Manfaatkan IT dan Data Base Atasi Covid-19

Oleh : Arif A. Kuswardono | Jumat, 27 Maret 2020 - 18:00 WIB

Komisi Informasi Pusat
Komisi Informasi Pusat

INDUSTRY.co.id - Mengikuti perkembangan penanganan Covid-19 dan mulai digunakannya teknologi informasi untuk mengendalikan penyebaran Covid-19,  apresiasi dan dukungan patut diberikan.

Apresiasi setinggi-tingginya kepada para pengembang  aplikasi Tracetogether. Juga kepada semua kalangan Pos dan Informatika, termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika yang telah mendukung dengan menerbitkan Surat Keputusan Menkominfo No. 159 Tahun 2020 terkait aplikasi dimaksud.

Aplikasi Tracetogether merupakan karya anak bangsa yang memungkinkan operator telekomunikasi melakukan tracing (penelusuran), tracking (pelacakan), fencing (pengurungan) dan warning (peringatan) terhadap Pasien Positif Covid-19.

Salah satu metode penting Tracetogether adalah tracking selama 14 hari mundur, berbasis interaksi smartphone pasien Covid-19. Saat bersamaan aplikasi memberikan peringatan kepada masyarakat/publik yang terkait dengan pasien lewat smartphone masing-masing. Hal ini serupa dengan sistem pelacakan yang diterapkan di Singapura dan Korea Selatan yang terbukti efektif menekan penyebaran Covid-19.

Karena itu aplikasi Tracetogether ini perlu diberlakukan secepat-cepatnya untuk mendukung kegiatan surveilans kesehatan oleh pihak-pihak terkait, seperti BNPB, Kementerian Kesehatan, Satgas Percepatan  Nasional dan Daerah, Operator Telekomunikasi dan sebagainya, sesuai dengan regulasi dibidang informasi publik, kesehatan, kebencanaan, telekomunikasi dan sebagainya.

Partisipasi publik dan pihak-pihak terkait juga perlu didorong agar aplikasi ini berfungsi efektif sebagai alat pengumpulan, pengolahan dan analisa data agar dapat menghasilkan informasi yang obyektif secara antar waktu, antar wilayah dan antar kelompok sebagai alat pengambilan keputusan dan mitigasi.

Satu catatan penting adalah pemberlakuan aplikasi ini harus menjadi pintu masuk membangun data base terkait Covid-19. Dengan data yang baik, kita akan lebih siap melakukan penanganan maupun mitigasi  di saat sekarang maupun masa mendatang.

Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah disarankan menerbitkan protokol/regulasi yang memberikan jaminan perlindungan, baik kepada operator maupun stakeholder lainnya, terkait penggunaan data pribadi pasien Covid-19. Juga jaminan atas data pribadi pasien yang diserahkan kepada pihak ketiga. Karena sangat terbuka, aplikasi ini dan berbagai aplikasi lain muncul dan berkembang, sesuai kebutuhan publik maupun perkembangan penanganan Covid-19.

Arif A.Kuswardono: Komisioner Komisi Informasi Pusat

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Viral tagar Mendikbuddicarimahasiswa

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:50 WIB

Heboh Tagar #MendikbudDicariMahasiswa, Dirjen Dikti: Kami Himbau Rektor Bebaskan Uang Kuliah Mahasiswa

Viralnya aksi tagar #MendikbudDicariMahasiswa oleh BEM SI dan mahasiswa seluruh Indonesia, dimana hingga selasa malam (2/6) telah memuncaki trending topik dengan lebih dari 30 ribu cuitan.

Astra Life

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:42 WIB

Astra Life 'Ngegas' Pasarkan Asuransi Tambahan

Windawati Tjahjadi, Direktur Astra Life mengatakan bahwa peluncuran Medicare Premier ini merupakan komitmen Astra Life untuk memberikan perlindungan terbaik bagi setiap segmen dan juga sebagai…

Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin menandatangani prasasasti peresmian Modern Broadband City Kota Serang dan Kabupaten Lebak

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:30 WIB

Telkom Dukung Modernisasi Jaringan di Kota Serang dan Kabupaten Lebak

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tetap mengoptimalkan operasional network, salah satunya fiberisasi jaringgan demi mendukung terwujudnya pengalaman digital terbaik pelanggan yang beraktivitas…

CEO Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:21 WIB

Wuih, Citibank Raih Best International Bank in Indonesia, Dirut: Ini Hasil Sebuah Fokus dan Komitmen Solusi Finansial Inovatif Ditengah Masa Sulit

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menyatakan, ditengah situasi pasar yang volatile serta kompetitif, pihaknya sangat berterima kasih dapat menerima penghargaan ini dari majalah Finance Asia.…

Ilustrasi Pekerja (ist)

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:05 WIB

Sah! Jokowi Teken PP Tapera, Siap-siap Gaji Pekerja ASN, BUMN, TNI, Polri Hingga Swasta Dipotong 3 persen

Presiden Jokowi telah meneken Peraturan Pemerintah atau PP No. 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).