Upaya Kemensos bersama Unicef dalam Program Rehabilitasi Sosial Anak

Oleh : Herry Barus | Selasa, 31 Maret 2020 - 07:30 WIB

Dirjen Kemensos, Harry Hikmat (Foto Dok Industry.co.id)
Dirjen Kemensos, Harry Hikmat (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI, Harry Hikmat mengadakan rapat terkait upaya perlindungan anak yang didukung oleh Unicef melalui video conference.

Rapat ini juga membahas langkah cepat Kemensos dalam pencegahan dan penanganan penyebaran Corona Virus Disease 19 (COVID-19). Kemensos RI melalui Ditjen Rehsos melanjutkan kerjasama dengan United Nations Children’s Funds (Unicef) pada tahun 2020 yaitu dalam hal Supplier Assistance berupa Hand Sanitizer dan Masker ke  delapan provinsi dan delapan Balai Anak, serta bantuan pencetakan bahan sosialisasi pencegahan COVID-19 ke seluruh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di Indonesia.

Program Kerjasama Kementerian Sosial dengan Unicef telah berlangsung sejak 2016 sampai dengan 2020 yang fokus pada tiga hal, yaitu mengenai kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak, pendidikan anak usia dini dan perkembangan remaja serta perlindungan anak.

Dalam hal Perlindungan Anak, Kerjasama tersebut meliputi penjangkauan anak dan keluarga rentan, digitalisasi manajemen kasus dan memastikan kesejahteraan dan keselamataan saat bencana, khususnya bencana Pandemi COVID-19 yang saat ini sudah menyebar di Indonesia.

Dirjen Rehsos, Harry Hikmat menekankan pentingnya pengasuhan dalam keluarga dan implementasi continum of care. Perlindungan anak ini tidak lepas kaitannya dengan sumber daya manusia (SDM). “Penguatan SDM menjadi penting, harus memiliki database yang kuat dan format yang sama dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ditambah dengan data khusus yang berhubungan dengan anak. Syarat kedepan SDM tersebut harus terlatih atau terlisensi, dan ini yang dikerjasamakan juga dengan Unicef,” pungkas Dirjen Rehsos, Senin (30/3/2020)

Chief of Child Protection Unicef Indonesia, Amanda Bissex menyampaikan bahwa Unicef Menghargai focus untuk penguatan SDM dan pentingnya kerjasama di berbagai unit. Ia juga menyampaikan bahwa Unicef membantu model family-based care dan memastikan anak mendapat berbagai layanan tambahan. 

 

Rapat yang dilaksanakan melalui Video Conference ini diikuti oleh 36 partisipan yang terdiri dari Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat, Sekretaris Ditjen Rehabilitasi Sosial, Idit Supriadi Priatna, Direktur Rehabilitasi Sosial Anak, Kanya Eka Santi beserta jajarannya, Chief of Child Protection UNICEF Indonesia, Amanda Bissex, Child Protection Specialist Unicef Indonesia, Astrid Gonzaga Dionisio dan beberapa perwakilan dari Unicef Indonesia.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.