Cegah Penyebaran Virus Corona, Ini Upaya Pelindo IV Cabang Parepare

Oleh : Hariyanto | Selasa, 31 Maret 2020 - 18:06 WIB

Penyemprotan cairan disinfektan
Penyemprotan cairan disinfektan

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sebagai upaya penyebaran Virus Corona atau yang juga dikenal dengan Covid-19, Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Parepare telah melakukan berbagai langkah preventif.

General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Parepare, Muhammad Ilyas mengatakan berbagai langkah preventif tersebut sudah dilakukan mulai Februari 2020, sejak ada surat edaran Dirut PT Pelindo IV untuk mengantisipasi wabah Covid-19.

“Begitu kasus ini mencuat di Indonesia, PT Pelindo IV termasuk PT Pelindo IV Cabang Parepare langsung mengambil berbagai langkah sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona. Hal itu karena pelabuhan cukup riskan, mengingat ini adalah salah satu pintu keluar masuk orang dan barang di Kota Parepare dan sekitarnya,” terang Ilyas melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Selasa (31/3/2020).

Ilyas menuturkan, langkah atau uyapa yang dilakukan di antaranya dengan melakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan, terutama untuk fasilitas umum yang ada di Terminal Penumpang Pelabuhan Nusantara Parepare.

“Seperti kursi, tangga menuju ke kapal hingga alat untuk mengangkut barang penumpang juga disemprot dengan cairan disinfektan. Semua penumpang yang akan naik dan turun juga kami lakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan alat thermal scanner,” tuturnya.

Menurutnya, untuk penyemprotan dengan cairan disinfektan, Pelindo IV Cabang Parepare bekerja sama dengan Pemkot Parepare. Sementara untuk pemeriksaan suhu tubuh, pihaknya bekerja sama dengan Karantina Kesehatan, dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Parepare. Para petugas memeriksa suhu tubuh setiap penumpang yang akan naik dan turun dari kapal.

Tak hanya itu, Manajemen Pelindo IV Cabang Parepare juga menyediakan hand sanitizer atau cairan antiseptik untuk mencuci tangan di tempat-tempat umum, seperti terminal penumpang dan dekat akses masuk ke dalam gedung kantor.

Juga dilakukan social distancing atau pembatasan sosial atau menjaga jarak utamanya di terminal penumpang, agar ada jarak minimal 1 meter bagi para penumpang yang sedang menunggu kapal dan sebagainya.

“Penumpang yang antri masuk ke terminal dan yang akan naik ke atas kapal pun kami siapkan social distancing.”

Bahkan saat ini, lanjut Ilyas, pihaknya juga sudah menyediakan bilik penyemprotan disinfektan bagi penumpang kapal yang akan masuk dan keluar dari terminal.

“Bilik penyemprotan kami siapkan 2 unit, agar penumpang yang akan masuk dan keluar tak perlu mengantri terlalu lama,” ujarnya.

Dalam melakukan berbagai langkah preventif sebagai upaya penyebaran Virus Corona tambah Ilyas, Pelindo IV Cabang Parepare selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak, terutama Pemkot Parepare dan instansi di lingkungan Pelabuhan Parepare, seperti KSOP, Polsek Pelabuhan, Karantina Kesehatan, juga Dinas Kesehatan Kota Parepare, Dinas Perhubungan Kota Parepare, Satpol PP Kota Parepare, Dinas Penanggulangan Bencana Daerah, serta camat setempat.

“Kami selalu bekerja sama dan berkolaborasi melakukan penyemprotan kepada semua penumpang yang turun maupun barang yang masuk. Serta melakukan pemeriksaan suhu badan yang dilakukan oleh Karantina Kesehatan, dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Parepare,” tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…

Produk Le Minerale

Selasa, 23 April 2024 - 12:10 WIB

Brand Nasional Le Minerale Jadi Favorit Konsumen selama Ramadhan 2024

Air minum kemasan bermerek Le Minerale menjadi air mineral favorit konsumen selama Ramadhan 2024. Hal tersebut tercermin dari survei anyar Goodstats, platform kelola data daring berbasis Jakarta,…

Ilustrasi perbankan syariah (republika.co.id)

Selasa, 23 April 2024 - 12:01 WIB

Perbankan Syariah Sambut Positif Hasil Keputusan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu menolak Gugatan perkara Pilpres baik dari Pihak Amin dan Ganjar Mahfud. Pertanda dunia perbankan syariah optimis.

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Selasa, 23 April 2024 - 11:55 WIB

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Dalam langkah besar menuju revolusi kendaraan berkelanjutan, MG Motor Indonesia dan PLN melalui unit usahanya, PLN Icon Plus, telah memulai perjalanan kendaraan listrik spektakuler dari Jakarta…