Manfaatkan IT dan Data Base Atasi Covid-19

Oleh : Arif A. Kuswardono | Jumat, 27 Maret 2020 - 18:00 WIB

Komisi Informasi Pusat
Komisi Informasi Pusat

INDUSTRY.co.id - Mengikuti perkembangan penanganan Covid-19 dan mulai digunakannya teknologi informasi untuk mengendalikan penyebaran Covid-19,  apresiasi dan dukungan patut diberikan.

Apresiasi setinggi-tingginya kepada para pengembang  aplikasi Tracetogether. Juga kepada semua kalangan Pos dan Informatika, termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika yang telah mendukung dengan menerbitkan Surat Keputusan Menkominfo No. 159 Tahun 2020 terkait aplikasi dimaksud.

Aplikasi Tracetogether merupakan karya anak bangsa yang memungkinkan operator telekomunikasi melakukan tracing (penelusuran), tracking (pelacakan), fencing (pengurungan) dan warning (peringatan) terhadap Pasien Positif Covid-19.

Salah satu metode penting Tracetogether adalah tracking selama 14 hari mundur, berbasis interaksi smartphone pasien Covid-19. Saat bersamaan aplikasi memberikan peringatan kepada masyarakat/publik yang terkait dengan pasien lewat smartphone masing-masing. Hal ini serupa dengan sistem pelacakan yang diterapkan di Singapura dan Korea Selatan yang terbukti efektif menekan penyebaran Covid-19.

Karena itu aplikasi Tracetogether ini perlu diberlakukan secepat-cepatnya untuk mendukung kegiatan surveilans kesehatan oleh pihak-pihak terkait, seperti BNPB, Kementerian Kesehatan, Satgas Percepatan  Nasional dan Daerah, Operator Telekomunikasi dan sebagainya, sesuai dengan regulasi dibidang informasi publik, kesehatan, kebencanaan, telekomunikasi dan sebagainya.

Partisipasi publik dan pihak-pihak terkait juga perlu didorong agar aplikasi ini berfungsi efektif sebagai alat pengumpulan, pengolahan dan analisa data agar dapat menghasilkan informasi yang obyektif secara antar waktu, antar wilayah dan antar kelompok sebagai alat pengambilan keputusan dan mitigasi.

Satu catatan penting adalah pemberlakuan aplikasi ini harus menjadi pintu masuk membangun data base terkait Covid-19. Dengan data yang baik, kita akan lebih siap melakukan penanganan maupun mitigasi  di saat sekarang maupun masa mendatang.

Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah disarankan menerbitkan protokol/regulasi yang memberikan jaminan perlindungan, baik kepada operator maupun stakeholder lainnya, terkait penggunaan data pribadi pasien Covid-19. Juga jaminan atas data pribadi pasien yang diserahkan kepada pihak ketiga. Karena sangat terbuka, aplikasi ini dan berbagai aplikasi lain muncul dan berkembang, sesuai kebutuhan publik maupun perkembangan penanganan Covid-19.

Arif A.Kuswardono: Komisioner Komisi Informasi Pusat

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Rabu, 24 April 2024 - 09:11 WIB

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Dengan rasa duka cita yang mendalam, kami menyampaikan bahwa salah satu perempuan terbaik Indonesia, Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo, telah meninggalkan kita dalam kedamaian pada hari Rabu, jam…

Peran perempuan di sektor parekraf

Rabu, 24 April 2024 - 09:10 WIB

UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism Jadi Momen Perkuat Peran Perempuan di Sektor Parekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, pelaksanaan 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific di Bali…

Jababeka Residence

Rabu, 24 April 2024 - 08:12 WIB

Jababeka Residence Sukses Bikin Sektor Properti di Timur Jakarta Berkembang Pesat

Pengembangan properti yang dilakukan oleh Jababeka Residence di kota hijau Cikarang telah menjadi barometer industri properti di Timur Jakarta. Selain memiliki fasilitas infrastruktur terlengkap…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Rabu, 24 April 2024 - 06:38 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Rabu, 24 April 2024 - 06:29 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Guna menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kemampuan menembak Pistol, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi…