Puslatpur 4 Marinir Purboyo Laksanakan Program Ketahanan Pangan

Oleh : Herry Barus | Senin, 06 April 2020 - 03:45 WIB

Puslatpur 4 Marinir Purboyo Laksanakan Program Ketahanan Pangan
Puslatpur 4 Marinir Purboyo Laksanakan Program Ketahanan Pangan

INDUSTRY.co.id - Malang- Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatpurmar) 4 Purboyo melaksanakan program ketahanan pangan dalam rangka siaga menghadapi wabah Covid 19 yang melanda Indonesia, di Ksatrian Puslatpur 4 Marinir Purboyo. Malang, akhir pekan lalu.

Komandan Puslatpurmar-4 Purboyo Letkol Mar Rofik Anwar M.Tr.Hanla., mengatakan “Program peningkatan ketahanan pangan dimaksudkan untuk mengoperasionalkan pembangunan dalam rangka mengembangkan sistem ketahanan pangan baik di tingkat nasional maupun di tingkat masyarakat. Pangan dalam arti luas mencakup pangan yang berasal dari tanaman, ternak dan ikan untuk memenuhi kebutuhan atas karbohidrat, protein lemak dan vitamin serta mineral yang bermanfaat bagi pertumbuhan kesehatan manusia”.

Ketahanan pangan diartikan sebagai terpenuhinya pangan dengan ketersediaan yang cukup, tersedia setiap saat di semua daerah, mudah memperoleh, aman dikonsumsi dan harga yang terjangkau. Hal ini diwujudkan dengan pembukaan lahan untuk di tanami umbi-umbian, ketela, Jagung, pembuatan kolam baru dan penebaran bibit ikan Nilla baik di kolam maupun di sungai di area puslatpurmar-4 Purboyo.

Tujuan program ketahanan pangan adalah meningkatnya ketersediaan pangan, mengembangkan diversifikasi pangan, mengembangkan kelembagaan pangan, mengembangkan usaha pegelolaan pangan, tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Wadan Puslatpurmar 4 Purboyo Mayor Mar Kardono Samsu menyampaikan sasaran yang ingin dicapai dari program ini adalah mendorong partisipasi prajuritnya dalam mewujudkan ketahanan pangan meningkatnya keanekaragaman konsumsi pangan dan menurunnya ketergantungan pada pangan pokok beras melalui pengalihan konsumsi non beras.

Disamping itu Wadan Puslatpur 4 Purboyo menekankan selain program social distancing dan physcial distancing juga memberikan penekanan ke seluruh anggota untuk selalu menjaga kebersihan, kesehatan dan kebugaran tubuh.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hutama Karya Terima Rp 11 Triliun, Pembangunan Tol Trans Sumatera Dipercepat

Kamis, 28 Mei 2020 - 11:00 WIB

Hutama Karya Terima Rp 11 Triliun, Pembangunan Tol Trans Sumatera Dipercepat

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) saat ini tengah melakukan upaya terbaiknya dalam menjalankan proyek penugasan yang diamanahkan oleh pemerintah yakni pembangunan dan pengembangan Jalan…

Bongkar muat pelabuhan

Kamis, 28 Mei 2020 - 10:39 WIB

Pelindo IV Makassar Tegaskan Pas Masuk Paotere Sesuai PD dan Kesepakatan Bersama

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Makassar menegaskan bahwa tarif yang tertera dalam pas masuk Pelabuhan Paotere yaitu sebesar Rp15.000 untuk kendaraan dan sopir, Rp3.000 untuk per…

Pegawai Kementerian PUPR melewati gedung tempat mereka bekerja.

Kamis, 28 Mei 2020 - 10:31 WIB

Kementerian PUPR Terus Sempurnakan Penerapan Pelatihan Jarak Jauh

Sebagai upaya menyiapkan SDM untuk dapat beradaptasi dengan e-learning, Menteri Basuki mengatakan agar BPSDM menyiapkan modul-modul metode pembelajaran jarak jauh.

Ilustrasi Pasien Sembuh Covid-19 (ist)

Kamis, 28 Mei 2020 - 10:30 WIB

Kabar Gembira, Peneliti di Singapura Ungkap Virus Corona Tidak Lagi Bisa Menginfeksi Orang Lain Setelah Hari ke-11

Menurut para peneliti yang terlibat dalam penelitian tersebut mengungkap virus Corona mulai menular sekitar 2 hari sebelum gejala klinis muncul dan bertahan selama setidaknya 11 hari setelahnya.…

Airy Rooms

Kamis, 28 Mei 2020 - 10:10 WIB

Kritis Digilas Corona, Airy Rooms Terpaksa Tutup Operasional Mulai 31 Mei 2020

PT Airy Nest Indonesia, perusahaan dengan merek dagang¬†Airy Rooms, memutuskan untuk menghentikan semua kegiatan operasionalnya,¬† termasuk kemitraan dengan mitra properti di Indonesia, pada…