PTBA Ditunjuk Kelola Tambang PT Gunung Bara Utama Milik Heru Hidayat Tersangka Jiwasraya

Oleh : Candra Mata | Selasa, 03 Maret 2020 - 16:40 WIB

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)
Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian BUMN resmi menetapkan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) sebagai pihak yang mengelola PT Gunung Bara Utama, tambang batu bara milik Heru Hidayat tersangka kasus Jiwasraya.

Pengelolaan tambang itu telah diserahkan oleh Kejagung kepada Kementerian BUMN.

Dilansir dari Kantor berita Antara Rabu(3/3/2020), bahwa tambang batu bara tersebut berlokasi di kawasan Kutai, Kalimantan Timur. 

Dalam data dari Kementerian ESDM dalam MODI Dashboard, menyebutkan PT Gunung Bara Utama beralamat di the Manhattan Square Mid Tower Lt.12 Unit C-f Suite S-02, Jl. Tb Simatupang Kav.1-s Rt 008/rw 003, Kel Cilandak Timur Kec Pasar Minggu Kota Administrasi Jakarta Selatan Kodya Jakarta Selatan - DKI Jakarta, untuk kantor pusatnya.

Tidak tercantum nama Heru Hidayat sebagai pemiliknya, hanya tercantum nama Johan Siboney Hondojono sebagai direktur. Pemilik saham juga tidak tersedia dalam data base tersebut.

Tanggal akta PT tercatat dibuat pada 31 Agustus 2017. Namun, Heru Hidayat disinyalir memiliki tambang emas dengan atas nama PT Batutua Waykanan Minerals (BWKM).

Dari data yang dihimpun, bahwa BWKM memiliki beberapa pemegang saham yaitu Gabriel Imanuel Mbatemooy 0,49 persen, Henry Wilsam Mbatrmooy 0,12 persen, PT Mitta Mata Ahli 0,28 persen, PT Kalimantan Pancar Sejati 60 persen, dan Mata Development Limited 39,10 persen.

Sedangkan pembagian jabatan adalah Christopher Ben Farmer sebagai Direktur, Gabriel Imanuel Mbatemooy sebagai Direktur Utama, Herdiane Verasmy Mbatemooy senbagai Komisaris Utama dan Raden Bernadin tercatat juga sebagai Direktur. 

Izin perusahaan tercatat 540/11.720/KEP/11.07/2016 dengan mulai berlaku pada 11 Maret 2015.

Sebelumnya, pada Jumat (28/2) Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan bahwa telah menunjuk PT Bukit Asam untuk mengelola PT Gunung Bara Utama, tambang batu bara milik salah satu tersangka kasus Jiwasraya yakni Heru Hidayat yang disita oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

"Itu merupakan salah satu aset yang menurut Kejagung hasil dari Jiwasraya. Jadi kami mulai masuk ke perusahaan tambang ini dan menunjuk PT Bukit Asam untuk mengelolanya," ujar Arya.

Sementara itu, Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin membenarkan pihaknya mendapat penugasan untuk mengelola Gunung Bara Utama.

"Tambang itu masih berperkara di Kejaksaan Agung. Kementerian BUMN dan Kejagung meminta kami untuk mengawasi tambang tersebut sampai ada putusan hukum yang berkekuatan tetap," ujar Arviyan. PTBA secara kajian, katanya, PT Bukit Asam sudah mempelajari tambang batu bara tersebut. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir (Jawapos)

Senin, 06 April 2020 - 06:00 WIB

Menteri BUMN Petakan Langkah Strategis Jaga Perekonomian di Tengah Pandemi

Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen menjaga daya tahan BUMN dalam menghadapi dampak ekonomi dari adanya Covid-19. Erick tak menampik pandemi Covid-19 juga akan berimbas pada kinerja perusahaan-perusahaan…

Gerakan Pembersihan Pesantren dan Sekolah Dimulai

Senin, 06 April 2020 - 05:45 WIB

Gerakan Pembersihan Pesantren dan Sekolah Dimulai

Gerakan pembersihan dan penyemprotann disinfektan di sejumlah pesantren, sekolah, dan rumah ibadah dimulai. Ini sesuai dengan arahan Wakil Presiden Republik Indoneisa, Prof Dr KH Ma'ruf Amin.

Pernikahan (Foto Dok Ist)

Senin, 06 April 2020 - 05:30 WIB

2.427 Calon Pengantin Daftar Nikah Lewat Online

Kasubdit Mutu Sarana Prasana dan Sistem Informasi KUA Ditjen Bimas Islam, Anwar Saadi, mengatakan bahwa sampai sore ini, lebih 2.400 catin yang mendaftar.

Menteri Agama Fachrul Razi

Senin, 06 April 2020 - 05:30 WIB

Menag Minta Dilakukan Percepatan Pembayaran dan Pendistribusian Zakat

"Saya sudah siapkan edaran untuk pimpinan Baznas, pusat hingga daerah, LAZ, Forum Zakat, BWI, dan LKS-PWU. Saya minta mereka melakukan percepatan pembayaran dan pendistribusian zakat, serta…

Kasdim 1707/Merauke Tinjau Pembangunan TMMD Ke-107 di Kampung Epem

Senin, 06 April 2020 - 04:45 WIB

Kasdim 1707/Merauke Tinjau Pembangunan TMMD Ke-107 di Kampung Epem

Kepala Staf Kodim 1707/Merauke Mayor Inf Abdul Hadi S.Sos melaksanakan peninjauan pembangunan rumah masyarakat di Kampung Epem, Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, yang sedang…