Kominfo Imbau Penyelenggara Pos Antisipasi Penyebaran Virus Corona melalui Barang Kiriman Pos

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 15 Februari 2020 - 11:36 WIB

Kemen Kominfo
Kemen Kominfo

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Direktorat Pos Kementerian Kominfo, mengimbau kepada penyelenggara pos agar mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Novel Coronavirus (Covid -19) melalui pengiriman barang.

Imbauan tersebut disampaikan kepada pimpinan Pos Indonesia, DPP Asperindo serta para pimpinan atau penanggung Jawab penyelenggaraan pos berdasarkan Surat tertanggal 10 Februari 2020 yang ditandatangani oleh Direktur Pos Ikhsan Baidirus.

“Imbauan tersebut berdasarkan tembusan bersama antara Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo, Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan,

Kepala Badan Karantina serta Plt. Direktur Pengendalian Pos dan Informatika, “ujar Ferdinandus Setu Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Sabtu (15/2/2020)

Direktorat Pos mengajak penyelenggara pos untuk memperhatikan perkembangan yang sangat cepat dari kasus virus Corona yang terjadi sejak Bulan Desember 2019 sampai saat ini. Dalam rangka antisipasi penyebarannya melalui barang kiriman pos, Direktorat Pos juga sampaikan beberapa hal penting.

Penyelenggara Pos diharapakan melakukan identifikasi yang dibutuhkan terhadap barang-barang kiriman pos, khususnya dari Tiongkok dan Hongkong, serta negara-negara yang telah terdampak Novel Coronavirus. Dalam kegiatan operasional, khususnya barang kiriman impor agar menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Direktorat Pos Kementerian Kominfo juga meminta penyelenggara Pos untuk tidak melakukan pengiriman barang yang telah dilarang berdasarkan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian dan Lembaga-Lembaga Pemerintah terkait dengan antisipasi penyebaran novel coronavirus.

Penyelenggara Pos juga dapat melaporkan kepada Badan Karantina, Bea dan Cukai serta instansi Pemerintah lainnya yang berwenang apabila ditemukenali potensi jenis risiko penularan melalui barang, terutama jenis barang yang dapat menjadi media pembawa penyebaran Novel Coronavirus.

Kementerian Kominfo juga mengharapkan seluruh Penyelenggara Pos untuk terus berpartisipasi aktif mencegah penyebaran Novel Coronavirus atau Covid-19 agar tidak masuk ke Indonesia, terutama melalui kiriman barang.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar di Sumatera Barat

Rabu, 26 Februari 2020 - 18:03 WIB

Dukung Ekonomi Kerakyatan, Kementerian PUPR Bangun Dua Pasar di Sumatera Barat

Pasar Atas Kota Bukittinggi mengalami kebakaran hebat pada 30 Oktober 2017 lalu yang menyebabkan hilangnya 1.000 lebih kios pedagang di gedung tiga lantai.

PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI)

Rabu, 26 Februari 2020 - 18:00 WIB

Multi Bintang Indonesia Kembali Raih Sustainable Business Awards

Multi Bintang Indonesia kembali menerima penghargaan tahunan Sustainable Business Awards (SBA) untuk kelima kalinya secara berturut-turut.

SBA Indonesia 01 (Presiden Direktur, Umesh Phadke dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa)

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:57 WIB

L’Oréal Indonesia Terima Penghargaan Kinerja Holistik Terbaik dan Pengakuan Khusus Manajemen Air

L’Oréal Indonesia dengan bangga menerima dua penghargaan Sustainable Business Award Indonesia dalam kategori Pengakuan Khusus pada Manajemen Air (Special Recognition in Water Management)…

Direksi PT Future Pipe, Fadel Muhammad Wakil Ketua MPR dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:51 WIB

Future Pipe Industries Ekspor Pipa Fiberglass Senilai US$20 Juta

Pemerintah fokus memacu sektor industri agar lebih gencar meningkatkan nilai investasi dan ekspornya. Upaya ini diyakini mampu mendorong penguatan daya saing sektor manufaktur dan struktur ekonomi…

Coding Bee Academy

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:33 WIB

K12 Computer Science Education Fair 2020, Ajang Pendidikan Untuk Memajukan Pembelajaran Coding di Indonesia

Dalam rangka memperluas akses pembelajaran coding di Indonesia, Coding Bee Academy, sekolah coding khusus untuk anak berusia 5-17 tahun, bersama dengan BPK Penabur Jakarta menyelenggarakan acara…