12 Putra-Putri Papua Jalani Program Induksi di Pupuk Indonesia

Oleh : Herry Barus | Selasa, 25 Februari 2020 - 12:00 WIB

12 Putra-Putri Papua Jalani Program Induksi di Pupuk Indonesia
12 Putra-Putri Papua Jalani Program Induksi di Pupuk Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sebanyak 12 putra-putri Papua mengikuti program induksi perekrutan di PT Pupuk Indonesia (Persero). Program induksi ini merupakan rangkaian dari Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN untuk putra-putri Papua dan Papua Barat yang digelar Kementerian BUMN, berkolaborasi dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Program ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo pada September 2019 lalu, dimana Presiden memandatkan agar dilaksanakan perekrutan tenaga kerja putra-putri terbaik Papua dan Papua Barat untuk ditempatkan di wilayah kerja BUMN di seluruh Indonesia.

Tujuannya untuk mendukung pemerataan kesempatan kerja bagi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Tercatat, ada 522 putra-putri Papua dan Papua Barat yang saat ini tengah mengikuti pembekalan kerja. Nantinya semua peserta akan dipekerjaakan pada 38 BUMN.

Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana mengatakan, 12 putra-putri terpilih ini akan mengikuti program induksi di Kantor Pupuk Indonesia selama kurang lebih 10 hari dengan kurikulum atau materi-materi untuk kebutuhan kompetensi. Program Induksi sendiri merupakan program pematangan calon karyawan untuk dapat memulai bekerja di dunia praktis. Sebelumnya, para kandidat juga telah melewati tahapan program Bimbingan Fisik dan disiplin di Bela Negara di Pusat Pendidikan Zeni TNI – Ad Bogor, Jawa Barat.

“Mereka akan dibekali wawasan seputar perusahaan, tugas, hingga industri pupuk secara umum. Lewat induksi ini Kami ingin membentuk talenta-talenta terbaik asal Papua ini menjadi insan BUMN yang berkarakter, berintegritas dan berdaya saing,” kata Wijaya disela acara Pembukaan Program Induksi Perekrutan Putra-Putri Papua dan Papua Barat, di Kantor PT Pupuk Indonesia, Senin (24/2/2020).

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia, Imam A. Putro, Direktur SDM dan Tata Kelola Winardi, Direktur Transformasi Nugroho Christijanto, dan Direktur Investasi Gusrizal.

Wijaya menambahkan, setelah para perserta rekrutmen melalui program induksi, akan dilanjutkan dengan penempatan kerja di beberapa anggota holding Pupuk Indonesia Grup, seperti PT Pupuk Kaltim, PT Pupuk Sriwidjaja, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kujang Cikampek, dan PT Rekayasa Industri.

“Mereka akan dilibatkan dalam proses bisnis di perusahaan Anggota Holding, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk belajar terkait proses bisnis dan budaya perusahaan. Sehingga ke-12 Putra-Putri terbaik Papua yang kita rekrut bisa turut memberikan kontribusi dan kinerja terbaik sesuai dengan penempatan perusahaan untuk kemajuan negeri,” ungkapnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Senin, 16 Mei 2022 - 17:42 WIB

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Mantan politikus PDIP dan Menteri BUMN Kabinet Gotong Royong, Laksamana Sukardi (LS), menggandeng seniman Harry Tjahjono untuk membuat konten youtube ramah anak.

Destinasi Wisata Cicalengka Dreamland, Bandung, Jawa Barat ( Instagram/@pianpian)

Senin, 16 Mei 2022 - 17:30 WIB

Genjot Pariwisata, Bandung Harus Punya Ciri Khas Sebagai Kota Wisata

Salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut sejumlah tempat wisata yang ada di Ibu Kota Jawa Barat itu perlu memiliki ciri khas yang…

Petugas memeriksa kesehatan mulut Sapi

Senin, 16 Mei 2022 - 16:51 WIB

Untuk Kurban, HPDKI Persiapkan Ternaknya Aman dan Sehat dari PMK

Terkait dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di beberapa kabupaten di Jawa Timur dan di Aceh, Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) gerak cepat mengkoordinasikan seluruh…

Perancis Hapus Pajak Progresif, CPO Dalam Negeri Naik

Senin, 16 Mei 2022 - 16:50 WIB

Para pemangku Kelapa Sawit Desak Pemerintah Evaluasi Larangan CPO dan produk turunannya

Jakarta – Sejumlah indikator makro ekonomi Indonesia melemah pada periode April dan Mei tahun ini. Cadangan devisa nasional turun dan nilai tukar rupiah mulai melemah terhadap dolar AS.

Sarhunta Borobudur

Senin, 16 Mei 2022 - 15:22 WIB

Perayaan Waisak 2022, Kementerian PUPR Siapkan Sarhunta Borobudur untuk Wisatawan

Memasuki dua tahun masa Pandemi Covid-19, sektor pariwisata yang sempat mati suri kini kembali bergeliat. Pemerintah meyakini sektor pariwisata sebagai salah satu sektor strategis untuk mendukung…