Cegah Penyebaran Virus Corona, Ini Upaya Pelindo IV Cabang Parepare

Oleh : Hariyanto | Selasa, 31 Maret 2020 - 18:06 WIB

Penyemprotan cairan disinfektan
Penyemprotan cairan disinfektan

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sebagai upaya penyebaran Virus Corona atau yang juga dikenal dengan Covid-19, Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Parepare telah melakukan berbagai langkah preventif.

General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Parepare, Muhammad Ilyas mengatakan berbagai langkah preventif tersebut sudah dilakukan mulai Februari 2020, sejak ada surat edaran Dirut PT Pelindo IV untuk mengantisipasi wabah Covid-19.

“Begitu kasus ini mencuat di Indonesia, PT Pelindo IV termasuk PT Pelindo IV Cabang Parepare langsung mengambil berbagai langkah sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona. Hal itu karena pelabuhan cukup riskan, mengingat ini adalah salah satu pintu keluar masuk orang dan barang di Kota Parepare dan sekitarnya,” terang Ilyas melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Selasa (31/3/2020).

Ilyas menuturkan, langkah atau uyapa yang dilakukan di antaranya dengan melakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan, terutama untuk fasilitas umum yang ada di Terminal Penumpang Pelabuhan Nusantara Parepare.

“Seperti kursi, tangga menuju ke kapal hingga alat untuk mengangkut barang penumpang juga disemprot dengan cairan disinfektan. Semua penumpang yang akan naik dan turun juga kami lakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan alat thermal scanner,” tuturnya.

Menurutnya, untuk penyemprotan dengan cairan disinfektan, Pelindo IV Cabang Parepare bekerja sama dengan Pemkot Parepare. Sementara untuk pemeriksaan suhu tubuh, pihaknya bekerja sama dengan Karantina Kesehatan, dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Parepare. Para petugas memeriksa suhu tubuh setiap penumpang yang akan naik dan turun dari kapal.

Tak hanya itu, Manajemen Pelindo IV Cabang Parepare juga menyediakan hand sanitizer atau cairan antiseptik untuk mencuci tangan di tempat-tempat umum, seperti terminal penumpang dan dekat akses masuk ke dalam gedung kantor.

Juga dilakukan social distancing atau pembatasan sosial atau menjaga jarak utamanya di terminal penumpang, agar ada jarak minimal 1 meter bagi para penumpang yang sedang menunggu kapal dan sebagainya.

“Penumpang yang antri masuk ke terminal dan yang akan naik ke atas kapal pun kami siapkan social distancing.”

Bahkan saat ini, lanjut Ilyas, pihaknya juga sudah menyediakan bilik penyemprotan disinfektan bagi penumpang kapal yang akan masuk dan keluar dari terminal.

“Bilik penyemprotan kami siapkan 2 unit, agar penumpang yang akan masuk dan keluar tak perlu mengantri terlalu lama,” ujarnya.

Dalam melakukan berbagai langkah preventif sebagai upaya penyebaran Virus Corona tambah Ilyas, Pelindo IV Cabang Parepare selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak, terutama Pemkot Parepare dan instansi di lingkungan Pelabuhan Parepare, seperti KSOP, Polsek Pelabuhan, Karantina Kesehatan, juga Dinas Kesehatan Kota Parepare, Dinas Perhubungan Kota Parepare, Satpol PP Kota Parepare, Dinas Penanggulangan Bencana Daerah, serta camat setempat.

“Kami selalu bekerja sama dan berkolaborasi melakukan penyemprotan kepada semua penumpang yang turun maupun barang yang masuk. Serta melakukan pemeriksaan suhu badan yang dilakukan oleh Karantina Kesehatan, dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Parepare,” tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Samantha Clayton Herbalife

Kamis, 28 Mei 2020 - 18:00 WIB

Jangan Tinggalkan Kebugaran Tubuh Saat WFH

Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah menghimbau masyarakat untuk menerapkan kebijakan "di rumah saja", termasuk bekerja dari rumah atau Work From Home. Kebijakan ini mempengaruhi rutinitas…

Bank BCA

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:45 WIB

PT Bank Central Asia Tbk Suntik Modal Rp1 Triliun, Bank Royal Berubah Nama Jadi Bank Digital BCA

Setelah sebelumnya mengakusisi, emiten perbankan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) resmi mengganti namanya Bank Royal menjadi Bank Digital BCA dengan suntikan modal awal sebesar Rp1 triliun.

Persija Jakarta (Ist)

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:30 WIB

Manajemen Persija Jakarta Sangat Berharap Liga Segera Berjalan Kembali

Persija Jakarta telah mengambil sikap terkait lanjut atau tidaknya kompetisi musim ini. Manajemen Macan Kemayoran mempertimbangkan segala aspek baik dan buruk bila Liga Indonesia musim ini kembali…

Aktivitas industri makanan dan minuman (mamin)

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:10 WIB

Kabar Baik! Sepanjang Januari-April 2020, Ekspor Industri Pengolahan Tembus USD 42,75 Miliar

Sepanjang Januari-April 2020, pengapalan produk industri pengolahan mampu menembus hingga USD42,75 miliar atau naik sebesar 7,14 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Mochamad Iriawan, Ketum PSSI

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:00 WIB

Ketum PSSI-Menpora Bahas Persiapan Piala Dunia dan Kompetisi

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bertemu Menteri Pemuda Olahraga Zainudin Amali di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, belum lama ini . Dalam pertemuan ini, PSSI menyampaikan perkembangan…