Indonesia Memiliki Pertumbuhan Pasar Seluler Tercepat

Oleh : April Tayson | Jumat, 24 Januari 2020 - 10:30 WIB

April Tayson Direktur Penjualan Adjust Asia Tenggara
April Tayson Direktur Penjualan Adjust Asia Tenggara

INDUSTRY.co.id - Menjadi salah satu dari 10 negara yang paling aktif berinternet di tataran global, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi salah satu pasar yang paling menarik di industri pemasaran seluler. April Tayson, selaku direktur penjualan Adjust untuk Kawasan Asia Tenggara, mengatakan dengan adanya tren otomatisasi di tahun ini, Indonesia telah menjadi saksi sejumlah pertumbuhan besar.

Laporan Global App Trends Adjust menemukan bahwa Indonesia dinobatkan sebagai "pasar dengan pertumbuhan tercepat", dengan peningkatan dua kali lipat terbaik sesudah Brasil. Adjust bekerja dengan aplikasi terkemuka dari Indonesia, termasuk Traveloka dan Netzme, ditambah dengan banyaknya brand Indonesia yang menempatkan fokus pada pengembangan aplikasi, posisi Indonesia dalam ruang pemasaran seluler akan terus meningkat.

Pasar Indonesia masih kuat dalam pengembangan mobile marketing

Dengan adanya tren otomatisasi, secara perlahan akan terjadi kegiatan pemasaran seluler. “Pemasar saat ini menangani sejumlah besar saluran, dan pekerjaan yang terlibat sangat manual - dari mengatur campaign satu per satu di beberapa dasbor jaringan, memanipulasi daftar audiens yang besar di Excel, atau menggabungkan dan bertindak pada sumber data yang berbeda.” ungkap Tayson.

Dengan otomatisasi, pemasar di Indonesia akan dapat beralih dan mengimplementasikan sejumlah campaign sesuai dengan tren yang terjadi. Dengan meningkatkan jumlah kampanye yang dapat dikelola satu orang, hal ini memungkinkan brand yang lebih kecil untuk bersaing dengan perusahaan besar yang memiliki departemen pemasaran besar. Mengurangi alur kerja yang berulang serta memungkinkan tim fokus pada apa yang benar-benar penting bagi mereka, yaitu menciptakan, menyusun strategi, dan mendorong batas untuk mencapai kesuksesan berbisnis.

Hati-hati akan penipuan iklan seluler yang semakin menjadi-jadi

Dengan gencarnya tren mobile marketing hampir di seluruh dunia, Adjust juga berupaya mencegah penipuan iklan seluler (Ad Fraud). Penipuan iklan sudah merugikan sekitar $ 42 miliar dolar tahun lalu, di mana Adjust sudah menolak sekitar 200 juta pemasangan aplikasi palsu yang umumnya berasal dari negara yang pasar ponselnya tumbuh cepat seperti Indonesia. Hal itu membuat pemasar di Indonesia lebih rentan, dan lebih cenderung membuang-buang anggaran mereka.Kenyataannya adalah bahwa solusi pencegahan penipuan adalah satu-satunya cara pasti untuk menghilangkan penipuan. Filter ini secara perlahan meningkatkan beban kerja bagi penipu yang ingin mencuri anggaran iklan sebuah brand, membuat mereka tidak dapat bergerak.

“Di Adjust, kami yakin bahwa transparansi dan edukasi adalah satu-satunya cara untuk membangun kepercayaan dalam ekonomi pemasaran seluler - dan suatu hari nanti kami ingin menyingkirkan penipuan seluler untuk selamanya,” tambah Tayson. “Itulah sebabnya kami membentuk aliansi yang menyatukan para pemimpin industri yang memiliki tujuan bersama: untuk akhirnya beralih dari pelaporan reaktif dan mitigasi ke pencegahan penipuan proaktif.”

Tren fintech ikut mendukung mobile marketer di Indonesia

Dengan berkembangnya tren fintech di Indonesia, terdapat keuntungan bagi pemasar iklan seluler. Pembayaran digital telah memberikan akses bagi mereka yang kurang mampu ke layanan keuangan, hal ini telah menyebabkan peningkatan daya beli, baik offline maupun online.

Evolusi ini sangat penting untuk aplikasi e-commerce. Checkout secara tradisional menjadi titik lemah utama bagi konsumen dan menjadi hambatan ketika sedang membeli sesuatu, seperti harus mendaftarkan akun, atau tidak menawarkan metode pembayaran pilihan, sehingga pengguna membatalkan pembeliannya. Saat ini, integrasi pembayaran berkat fintech telah memberikan pengalaman pengguna yang jauh lebih lancar.

Konten yang dipersonalisasi akan terus berkembang di tahun 2020

Dilihat dari tren yang akan terjadi di tahun 2020 ini, konten yang dipersonalisasi akan tetap menjadi konten dengan jumlah tertinggi sepanjang masa, dan tahun ini akan menjadi tahun dimana kami melihat talenta baru bergabung dalam upaya membentuk otomatisasi pemasaran yang meningkat dan sangat cerdas.

Dengan adanya tren ini, pengalaman yang lebih baik akan dirasakan oleh semua pihak: konsumen akan menerima penawaran dan iklan berbasis konteks, dan pemasar akan mendapat manfaat dari peningkatan konversi dan tingkat retensi.

April Tayson: Direktur Penjualan Asia Tenggara, Adjust

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…