Dankormar Hadiri Rapim TNI 2020

Oleh : Herry Barus | Kamis, 30 Januari 2020 - 05:00 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)
Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)., menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Tahun 2020 di GOR Ahmad Yani Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI),  Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (29/01/2020).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P.  yang didampingi oleh Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., dan Waksad Letjen TNI Tatang Sulaiman.

Rapim yang dihadiri oleh 269 peserta yang terdiri dari 4 pimpinan TNI, 58 pejabat Mabes TNI, 44 TNI AD, 42 TNI AL, 28 TNI AU, dan 78 pejabat non struktural TNI, mengambil tema "Membangun TNI yang Kuat, Unggul, Maju dan Mandiri Guna Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Pokok".

Dalam amanatnya Panglima TNI, menyampaikan perihal pengembangan organisasi baru di TNI. Pengembangan ini merupakan tantangan bagi TNI agar lebih maju sebagai komponen utama pertahanan. "Pada kegiatan Rapim ini akan dilaksanakan tindak lanjut perkembangan organisasi TNI antara lain Kogabwilhan, Koopsus TNI, dan Pusat Informasi Maritim (Pusinfomar) TNI, Satuan Siber TNI, dan Satuan TNI Terintegrasi. Pembangunan Kasum TNI melalui organisasi baru dan berbagai pengembangan organisasi di tiap matra jadikan tantangan bagi TNI agar lebih maju untuk mengimplementasikan tugasnya sebagai komponen utama pertahanan," kata Panglima TNI.

Panglima TNI menyampaikan berbagai organisasi baru yang akan dibentuk sebagai upaya TNI untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan gelar operasi TNI di seluruh Indonesia. Selain itu, juga untuk meningkatkan peran serta TNI dalam menanggulangi terorisme.

Rapim ini juga dilaksanakan untuk persiapan menghadapi Pilkada 2020 di 270 kabupaten kota dan PON 2020 di wilayah Papua. "Kerawanan wilayah dan peningkatan suhu politik dapat implikasi konflik di masyarakat. Kita juga harus memonitor pantau dan jaga kesiapsiagaan satuan untuk antisipasi bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi," ungkap Panglima TNI.

Panglima TNI juga berharap, Rapim TNI kali ini bisa berjalan dengan baik sebagai upaya pengoptimalan jalinan komunikasi dan meningkatkan soliditas serta profesionalitas TNI, sehingga dapat optimal mencapai tugas pokok TNI.

Pada Rapim TNI kali ini juga disampaikan beberapa pembekalan atau paparan dari Menkeu dengan topik “Kebijakan Pemerintah dalam Mendukung Anggaran Pertahanan guna Mewujudkan TNI yang Profesional”, Menteri PPN/BAPPENAS dengan topik “ Kebijakan Perencanaan Pemindahan Ibukota Negara dalam Kaitan dengan Aspek Pertahanan”, Ketua BPK dengan topik “Pengelolaan Anggaran yang Akuntabel”, Panglima TNI dengan topik “Pokok-Pokok Kebijakan Panglima TNI dan Penekanan Panglima TNI Tahun 2019”, Kasum TNI dengan topik “Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TNI TA 2019 serta Rencana Penggunaan Kekuatan dan Program/Kegiatn Prioritas TA 2020”, Asrenum Panglima TNI dengan topik “Refleksi Tahun 2019 dan Prioritas Tahun 2020”, Asintel Panglima TNI dengan topik “Tinjauan Program 2019 dan Program 2020 Bidan Intelijen”, Asops Panglima TNI dengan topik “Olah Yudha Operasi Kogabwilhan”, Asrena Kasad dengan topik “Tindak Lanjut Perpres No.66 Tahun 2019 TNI AD”, Asrena Kasal dengan topik “Tindak Lanjut Perpres No,66 Tahun 2019”,  serta Asrena Kasau dengan topik “Validasi Organisasi TNI Angkatan Udara (Sesuai Perpres No.66 Tahun 2019)”.

Sebelumnya, TNI bersama dengan Polri menggelar Rapim TNI-Polri tahun 2020, di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/01/2020). Dalam Rapim TNI dan Polri sekaligus menyatukan kesamaan rencana tindakan kontigensi kejadian tahun 2020.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…