Hari Raya Nyepi, Jasamarga Bali akan Tutup Operasional Tol Bali Mandara 32 Jam

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 23 Maret 2017 - 16:12 WIB

Jasa Marga
Jasa Marga

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Jasamarga Bali Tol, pengelola ruas Tol Bali Mandara, akan menutup pengoperasian tol tol tersebut selama 32 jam mulai pukul 23.00 WITA pada Senin (27/03/2017) hingga pukul 07.00 WITA pada Rabu (29/03/2017). Penutupan itu dilaksanakan bertepatan dengan Hari Raya Nyepi.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami menutup tol untuk menghormati Hari Raya Nyepi yang sekaligus merupakan kearifan lokal masyarakat,” ujar Akhmad Tito Karim, Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, dalam keterangan tertulis yang dipublikasikan di Denpasar, Bali, Kamis (23/03/2017).

Tito mengemukakan, pendapatan rata-rata yang diperoleh ruas tol tersebut selama 24 jam mencapai Rp350 juta. Dengan demikian, seiring penutupan ruas tol tersebut selama 32 jam, maka potensi pendapatan yang tidak dihitung masuk ke kas Jasamarga Bali Tol dapat mencapai Rp400 juta.

“Itu bukan pendapatan yang hilang. Tetapi itu adalah potensi pendapatan yang tidak dapat dibukukan Jasamarga Bali Tol karena memang khas di Bali dimana Tol Bali Mandara adalah satu-satunya ruas tol di Indonesia yang rutin ditutup setahun sekali,” jelas Tito.

Pengelola ruas tol tersebut juga menjalin kerja sama dengan empat desa adat di sekitar tol yakni Kuta, Tuban, Pesanggaran dan Bualu. “Mereka adalah para pecalang yang akan membantu pengamanan di ruas tol, bersama petugas yang kami siagakan,” tukasnya.

Apabila ada masyarakat dalam kondisi darurat seperti sakit atau pemadam kebakaran, pengelola tol akan membuka tol tersebut dan tidak dikenakan biaya. Pembukaan sementara ruas tol tersebut akan dibantu oleh petugas pecalang.

Sementara itu, Ahmad Izzi, Kepala Divisi Operasi Jasamarga Bali Tol, menginformasikan, bahwa untuk mendukung kegiatan masyarakat yang akan melaksanakan ritual “Melasti” atau penyucian simbol dan sarana upacara menjelang Nyepi di Teluk Benoa, pihaknya menyiapkan pengaturan lalu lintas dari perempatan Pesanggaran ke arah Pelabuhan Benoa hingga ke pantai.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian dan pecalang untuk menutup sementara akses jalan ke Pelabuhan Benoa pada Minggu (26/03/2017) dari pukul 06.00 hingga 14.00 WITA. “Jadi jalan akses Pelabuhan Benoa dari Depo Pertamina sampai lokasi melasti akan dipakai khusus masyarakat yang akan melaksanakan melasti. Sedangkan jalur sebaliknya yang ke arah Pesanggaran akan difungsikan untuk dua arah,” pungkas Izzi.***

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.