Jababeka Infrastruktur Sosialisasikan Pencegahan Penyebaran Virus Corona kepada Tenant KIJA

Oleh : Hariyanto | Jumat, 06 Maret 2020 - 10:42 WIB

Jababeka Infrastruktur Sosialisasikan Pencegahan Penyebaran Virus Corona
Jababeka Infrastruktur Sosialisasikan Pencegahan Penyebaran Virus Corona

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Virus Corona (COVID-19) menjadi isu yang mendapat perhatian khusus pada akhir 2019 sampai saat ini. Sebab COVID-19 yang tak hanya membuat kesehatan seseorang terganggu tapi membuat nyawa melayang. Per 25 Februari 2020 lalu, virus corona telah mencapai 80.146 Jiwa yang jumlah tertingginya berada di Hubei-China dengan jumlah 77.658 jiwa.

Penyebaran virus Corona telah memberi dampak bagi perekonomian di Indonesia, baik sektor Pariwisata dan Industri. Seperti yang diketahui, struktur Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2019 sekitar 20% berasal dari sektor industri, dan sektor ini masih berkontribusi paling besar untuk PDB Indonesia dibandingkan dengan sektor lainnya.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto sendiri sudah mengatakan bahwa COVID-19 merupakan ketidakpastian baru yang bisa memengaruhi aktivitas ekonomi di Indonesia. Terlebih posisi Indonesia dan China sangat strategis, yaitu mitra dagang.

Sehingga jika perekonomian China terganggu, maka perekenomian di Indonesia akan merasakan dampaknya. Oleh karenanya, perlu dilakukan langkah antisipasi dari berbagai pihak agar bisa mencegah virus corona tidak memengaruhi sektor Indonesia.

Kawasan Industri sebagai wadah utama keberlangsungan akitifitas industrialisasi menjadi area yang perlu diperhatikan baik dari segi kemanan dan kenyamanannya demi keberlangsungan investasi yang saat ini sedang gencar ditingkatkan oleh pemerintah Indonesia.

Jababeka Infrastruktur selaku pengelola Kawasan Industri Jababeka (KIJA) bekerja sama dengan dinas kesehatan, Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia, dan President Medical Center mengadakan sosialisasi pencegahan penyebaran COVID-19.

Acara yang digagas oleh Founder dan Chairman Jababeka Group , SD Darmono ini dimaksudkan untuk mengedukasi para pelaku industri dimana terdapat kurang lebih 1000 WNA dari berbagai multinational company yang ada di Kawasan Industri Jababeka.

“Tujuan dari acara sosialisasi ini tak lain kita ingin mengedukasi para tenant kami, sehingga bisa mencegah virus Corona sejak dini dan agar tidak panik. Sehingga produktivitas perusahaan tetap terjaga dan berjalan dengan baik,” ungkap Endy Arief Budyanto, General Manager Operational PT. Jababeka Infrastruktur , di President Executive Club, Cikarang, Rabu (4/3/2020).

Adapun acara cara sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan dari beragam multinational company yang ada di Jababeka, perusahaan yang bergerak di bidang hospitality, dan perwakilan pengelola residence di Jababeka.

Dimoderatori oleh dr. Ayu Ningtyas dari President Medical Center, sosialisasi ini menghadirkan dr. Ahmad Widiatmoko SpP yang merupakan Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Paru di Indonesia dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi yakni dr. Irfan Maulana MKK selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit sebagai narasumber. 

Dalam pemaparannya dokter Ahmad mengajarkan bagaimana cara kita untuk bisa menekan penyebaran COVID-19 agar tidak menjadi penyakit yang membawa kepanikan. Selain itu, dijelaskan pula oleh dokter Irfan tentang langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah dalam pencegahan penyakit berbahya tersebut.

“Sosialisasi ini juga melibatkan beberapa Rumah Sakit yang berkontribusi demi berlangsungnya acara, beberapa rumah sakit tersebut adalah RS Cikarang Medika; RS Mitra Keluarga Cikarang; dan RS Permata Keluarga. Terima kasih atas support-nya terhadap acara ini,” tutup Endy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Anies Baswedan

Kamis, 24 September 2020 - 18:05 WIB

Sah! Anies Resmi Perpanjang PSBB Jakarta Hingga 11 Oktober 2020

Pemprov DKI Jakarta mantap memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta hingga 11 Oktober 2020, mengingat jumlah kasus positif Covid-19 masih menanjak.

Dua Bulan Lagi Kompetisi Liga 1 dan 2 Kembali Berlangsung

Kamis, 24 September 2020 - 18:00 WIB

IPW Beda Pendapat dengan Ketum PSSI Terkait Penyelenggaraan Liga 1 dan 2

Polri diimbau agar tidak memberi ijin pelaksanaan pertandingan sepakbola Liga 1 dan 2. Sebab pandemi Covid 19 saat ini makin menyalak, sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan banyaknya klaster…

PT Taspen (Persero)

Kamis, 24 September 2020 - 17:54 WIB

Taspen Buka 21 Lowongan Kerja Untuk Lulusan SLTA Hingga S2, Ini Posisi yang Ditawarkan

Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia yang bergerak di bidang asuransi Tabungan Hari Tua (THT) dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat negara, PT Taspen (Persero)…

Presiden Joko Widodo

Kamis, 24 September 2020 - 17:45 WIB

Lagi-lagi Jokowi Semprot Sejumlah Menterinya, Ada Apa?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menterinya tidak membuat program masing-masing. Ia mengatakan, program harus dibuat berintegritas antara kementerian satu dengan kementerian lainnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 24 September 2020 - 17:30 WIB

Cegah Kluster Industri, Menperin Agus Minta Asosiasi dan Penggelola KI Pantau Aktivitas Pekerja di Luar Pabrik

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta kepada asosiasi dan pelaku industri serta pengelola kawasan industri (KI) untuk terus menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerjanya…