Ditengah Pandemik COVID-19, Operasional Pelindo IV Tetap Berjalan

Oleh : Hariyanto | Selasa, 24 Maret 2020 - 10:59 WIB

Peti Kemas (Foto/Rizki Meirino)
Peti Kemas (Foto/Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menegaskan bahwa seluruh operasional bongkar muat barang di Terminal Petikemas Makassar (TPM) tetap berjalan seperti biasanya, meski virus corona tengah menjadi wabah di beberapa negara termasuk Indonesia.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan walaupun saat ini virus corona sedang mewabah, tetapi kegiatan operasional utamanya bongkar muat barang di pelabuhan tetap berjalan normal.

“Tentunya kami [Pelindo IV] bekerja sama dengan Otoritas Pelabuhan, Kantor Imigrasi dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemeriksaan terhadap nakhoda kapal serta seluruh penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK), sebelum melakukan sandar kapal di pelabuhan,” kata Farid kepada INDUSTRY.co.id melalui keterangan resmi,  Selasa (24/3/2020).

Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo IV, Riman S. Duyo juga menambahkan bahwa pihaknya selalu siap melayani setiap kunjungan kapal yang masuk maupun keluar dari pelabuhan.

“Hanya saja kami [Pelindo IV] tetap menerapkan beberapa perlakuan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku selama masa tanggap darurat Covid-19 diberlakukan oleh Pemerintah,” ungkap Riman.

Misalnya kata Riman, dengan melakukan pemeriksaan terutama untuk kapal-kapal asing, bekerja sama dengan instansi terkait (KKP), dengan jarak +/- 2 mil dari dermaga tempat sandar kapal. “Jika oleh KKP telah dinyatakan clear and clean, barulah kapal bisa sandar,” ucapnya.

Farid menambahkan, sejauh ini pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di seluruh pelabuhan kelolaan. Di antaranya dengan melakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan thermal scanner, tak hanya kepada seluruh staf dan karyawan tetapi juga kepada semua penumpang kapal.

“Kami juga menyediakan hand sanitizer di beberapa area publik seperti terminal penumpang dan sudah menerapkan social distancing di terminal penumpang untuk menjaga jarak. Sejak Minggu (15 Maret 2020), kami juga sudah melakukan penyemprotan dengan cairan disinfektan di beberapa fasilitas umum seperti tangga, garbarata, tempat duduk di terminal penumpang maupun area publik lainnya,” ungkap Farid.

Selanjutnya tutur Farid, pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN dengan melakukan pemantauan dan pelaporan terkait antisipasi wabah covid-19 di seluruh wilayah Pelindo IV melalui grup WhatsApp, teleconference maupun video conference dan mulai membatasi rapat yang menghimpun banyak orang.

“Bahkan sejak hari Senin (23/3/2020), Manajemen Pelindo IV juga sudah menerapkan Work From Home (WFH) bagi semua staf dan karyawan. Bagi karyawan yang berusia di atas 50 tahun, sudah benar-benar diwajibkan untuk WFH. Serta menginstruksikan kepada seluruh staf dan karyawan untuk selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga, serta senantiasa menerapkan pola hidup sehat,” tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…