil di halaman tersebut.  Untuk mempermudah saweran dan donasi, program Saweran Online bekerjasama dengan DOKU dan OVO sebagai perangkat metode sawerannya.

Saat ini sudah ada berapa grup maupun perseorangan yang berpartisipasi, mulai dari sanggar tari ballet Namarina,  sanggar tari tradisi Padneswara, EKI DANCE Company, Marlupi Dance Academy, Gigi Art of Dance, Sumber Cipta, Indonesian Dance Theater, Ballet.id, Swargaloka Art dan lainnya. Juga tidak ketinggalan para penari ternama Indonesia seperti  Miroto,  Rianto, Jecko, Ufa Sofura, Galabby, Rendy White, Team Roro, Siko Setyanto dan lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…