Tips untuk Bekerja atau Belajar dari Rumah

Oleh : Herry Barus | Minggu, 05 April 2020 - 13:15 WIB

Tips untuk Bekerja atau Belajar dari Rumah
Tips untuk Bekerja atau Belajar dari Rumah

INDUSTRY.co.id - Jakarta- — Kerja dan Belajar dari Rumah (work from home, school from home) menjadi tren global beberapa waktu terakhir ini.

“Berkaitan dengan situasi global saat ini, pemerintah Indonesia pun sudah mengeluarkan himbauan untuk meniadakan pertemuan face to face dan melakukan segala aktivitas di rumah, termasuk bekerja, belajar, dan bahkan beribadah. Logitech sebagai brand teknologi peripherals dunia, ingin membagikan tips terbaik bagi Anda untuk tetap produktif meskipun bekerja atau belajar dari rumah, “ ujar Samuel Ishak Putra, Humas Logitech Indonesia, seperti dalam siaran pers (Minggu 5/4/2020)

 Tips yang pertama, lakukan persiapan untuk bekerja atau belajar dari rumah. Persiapan dimulai dari mempersiapkan peralatan seperti laptop atau PC, mouse, keyboard, headset, serta webcam. Semua peralatan ini akan menunjang kegiatan bekerja maupun belajar dari rumah Anda. Logitech menyediakan berbagai peripherals dengan teknologi Swiss yang dapat membuat kegiatan bekerja maupun belajar Anda tetap produktif.

Selain peralatan, siapkan juga video conferencing software seperti ZOOM, Google Hangouts, dan lain sebagainya. Pastikan software bekerja dengan baik. Pencahayaan adalah kunci dari terciptanya gambar video conference yang baik.

Merupakan sebuah keunggulan jika Anda memiliki 2nd Monitor untuk video conference. Guna dari 2nd Monitor adalah ketika Anda melakukan share screen pada saat video conference, Anda tetap dapat melihat layar dari para peserta di screen kedua.

Selanjutnya, siapkan tempat yang dikhususkan untuk bekerja atau belajar dari rumah. Misalkan di ruang kerja, ruang tamu, atau bahkan ruang makan keluarga. Siapkan tempat alternatif, seandainya tempat yang dikhususkan tersebut sedang dipakai.

Berikutnya, bagi Anda yang bekerja dari rumah tetap harus menetapkan waktu kerja yang sesuai dengan waktu kantor dan juga waktu istirahat.

Yang terpenting, beri tahu kepada lingkungan sekitar Anda, jika Anda berencana bekerja atau belajar dari rumah dan mengharapkan mereka untuk memperlakukan Anda seperti bekerja di kantor ataupun belajar di sekolah / kampus.

Setelah persiapan selesai, mulailah siapkan diri Anda untuk bekerja atau belajar dari rumah. Tentu, Anda dapat bangun lebih siang, manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk beristirahat dengan cukup.

Anda juga harus membuat pola yang konsisten, dari bangun hingga mulai bekerja. Jangan lupa untuk tetap konsisten dengan waktu yang sudah Anda tetapkan. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan Google Suites (Document, Sheet, ataupun Slides) sebagai perangkat kolaborasi bersama rekan kerja atau teman sekolah Anda.

Selama periode bekerja atau belajar dari rumah, Anda juga harus lebih proaktif dalam berkomunikasi. Menghubungi seseorang beberapa kali dalam sehari adalah hal yang wajar.

Anda juga harus mengantisipasi jumlah komunikasi via WhatsApp, Telepon atau SMS, maupun video conferencing software. Jangan lupa untuk mengalihkan semua pertemuan face to face ke virtual meeting

Setelah semua tips diatas dijalankan, berikan reward terhadap diri Anda dan orang terkasih dengan makan malam bersama keluarga.

Mungkin kegiatan ini jarang Anda lakukan di saat-saat normal berhubung dengan kesibukan yang Anda miliki. Dengan bekerja atau belajar dari rumah, Anda dapat memberikan perhatian dan kasih lebih terhadap keluarga.

Dengan mengikuti anjuran dari pemerintah untuk tetap di rumah, kita pasti bisa untuk melewati situasi global ini bersama-sama.

Yang diperlukan adalah konsistensi serta komitmen untuk bisa tetap produktif meskipun bekerja atau belajar dari rumah. Ingat, tetap jaga kesehatan dan sebarkan semangat positif ke siapa saja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ramayana Departemen Store Resmi Tutup Sejumlah Gerai (FAJAR. co. id)

Kamis, 28 Mei 2020 - 14:18 WIB

Dampak 'PSBB', Ramayana Terpaksa Tutup Sejumlah Gerai dan PHK 421 Karyawan

Dampak kebijakan pemerintah dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PT Ramayana Lestari Sentosa (RALS) terpaksa menutup sejumlah gerainya dan pembatasan operasional selama April-Mei 2020,…

Presiden Jokowi

Kamis, 28 Mei 2020 - 13:20 WIB

Kabar Gembira! Jokowi Bakal Guyur Insentif buat Petani dan Nelayan, Ini Skemanya

Presiden┬áJoko Widodo (Jokowi)┬ámembuka rapat terbatas dengan topik pembahasan insentif bagi petani dan nelayan dalam rangka menjaga ketersediaan bahan pokok di Istana Merdeka, kompleks Istana…

Donald Trump

Kamis, 28 Mei 2020 - 13:15 WIB

Donald Trump Longgarkan Lockdown dan Ekonomi Dibuka, Wall Street Terbang Tinggi

Jelang kembali dibukanya ekonomi dan pelonggaran lockdown oleh Pemerintah Amerika Serikat, kondisi Wall Street langsung meningkat tajam di pasar modal.

Dirut Pupuk Indonesia Aas Sadikin

Kamis, 28 Mei 2020 - 13:00 WIB

Produsen Pupuk Indonesia Perketat Prosedur di Area Pabrik Saat Era New Normal

Sebagai langkah melindungi para karyawan dan kelancaran penugasan penyaluran pupuk, lima produsen pupuk yang merupakan entitas bisnis dari PT Pupuk Indonesia (Persero), siap menerapkan pedoman…

MPL BULL

Kamis, 28 Mei 2020 - 12:20 WIB

Mobile Premier League Indonesia Hadirkan Tiga Game Lokal Baru

Mobile Premier League sebagai platform mobile esports berbasis ketangkasan terbesar di Asia Tenggara mengumumkan kolaborasinya bersama tiga pengembang game lokal Indonesia, yaitu Antpixel Studio,…