Dubai Port Tertarik Kembangkan Pelabuhan Baru Ambon

Oleh : Hariyanto | Selasa, 25 Februari 2020 - 19:05 WIB

Pelabuhan , ilustrasi bongkar muat barang
Pelabuhan , ilustrasi bongkar muat barang

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Farid Padang mengatakan Dubai Port tertarik melakukan kerja sama dengan pihaknya untuk mengembangkan Ambon New Port yang didesain dengan konsep Integrated Port Industri di lokasi Tulehu dan Waai Maluku Tengah.

“Konsep itu kami (Pelindo IV) bahas di Kementerian BUMN pada Jumat (21 Februari 2020) bersama Wakil Menteri II BUMN dan pihak Dubai Port. Saat itu pihak [Dubai Port] menyatakan tertarik untuk mengembangkan Pelabuhan Ambon bersama Pelindo IV,” jelas Farid melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Selasa (25/2/2020).

Menurutnya selain Pelabuhan Waai Tulehu, Dubai Port juga berminat untuk bekerjasama dengan Pelindo IV mengembangkan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon yang eksisting. Dia menyatakan bahwa semua proses kerja sama yang akan dilakukan nanti tetap akan melalui Pelindo IV.

Untuk diketahui, Pelindo IV sendiri sudah melakukan pengembangan Pelabuhan Ambon menggunakan anggaran Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp104 miliar untuk melakukan reklamasi dan CY, serta pengadaan 2 unit alat RTG dan 1 unit alat CC.

“Kami juga telah melakukan peningkatan kapasitas lapangan penumpukan sebesar 100%, yakni dari 100.000 TEUs menjadi 200.000 TEUs,” ujarnya. 

Sementara itu, pihak Dubai Port menyatakan ketertarikannya untuk ikut melakukan pengelolaan Pelabuhan Ambon melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi usai bertemu dengan pihak Dubai Port di Jakarta, Jumat (21/2/2020) lalu.

“Saya sudah ketemu dengan pihak Dubai Port. Saya menawarkan beberapa tempat, salah satunya di Ambon. Kami juga sedang melakukan studi dengan Bank Dunia, terkait pelabuhan khusus konsolidasi ikan di sana,” kata Menhub Budi Karya.

Budi Karya mengatakan, tujuan dari penawaran tersebut adalah untuk memperkuat peran pelabuhan-pelabuhan dalam negeri itu sendiri. Sekaligus mengurangi beban APBN dengan adanya transfer dana dan pengetahuan dari swasta yang berpengalaman.

Selain menawarkan Pelabuhan Ambon, Menhub juga menawarkan beberapa pelabuhan lainnya di Indonesia. Namun menurutnya, perusahaan asal Dubai, Uni Emirates Arab tersebut lebih tertarik untuk melakukan kerja sama pengelolaan Pelabuhan Ambon. “Tapi Dubai Port lebih tertarik dengan yang di Ambon,” ucapnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Indonesia bersama Dubai Port sudah menjalin kerja sama serupa di Kawasan Industri Gresik, Jawa Timur. Kerja sama itu dijalin Dubai Port bersama Maspion Group untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai terminal petikemas nasional.

Komitmen tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara PT Pelabuhan Indonesia Maspion dan DP World Asia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada sekitar Juli 2019 lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.