Pentas Seniman Tari Ada di YouTube Indonesia Dance Network

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 April 2020 - 12:00 WIB

EKI Dance Company Pentaskan EKI UPDATE 4.1
EKI Dance Company Pentaskan EKI UPDATE 4.1

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Program yang akan diluncurkan pada peringatan Hari Tari Sedunia, tanggal 29 April 2020 pukul 16.00 wib itu ditandai dengan penampilan karya-karya premier seniman tari di kanal YouTube Indonesia Dance Network dan Budaya Saya Kemendikbud.

 Panggung Digital ini diluncurkan sebagai respon dari dampak  wabah Covid 19. Kita semua tahu, untuk memutus mata rantai penularan, kita semua harus beribadah, bekerja dan belajar di rumah.  Hal ini ini tentu berdampak juga pada kesenian, yang dalam keadaan normal butuh ke gedung kesenian dan bertemu penonton pada setiap pentas. 

Untuk membantu mengatasi hal ini, Komite Tari DKJ menginisiasi sebuah  program melalui jalur online platform Indonesia Dance Network (IDN).  Mengetahui adanya inisiatif ini, Hilmar Farid selaku Direktorat Jendral Kebudayaan menyatakan sangat mengapresiasi adanya platform (Kanal Youtube)  Indonesia Dance Network sebagai panggung digital sekaligus ruang interaksi seniman tari dengan pecinta seni dan sanggar dengan muridnya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi publik terhadap seni pertunjukan sebagai objek pemajuan kebudayaan dan sebagai upaya menghidupkan dan menjaga ekosistem kebudayaan yang berkelanjutan “ katanya.

Srmrntara itu Yola Yulfianti, selaku komite tari yang menginisiasi program ini menyatakan “Ini sebuah ruang alternatif untuk mempertemukan pekerja seni dengan masyarakat penggemar seni di masa Covid 19 ini, “  katanya.

Selain sebagai ruang alternatif mempertemukan pekerja seni dengan pecintanya, IDN juga memiliki program online talkshow, dan program  "Saweran Online”. Seperti profesi lainnya, seniman tentunya juga terdampak di masa Covid 19 ini. Oleh karena ini IDN pun meluncurkan program Saweran Online untuk membantu pekerja seni yang terkena dampaknya.

Sementara itu Ratri Anindyajati, brand ambassador Saweran Online yang juga seorang produser seni independen menyatakan, “Sebetulnya dampak ini juga structural karena selain penari dan koreografer, ada juga para crew-crew panggung yang kelangsungan hidupnya juga bergantung pada proyek-proyek pertunjukan tersebut. Jadi, aku senang sekali bisa diajak bekerjasama untuk menjadi ambassador dari program Saweran Online dan bisa memperkenalkan dunia tari kepada masyarakat Indonesia secara luas.”

Kenapa nama atau bentuknya saweran? “Saweran biasa berlangsung pada model seni pertunjukan  keliling dan para penonton memberikan uang kepada para  pemain yang bersifat sukarela (sawer). Berangkat dari  sejarah dan kultur tradisi seni pertunjukan tari di Indonesia,  Gerakan Saweran online adalah usaha mengembalikan  semangat tradisi dan sejarah hubungan penonton dan seni pertunjukan tari, dimana pendanaan seni sebenarnya  bisa bersifat organik dan kultural,“ tambah Yola.

Untuk membantu mengatasi pandemik Covid 19 ini,  20 % dari hasil saweran akan didonasikan melalui BenihBaik.com dengan programnya #THRUntukSemua.

Bagi para pecinta seni, cara nyawernya pun cukup sederhana. Masyarakat bisa bebas menonton karya tari/pengajar tari melalui kanal YouTube Indonesia Dance Network. Pilih karya tari atau kelas tari yang ada di channel tersebut. Kalau suka dengan karyanya, maka masyarakat bisa klik link saweran yang tampil di halaman tersebut.  Untuk mempermudah saweran dan donasi, program Saweran Online bekerjasama dengan DOKU dan OVO sebagai perangkat metode sawerannya.

Saat ini sudah ada berapa grup maupun perseorangan yang berpartisipasi, mulai dari sanggar tari ballet Namarina,  sanggar tari tradisi Padneswara, EKI DANCE Company, Marlupi Dance Academy, Gigi Art of Dance, Sumber Cipta, Indonesian Dance Theater, Ballet.id, Swargaloka Art dan lainnya. Juga tidak ketinggalan para penari ternama Indonesia seperti  Miroto,  Rianto, Jecko, Ufa Sofura, Galabby, Rendy White, Team Roro, Siko Setyanto dan lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepulangan 9 WNI dari Libya (Photo by Kemlu)

Senin, 21 September 2020 - 13:15 WIB

Pandemi Covid-19, KBRI Tripoli Bantu Pemulangan 9 WNI ke Tanah Air

KBRI Tripoli menggandeng KJRI Istanbul untuk melakukan pendampingan para WNI selama transit hingga BP2MI terkait penjemputan di Bandara Soekarno-Hatta dan pengaturan kepulangan mereka.

Ilustrasi Syariah (Foto:Suaranews)

Senin, 21 September 2020 - 12:45 WIB

OJK: Keuangan Syariah Tumbuh Positif Sepanjang 2020

Ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia harus kita dorong perannya dalam membangkitkan perekonomian nasional. Apalagi, potensinya yang begitu besar dengan mayoritas penduduk Indonesia adalah…

Migas Ilustrasi

Senin, 21 September 2020 - 12:31 WIB

Persiapan Alih Kelola, Pertamina Hulu Rokan Percepat Transisi Data Eksplorasi dan Eksploitasi Blok Rokan

PT. Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) terus berupaya mempercepat transfer data eksplorasi dan eksploitasi lapangan utama agar bisa segera menyiapkan kegiatan…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Senin, 21 September 2020 - 12:16 WIB

Ketua MPR RI Desak Pemerintah Segera Keluarkan Perppu Atur Pilkada Serentak 2020 Dimasa Pandemi

Mendorong pemerintah bersama DPR RI dapat membahas materi Perppu di masa sidang DPR untuk menyetujui perppu tersebut menjadi UU atau tidak, dengan melibatkan para epidemiologi maupun Satgas…

The All-New Audi A6

Senin, 21 September 2020 - 12:00 WIB

Lomba Foto The All-New Audi A6 Bagi Wartawan

PT Garuda Mataram Motor (GMM) menyelenggarakan photo competition for journalist program. Pilih foto The All-New Audi A6 terbaik pilihan anda dari source official Audi manapun (akun dengan tanda…