Batalyon Infantri 9 Marinir Bantu Warga Perbaiki Jalan Desa

Oleh : Herry Barus | Minggu, 05 April 2020 - 02:52 WIB

Batalyon Infantri 9 Marinir Bantu Warga Perbaiki Jalan Desa
Batalyon Infantri 9 Marinir Bantu Warga Perbaiki Jalan Desa

INDUSTRY.co.id - Pesawaran – Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Senin, 30 Maret lalu mnengakibatkan banjir bandang serta tanah longsor dibeberapa titik di Kabupaten Pesawaran. 

Seperti yang terjadi di dusun Way Sabu, desa Batu Menyan kec. Teluk Pandaan Kabupaten Pesawaran.

Tebing yang berada disepanjang jalan penghubung yang merupakan akses jalan satu-satunya dari dan menuju dusun Way Sabu longsor hingga menutup akses jalan.

Longsor terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang turun sejak sore hingga malam hari. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, Namun beberapa rumah warga dusun Way Sabu hancur akibat diterjang dahsyatnya banjir belum lama ini.

 

Kejadian tersebut membuat kegiatan warga terhambat karena akses jalan satu-satunya tak dapat dilewati. 

 

Mendengar keluh kesah warga yang tertimpa musibah tanah longsor, Komandan Batalyon Infanteri 9 Marinir, Letkol Mar James Munthe M.Tr (Hanla) memutuskan untuk memberikan bantuan kepada warga berupa pembuatan akses jalan baru menggunakan dua excavator.

Sebanyak 100 prajurit dikerahkan untuk membuka jalan agar dapat kembali dilalui oleh warga Desa Batu Menyan sejak kemarin.

Danyonif 9 Marinir, Letkol Mar James Munthe M.Tr (Hanla) menjelaskan bahwa tugas manusia adalah saling bermanfaat berbagi sesama. Bantuan yang diberikan kepada warga merupakan bentuk nyata kepedulian Batalyon Infanteri 9 Marinir atas keluh kesah yang disampaikan oleh warga mengenai tanah longsor yang terjadi.

“Sebelumnya kami sudah punya rencana diakhir April untuk melakukan perbaikan jalan menuju tiga dusun yang ada di Desa Batu Menyan, tapi karena ada musibah tanah longsor ini kami percepat pengerjaannya,” jelasnya.

Lurah Batu Menyan, Jamaludin menyampaikan rasa terimakasihnya atas bantuan yang diberikan oleh Yonif 9 Marinir. Ia menjelaskan bahwa bantuan excavator yang diberikan sangat membantu masyarakat terutama untuk membuka akses jalan yang tertutup oleh longsoran tebing.

“Kalau tidak dipinjamkan  excavator Dari Yonif 9 Marinir, kita tak tahu bagaimana caranya buka jalan. Kalau mau sewa sudah pasti nggak kebayar dan nggak tau harus jual apa untuk bayarnya. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sudah mau membela/membantu masyarakat seperti kami,”jelasnya.

Kegiatan membuka jalan baru akibat Longsoran yang digiatkan oleh Komandan Batalyon Infanteri 9 Marinir akan dilaksanakan terus hingga warga dapat kembali beraktifitas seperti biasa dan akses jalan dapat digunakan kembali oleh warga Desa Batu Menyan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…