Java Jazz Festival 2020 Tunjukkan Besarnya Potensi Ekonomi Kreatif Indonesia

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 29 Februari 2020 - 21:30 WIB

Konser Java Jazz BNI 2020
Konser Java Jazz BNI 2020

INDUSTRY co.idJakarta, Penampilan deretan musisi lokal dan internasional serta antusiasme tinggi penonton Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2020 menunjukkan betapa besarnya potensi ekonomi kreatif di Indonesia, dalam hal ini musik sebagai satu dari 17 sub sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

BNI Java Jazz Festival 2020 resmi dimulai pada Jumat (28/2/2020) di JiExpo Kemayoran Jakarta. Di hari pertama gelaran ini tampil deretan musisi baik lokal maupun internasional. Anov Blues One featuring PS Crew dan "Avo Indobeatbox" menjadi penampil pembuka.

Selanjutnya ada penampilan dari Rizky Febian, Anomalie, Jamie Aditya serta Bruno Major.

Bruno Major yang merupakan penyanyi, penulis lagu dan gitaris asal Inggris mengapresiasi gelaran Java Jazz Festival. Ia merasa beruntung karena melalui sektor ekonomi kreatif, dalam hal ini musik, ia bisa berkunjung dan tampil di Indonesia.

"Lagu (musik) adalah alasan saya diundang ke Jakarta," ujar Bruno Major dari atas panggung.

Selain Bruno Major, musisi internasional yang hadir kemarin adalah Ron King Big Band yang selalu tampil di setiap tahun gelaran Java Jazz Festival.

Sementara komposer kawakan tanah air, Erwin Gutawa juga mendukung gelaran Java Jazz Festival yang konsisten di setiap tahunnya. 

Tadi malam, Erwin Gutawa menghadirkan suguhan spesial bertajuk "Chrisye Live by Erwin Gutawa with Special Guest Gerald Situmorang'. Java Jazz Festival menjadi ruang bagi pelaku ekonomi kreatif untuk berkarya sekaligus menjaga keberlangsungan industri ekonomi kreatif.

"Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Java Jazz Festival 2020 yang telah memberikan panggung untuk kami tampil. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung yang telah hadir untuk bersenang-senang dan bernostalgia. Terima kasih sudah mendukung musik Indonesia," ujar Erwin Gutawa.

Tidak ketinggalan penyanyi Isyana Sarasvati yang tadi malam sangat bahagia karena mendapat respons atas album terbarunya, 'Lexicon'. Isyana tampil sebagai pamungkas di hari pertama Java Jazz Festival 2020.

"Album ini sangat berarti bagi saya, karena ini adalah perjalanan episode hidup saya yang akhirnya bisa saya rampungkan dalam Lexicon," kata dia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengapresiasi perjalanan panjang Java Jazz Festival yang sudah berlangsung sejak tahun 2005.

"Selamat kepada tim Java Jazz yang sudah setia selama 15 tahun mempersembahkan event musik jazz yang mendatangkan penikmat musik tak hanya dari dalam tapi juga luar negeri," ujar Wishnutama.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Surat Himbauan Menunda Mudik Dari Gubernur Sumbar

Minggu, 05 April 2020 - 05:32 WIB

Tulis Surat Kepada Perantau Minangkabau Terkait Covid-19, Gubernur Sumbar: Dunsanak Kami Dimanapun Berada, Mohon Tunda Rencana Pulang Kampung

"Sekali lagi kami mengimbau untuk para perantau Bapak/Ibu/Sdr-i, dan dunsanak kami dimanapun berada, untuk menunda rencana kepulangan ke kampung halaman," tutup Irwan Prayitno.

Upaya Kamla Zona Maritim Tengah Cegah Penyebaran COVID-19 di Sulut

Minggu, 05 April 2020 - 04:40 WIB

Upaya Kamla Zona Maritim Tengah Cegah Penyebaran COVID-19 di Sulut

Virus Corona (COVID-19), Kamla Zona Maritim Tengah meningkatkan pengawasan terhadap personel Bakamla RI sebagai tindakan preventif penyebaran virus corona di wilayah kerja Sulawesi Utara, Sabtu…

Prajurit Pamtas Yonif 411 Kostrad Bantu Warga Bangun Mushola

Minggu, 05 April 2020 - 04:20 WIB

Prajurit Pamtas Yonif 411 Kostrad Bantu Warga Bangun Mushola

Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas…

Kepala Bakamla RI Lakdsya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

Minggu, 05 April 2020 - 04:00 WIB

Pelaporan Korps Kenaikan Pangkat di Bakamla RI Berlangsung Secara Vidcon

Lima Perwira Menengah (Pamen) Bakamla RI mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Letkol menjadi Kolonel. Adapun pelaksanaan laporan kenaikan pangkat berlangsung sederhana dengan…

Merauke Bersatu Lawan Corona, Ribuan Liter Disinfektan Disemprotkan

Minggu, 05 April 2020 - 03:40 WIB

Merauke Bersatu Lawan Coron Ribuan Liter Disinfektan Disemprotkan

Percepatan Penanganan Covid-19 Merauke melakukan penyemprotan ribuan liter cairan disinfektan di wilayah perbatasan RI-PNG tepatnya di PLBN Sota, Kampung Sota, Distrik Sota.