Rumah Sakit Lapangan Pulomas Mendukung Pemerintah Cekal Covid-19

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 04 April 2020 - 19:01 WIB

Rumah Sakit Lapangan khusus Corona
Rumah Sakit Lapangan khusus Corona

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dompet Dhuafa melalui Rumah Sakit (RS) Kartika Pulomas, telah menginisiasi Rumah Sakit Lapangan untuk mendukung pemerintah Cekal Covid-19. 

Melihat sejumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 1.790 atau bertambah 113 kasus sementara pasien dalam perawatan sebanyak 1.508 atau 8,4% dari kasus terkonfirmasi (data per 2/04 pukul 18.00, covid19.bnpb.go.id), dengan bertambahnya kasus terjangkit virus Corona (Covid-19). 

Tentu dengan banyaknya pasien tersebut, membutuhkan dukungan tenaga medis yang juga banyak.

"Saat ini kami mendirikan Rumah Sakit darurat dalam rangka persiapan menghadapi outbreak yang memang tidak tahu kapan, tetapi sebagai salah satu fasilitas dari Rumah Sakit lanjutkan kami bersiap diri untuk apabila sewaktu-waktu terjadi outbreak," ujar drg. Wahyu Prabowo, Dirketur RS Kartika Pulomas. 

Menurutnya, saat ini sudah banyak pasien yang mempunyai indikasi ODP maupun PDP yang datang ke Rumah Sakitnya. 

“Alhamdulillah dengan fasilitas yang kami miliki saat ini kami dapat mendekteksi cepat pasien-pasien dengan screening yang kami miliki, dengan screening rapid test Covid-19 sehingga pasien-pasien yang masuk sudah bisa di lakukan pemeriksaan awal," ucapnya. 

Pihaknya menggunakan fasilitas berupa tenda lapangan, salah satu fungsinya untuk keamanan terhadap penularan penyakit terhadap dokter dan operator rumah sakit, sehingga kondisi rumah sakit kami tetap aman. 

Ke depan pihaknya akan melengkapi dengan Rumah Sakit kontainer untuk dijadikan isolasi bila benar-benar terjadi outbreak. 

Nantinya rumah sakit ini akan mempunyai kapasitas 30 bed untuk ruang isolasi ODP maupun PDP. 

Sedangkan untuk Rumah Sakit Kontainer dengan kapsitas 4 bed dan 4 ruang isolasi, dimana nantinya kita fungsikan saat terjadi outbreak.
 
"Laboratorium nantinya akan bisa melayani rata-rata 300 pemeriksaan PCR test per hari, sehingga ini dapat membantu pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19”, jelas drg. Wahyu Prabowo. 

Selanjutnya, pasien-pasien yang membutuhkan isolasi ICU akan ditempatkan ke dalam rumah sakit kontainer, sehingga tidak masuk ke dalam rumah sakit dan tidak mengganggu pelayanan yang lain.

"Kami juga rumah sakit kontainer akan difungsikan sebagai laboratorium untuk PCR Swab Test sehingga pasien tidak perlu masuk rumah sakit, maka dengan sistem drive thru bisa dilakukan swab test dalam rangka mencegah terjadinya penularan lebih lanjut di dalam rumah sakit," sebutnya lagi. 

Diketahui rumah sakit merupakan zona merah penularan Covid-19, inilah bentuk antisipasi sebagai fasilitas kesehatan untuk memberikan pelayanan lebih maksimal dan mencegah penularan lebih jauh ke masyarakat.

“Kita harapkan bantuan dukungan semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat dalam partisipasinya terwujudnya Rumah Sakit Lapangan maupun Kontainer”, tutup drg. Wahyu Prabowo

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 25 April 2024 - 09:11 WIB

Ketua MPR RI Publikasikan Hasil Riset Ilmiah Terkait Empat Pilar Kebangsaan di Jurnal Ketahanan Nasional UGM

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Dosen Tetap Pascasarjana Program Doktor Hukum Universitas Borobudur Bambang Soesatyo mempublikasikan hasil riset ilmiah mengenai empat…

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.