Sudah 2.273 Orang, Jubir Pemerintah: Keluar Rumah Pake Masker, Kita Semua Rentan Tertular Covid-19!

Oleh : Nata Kesuma | Senin, 06 April 2020 - 10:20 WIB

Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist
Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto menyampaikan bahwa pasien yang sembuh hingga hari ini bertambah 14 orang sehingga total pasien sembuh berjumlah 164 orang. 

"Sementara pasien terkonfirmasi positif hari ini bertambah 181 orang dan totalnya menjadi 2.273 pasien positif Covid-19. Sementara itu pasien yang meninggal bertambah 7 orang dan total nya menjadi 198 pasien meninggal," ungkap Achmad Yurianto dilansir dari laman Kemkes Senin (6/4).

Menurutnya, saat ini untuk mencegah penularan virus Corona masyarakat diminta untuk memakai masker terutama setiap keluar rumah.

''Oleh karena itu mulai hari ini sesuai rekomendasi WHO kita pakai masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker,'' katanya. 

Namun menurutnya, jenis masker bedah dan masker N95 hanya untuk tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19. 

"Sementara untuk masyarakat bisa menggunakan masker kain sebagai pencegahan," sebutnya. 

Adapun aturan pemakaian masker kain menurutnya, masker kain dipakai tidak lebih dari 4 jam, setelah itu harus dicuci dengan menggunakan sabun.

''Masker kain bisa dicuci, kami menyarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam, kemudian direndam di air sabun kemudian dicuci. Ini upaya kita dalam mencegah penularan di samping cuci tangan dengan sabun minimal 20 detik,'' ujarnya.

Terkait semakin meningkatnya jumlah pasien positif covid-19, Yurianto meyakini bahwa di luar masih terjadi penularan, masih terdapat kasus positif tanpa gejala yang ada di tengah-tengah masyarakat. 

"Masih ada sebagian dari kita yang tidak menyadari bahwa kita rentan tertular, sehingga masih ada yang belum berjaga jarak, masih belum memakai masker, belum rajin dan disiplin cuci tangan dengan sabun,'' pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rusun Pasar Jumat

Minggu, 31 Mei 2020 - 11:28 WIB

Hampir Rampung, Progres PSN Rusun Pasar Jumat Capai 88 Persen

Rusun Pasar Jumat berdiri di atas lahan seluas 5.300 meter persegi berada di Komplek Perumahan Kementerian PUPR yang tidak jauh dari Stasiun moda transportasi berbasis rel Mass Rapid Transit…

Gilang Widya Purnama Di Depan Bus Wisata Type Baru, Avante H8

Minggu, 31 Mei 2020 - 11:00 WIB

Pengusaha PO Bus Gilang Widya Siapkan Skema Alternatif Atasi Dampak Covid-19 di Bisnis Bus Wisata

Salah satu sektot yang juga terkena imbas pembatasan aktivitas social dan penutupan wisata dalam mengaantisipasi penyebaran wabah virus Corona (Covid 19) adalah bisnis perusahan bus wisata.

BP-AKR Membagikan Paket Alat Pelindung Diri Bagi Tenaga Medis di Beberapa Rumah Sakit Jakarta dan Surabaya

Minggu, 31 Mei 2020 - 10:30 WIB

BP-AKR Dukung Tenaga Medis di Tengah Pandemi Covid-19

PT. Aneka Petroindo Raya (BP-AKR) yang merupakan perusahaan joint venture antara bp dan AKR membagikan bantuan kepada tenaga medis di beberapa rumah sakit yaitu Rumah Sakit Citra Harapan di…

Bendungan Pidekso Wonogiri

Minggu, 31 Mei 2020 - 10:20 WIB

Terus Digenjot, Pembangunan Bendungan Pidekso Wonogiri Telah Mencapai 85 Persen

Bendungan Pidekso merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di bidang Sumber Daya Air untuk mewujudkan ketahanan air dan pangan nasional.

PT. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) (“Bahana”) Holding Perasuransian dan Penjaminan

Minggu, 31 Mei 2020 - 10:00 WIB

Semangat Pancasila Jadi Dasar Pelaksanaan 'New Normal' di Holding Asuransi dan Penjaminan

Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2020 merupakan perayaan lahirnya Pancasila yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena saat ini dirayakan ditengah diberlakukan…