Rakernas BPP Hipmi 2017 Bahas Tingginya Disparitas Dunia Usaha

Oleh : Herry Barus | Jumat, 24 Maret 2017 - 20:02 WIB

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi), Bahlil Lahadalia (nahimunkar)
Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi), Bahlil Lahadalia (nahimunkar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Masih terjadi tingginya disparitas dunia usaha yang berdampak langsung dunia usaha, sangat dirasakan oleh pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Himpi). Kendala lain yang dihadapi seperti terjadinya ketimpangan pembangunan antara wilayah.

Sejumlah kendala dalam menjalankan usaha, agak  didiskusikan dalam Rapat Kerja Nasional Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) di Jakarta Senin (27/3/2017).  Rakernas kali ini mengangkat tema: Economic Revolution: Berkeadilan dan berkelanjutan. 

“Situasi politik dan ekonomi yang terjadi belakangan ini sangat berdampak pada dunia usaha, itu sangat kita rasakan. Dari Rakernas ini kami akan membahas perkembangan perekonomian dan dunia usaha.  Juga persoalan disparitas pelaku dunia usaha, masalah kedaulatan energy, daya saing usaha kecil menengah, ketimpangan pembangunan antara wilayah, deindustrilaisasi, serta berbagai kebijakan yang diharapkan berpihak kepada pelaku usaha lokal dan daerah,” ujar Ketua Umum DPP Hipmi Bahlil Lahadalia, Kamis (23/3/2017).

Dalam kesempatan itu juga Bahlil Lahadalia mengungkapkan terkait disaritas dunia udaha, pihaknya tetap mendukung penguatan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sesuai amanat Undang-Undang  (UU) No 5 thn 1999. Sebab itu Hipmi tidak mendukung uji materi(Judicial Review) atas UU tersebut ke Mahkamah Konstitusi.

 “Penguatan KPPU diperlukan guna mencegak disparitas yang terlalu besar di dalam dunia usaha itu sendiri. Disparitas anatara pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) , hingga usaha besar di Tanah  sangat besar,”  tegas Bahlil Lahadalia.

Sejumlah Menteri dan kalangan pengusaha sukses akan memberikan arahannya dalam Rakernas ini, diantaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, wakil  Menteri ESDM Archandra Tahar. Rakernas BPP Himpi akan dihadiri 1500 Pengurus dari 34 Badan Pengurus Daerah se-Indonesia.

“Hasil diskusi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam dunia industri saat ini, untuk selanjutnya kami akan sampaikan ke Pemerintah sebagai bentuk rekomendasi agar ke depannya dunia usaha menjadi lebih baik, “ lanjut Bahlil Lahadalia penuh harap.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Investasi Bodong (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 00:11 WIB

Catat Ya! Jadi Korban Investasi Bodong, Nasabah Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta - Kasus dugaan dana nasabah hilang di rekening tabungan PT Bank Tabungan Negara Tbk menarik perhatian publik.

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.