Java Jazz Festival 2020 Tunjukkan Besarnya Potensi Ekonomi Kreatif Indonesia

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 29 Februari 2020 - 21:30 WIB

Konser Java Jazz BNI 2020
Konser Java Jazz BNI 2020

INDUSTRY co.idJakarta, Penampilan deretan musisi lokal dan internasional serta antusiasme tinggi penonton Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2020 menunjukkan betapa besarnya potensi ekonomi kreatif di Indonesia, dalam hal ini musik sebagai satu dari 17 sub sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

BNI Java Jazz Festival 2020 resmi dimulai pada Jumat (28/2/2020) di JiExpo Kemayoran Jakarta. Di hari pertama gelaran ini tampil deretan musisi baik lokal maupun internasional. Anov Blues One featuring PS Crew dan "Avo Indobeatbox" menjadi penampil pembuka.

Selanjutnya ada penampilan dari Rizky Febian, Anomalie, Jamie Aditya serta Bruno Major.

Bruno Major yang merupakan penyanyi, penulis lagu dan gitaris asal Inggris mengapresiasi gelaran Java Jazz Festival. Ia merasa beruntung karena melalui sektor ekonomi kreatif, dalam hal ini musik, ia bisa berkunjung dan tampil di Indonesia.

"Lagu (musik) adalah alasan saya diundang ke Jakarta," ujar Bruno Major dari atas panggung.

Selain Bruno Major, musisi internasional yang hadir kemarin adalah Ron King Big Band yang selalu tampil di setiap tahun gelaran Java Jazz Festival.

Sementara komposer kawakan tanah air, Erwin Gutawa juga mendukung gelaran Java Jazz Festival yang konsisten di setiap tahunnya. 

Tadi malam, Erwin Gutawa menghadirkan suguhan spesial bertajuk "Chrisye Live by Erwin Gutawa with Special Guest Gerald Situmorang'. Java Jazz Festival menjadi ruang bagi pelaku ekonomi kreatif untuk berkarya sekaligus menjaga keberlangsungan industri ekonomi kreatif.

"Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Java Jazz Festival 2020 yang telah memberikan panggung untuk kami tampil. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung yang telah hadir untuk bersenang-senang dan bernostalgia. Terima kasih sudah mendukung musik Indonesia," ujar Erwin Gutawa.

Tidak ketinggalan penyanyi Isyana Sarasvati yang tadi malam sangat bahagia karena mendapat respons atas album terbarunya, 'Lexicon'. Isyana tampil sebagai pamungkas di hari pertama Java Jazz Festival 2020.

"Album ini sangat berarti bagi saya, karena ini adalah perjalanan episode hidup saya yang akhirnya bisa saya rampungkan dalam Lexicon," kata dia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengapresiasi perjalanan panjang Java Jazz Festival yang sudah berlangsung sejak tahun 2005.

"Selamat kepada tim Java Jazz yang sudah setia selama 15 tahun mempersembahkan event musik jazz yang mendatangkan penikmat musik tak hanya dari dalam tapi juga luar negeri," ujar Wishnutama.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dokter Reisa Tim Komunikasi Covid-19

Sabtu, 19 September 2020 - 11:48 WIB

Pecahkan Rekor, Indonesia Cetak 4.088 Pasien Sembuh Perhari, Reisa: Kompak dan Disiplin Yuk Tegakkan 3 M, Kita Bisa!

Indonesia mencatat rekor baru penambahan kasus pasien sembuh harian Covid-19 tertinggi sejak kasus pertama di umumkan Presiden Joko Widodo pada Maret lalu.  "Saat ini angka kesembuhan menembus…

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso

Sabtu, 19 September 2020 - 11:41 WIB

Peran Sektor Jasa Keuangan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Ekonomi adalah sektor yang terpukul paling keras. Demi mengurangi dampak, pemerintah membuat program pemulihan ekonomi nasional yang ditetapkan dalam peraturan pemerintah no Peraturan Pemerintah…

Ilustrasi Migas

Sabtu, 19 September 2020 - 11:25 WIB

SKK Migas Sudah Tidak Ideal, Komisi VII Dorong Pertamina Jadi BUMN Khusus Pelaksana Migas  

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto meminta Pemerintah segera mengkonsolidasikan diri untuk merevisi Undang-Undang (UU) Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi (Migas).  Mengingat sebelumnya…

Rp24,3 Milyar dari Pemerintah untuk Korban Tsunami Sulteng

Sabtu, 19 September 2020 - 11:21 WIB

Rp24,3 Milyar dari Pemerintah untuk Korban Tsunami Sulteng

Pada penyaluran tahap terakhir ini, Kemensos menyerahkan santunan senilai Rp 24,3 milyar kepada 1.620 ahli waris korban meninggal dunia dengan nilai masing-masing sebesar Rp15 Juta.

Windy Cahyaning Wulan (Business Executive Officer Business Unit Dairy Nestlé Indonesia)

Sabtu, 19 September 2020 - 11:15 WIB

Nestlé Hadirkan Nestlé Ideal

Nestlé menghadirkan NESTLÉ IDEAL minuman berfortifikasi zat gizi mikro yang tinggi kalsium, tinggi zat besi, serta zink, dan Vitamin A, C, D dengan harga yang terjangkau untuk membantu mencukupi…