Dompet Dhuafa-Ninja Xpress Hadirkan Bilik Disinfektan Sasar 10 Titik di Jabodetabek

Oleh : Herry Barus | Kamis, 09 April 2020 - 09:00 WIB

Dompet Dhuafa-Ninja Xpress Hadirkan Bilik Disinfektan Sasar 10 Titik di Jabodetabek
Dompet Dhuafa-Ninja Xpress Hadirkan Bilik Disinfektan Sasar 10 Titik di Jabodetabek

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Di tengah semakin meningkatnya angka paparan Virus Corona (Covid-19) terhadap masyarakat, Dompet Dhuafa bersama Ninja Xpress terus menghadirkan bilik disinfektan (Disinfection Chamber) ke sejumlah fasilitas umum layanan kesehatan masyarakat. Kali ini 10 titik yang di antaranya ada 2 swalayan dan 8 pusat layanan kesehatan masyarakat menjadi target sasaran kolaborasi tersebut.

Sejak tanggal 1 April 2020, bilik disinfektan (Disinfection Chamber) buah kolaborasi tersebut mulai dipasang. Kemudian terakhir untuk pemasangannya ada di Puskesmas Kelurahan Ancol dan Puskesmas Kalibaru, pada Senin kemarin (6/4/2020). Di tengah mendung, tim relawan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menuntaskan misi kolaborasi tersebut.

“Ninja Xpress berinisiatif untuk membangun dan mendonasikan 10 bilik desinfektan untuk diletakan di ruang publik zona merah COVID-19 di area JABODETABEK, agar dapat diakses masyarakat untuk menekan laju penularan virus COVID-19. Konsep bilik ini adalah mematikan virus dan bakteri ada pada tubuh seseorang dengan cara menyemprotkannya selama beberapa detik. Hal ini dilakukan karena kami sadar bahwa tidak semua orang bisa #dirumahAja karena mereka harus bekerja melayani masyarakat seperti tenaga medis, polisi, pegawai bank atau toko kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, kami menyediakan bilik desinfektan bagi mereka yang harus beraktivitas di wilayah yang paparannya tinggi oleh COVID-19. Tidak hanya untuk masyarakat, kami pun melakukan tindakan preventif untuk semua Ninja kurir di seluruh Indonesia” ungkap Ignatius Eric Saputra, Country Head Ninja Xpress melalui pesan singkatnya. (Rabu, 8/04/2020)

Puskesmas Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, menjadi target pertama di misi terakhir tersebut. Dalam waktu singkat, tim sudah berhasil menginstalasi bilik sterilisasi. Kemudian tim memberikan edukasi singkat mengenai cara operasi dan komposisi cairan antiseptik yang aman untuk pengisian ulang kedepannya. Dokter jaga pada hari itu, dr. Tari bersama tenaga medis dan juga petugas keamanan menerima alat serta pengarahan dari tim DMC Dompet Dhuafa.

"Alhamdulillah sudah ada bantuan (Disinfection Chamber) ini. Semoga menambah kenyamanan dan sterilisasi masyarakat saat berobat di sini," ungkap dr. Tari, selepas serah terima alat.

Seusai instalasi bilik sterilisasi di Puskesmas Kelurahan Ancol, di tengah rintik hujan, tim melanjutkan perjalanan menuju Puskesmas Kalibaru, Jakarta Utara. Untuk menuju fasilitas kesehatan masyarakat tersebut, tim harus membelah riuhnya pasar. Mengingat Puskesmas Kalibaru, terletak di Kawasan Pasar.

Meskipun jam pelayanan sudah berakhir di Puskesmas Kalibaru, namun beberapa petugas di sana, setia menunggu kedatangan Disinfection Chamber. Tiga petugas dari Puskesmas Kalibaru, dengan sigap membantu tim relawan Dompet Dhuafa menginstalasi bilik sterilisasi tersebut. Mereka mengaku sudah menunggu lama adanya alat tersebut.

Mengingat banyaknya masyarakat yang masih membutuhkan pelayanan kesehatan di sana. Maka perlu adanya sterilisasi dan proteksi lebih, biar semua berjalan dengan baik. Bilik Cekal (Cegah Tangkal) atau Bilik Disinfektan Corona Dompet Dhuafa menggunakan cairan antiseptik yang aman untuk tubuh manusia. Itu sudah sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan dan farmakolog. Bukan cairan yang biasa dipakai untuk menyemprot fasilitas umum.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…