Sudah 2.273 Orang, Jubir Pemerintah: Keluar Rumah Pake Masker, Kita Semua Rentan Tertular Covid-19!

Oleh : Nata Kesuma | Senin, 06 April 2020 - 10:20 WIB

Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist
Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto menyampaikan bahwa pasien yang sembuh hingga hari ini bertambah 14 orang sehingga total pasien sembuh berjumlah 164 orang. 

"Sementara pasien terkonfirmasi positif hari ini bertambah 181 orang dan totalnya menjadi 2.273 pasien positif Covid-19. Sementara itu pasien yang meninggal bertambah 7 orang dan total nya menjadi 198 pasien meninggal," ungkap Achmad Yurianto dilansir dari laman Kemkes Senin (6/4).

Menurutnya, saat ini untuk mencegah penularan virus Corona masyarakat diminta untuk memakai masker terutama setiap keluar rumah.

''Oleh karena itu mulai hari ini sesuai rekomendasi WHO kita pakai masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker,'' katanya. 

Namun menurutnya, jenis masker bedah dan masker N95 hanya untuk tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19. 

"Sementara untuk masyarakat bisa menggunakan masker kain sebagai pencegahan," sebutnya. 

Adapun aturan pemakaian masker kain menurutnya, masker kain dipakai tidak lebih dari 4 jam, setelah itu harus dicuci dengan menggunakan sabun.

''Masker kain bisa dicuci, kami menyarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam, kemudian direndam di air sabun kemudian dicuci. Ini upaya kita dalam mencegah penularan di samping cuci tangan dengan sabun minimal 20 detik,'' ujarnya.

Terkait semakin meningkatnya jumlah pasien positif covid-19, Yurianto meyakini bahwa di luar masih terjadi penularan, masih terdapat kasus positif tanpa gejala yang ada di tengah-tengah masyarakat. 

"Masih ada sebagian dari kita yang tidak menyadari bahwa kita rentan tertular, sehingga masih ada yang belum berjaga jarak, masih belum memakai masker, belum rajin dan disiplin cuci tangan dengan sabun,'' pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelaran Wisuda ke-30 UNSADA

Sabtu, 28 November 2020 - 17:17 WIB

Masa Pandemi, UNSADA Gelar Wisuda ke-30 Secara Virtual

Pada Tahun Akademik 2020/2021 ini UNSADA berhasil meluluskan sebanyak 814 wisudawan yang terdiri dari 15 orang master dari 1 program studi jenjang pendidikan S2, 770 orang sarjana dari 12 program…

Bhayangkara FC

Sabtu, 28 November 2020 - 17:00 WIB

Bhayangkara FC akan Berhome Base di Solo

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyambut positif rencana klub Liga 1, Bhayangkara FC berhome base di Solo. Walikota yang akrab disapa Rudy menyebut pihaknya sangat senang bila Bhayangkara FC…

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyaksikan sapi milik peternak

Sabtu, 28 November 2020 - 15:04 WIB

Mentan Syahrul Pantau Aktivitas Jual Beli Pasar Ternak Tallunglipu

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau Pasar Hewan Ternak di Kelurahan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (28/11). Di sana, Mentan memantau…

Pelabunan Patimban Jawa Barat (Foto Ist)

Sabtu, 28 November 2020 - 15:00 WIB

Sinergi Pelabuhan Patimban dan Tanjung Priok Tingkatkan Efisiensi Biaya Logistik

Kehadiran Pelabuhan Patimban yang disinergikan dengan Pelabuhan Tanjung Priok diharapkan dapat mengefisiensikan waktu dan biaya logistik. Khususnya untuk menekan biaya logistik nasional dan…

Wisuda nasional unit pendidikan di lingkungan Kemenperin

Sabtu, 28 November 2020 - 14:50 WIB

Gelar Wisuda Nasional Secara Virtual, Kemenperin Kembali Telurkan Ribuan SDM Industri Kompeten

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) melaksanakan wisuda nasional untuk seluruh unit pendidikan di lingkungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).