2020, Bahana Perkirakan Indeks Bisa Mencapai Level 7.000

Oleh : Herry Barus | Senin, 13 Januari 2020 - 06:00 WIB

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)
Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Tekanan terhadap pasar saham belum usai, setelah pada perdagangan terakhir 2019, indeks harga saham gabungan (IHSG) terkoreksi akibat aksi profit taking investor, memasuki awal 2020, pasar saham kembali mendapat tekanan dari global akibat serangan yang dilakukan AS terhadap Iran. Kedepan pasar saham diperkirakan akan bangkit, dengan beberapa faktor pendukung.

Menurut Kepala Riset Bahana Sekuritas Lucky Ariesandi, pasar saham akan mendapat sentiment positif dari kinerja emiten yang diperkirakan akan lebih baik pada2020. Bila pada tahun lalu laba bersih emiten tumbuh rata-rata sekitar 2%,  maka pada tahun ini diperkirakan akan naik pada kisaran 9%, yang terjadi di hampir seluruh sektor kecuali sektor batubara yang masih akan mendapat tekanan dari rendahnya harga batubara di pasar global.

Bila dibandingkan dengan pasar surat hutang dan juga properti, pasar saham masih menawarkan gain yang lebih baik. Pasalnya dengan level suku bunga acuan dan infasi yang terjaga rendah, yield surat hutang diperkirakan tidak akan mengalami banyak kenaikan, bahkan malah cenderung turun. Apalagi the fed telah memberikan indikasi suku bunga yang tidak akan turun lagi pada tahun ini.

Sejalan dengan suku bunga global, Bank Indonesia juga telah memberikan sinyal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi domestik. Bank sentral telah menurunkan suku bunga BI 7-day reserve rapo rate secara total sebesar 1% sejak Juli hingga Oktober ke level 5% dan bertahan hingga Desember 2019, dengan tingkat inflasi sepanjang 2019 sebesar 2,72%. Saat ini rata-rata yield surat hutang berada pada kisaran 7%.  

‘’Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, masih ada ruang bagi BI untuk menurunkan suku bunga sebanyak dua kali pada tahun ini,’’ ujar Lucky. Turunnya suku bunga, yang diikuti dengan realisasi kebijakan omnibus law akan mampu menggenjot masuknya investasi, yang pada akhirnya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi pada tahun ini, tambah Lucky.

Penopang lainnya yang membuat pasar saham akan lebih bergairah pada tahun ini adalah rencana kenaikan pajak reksadana atau mutual fund menjadi 10% dari yang saat ini berlaku sebesar 5%. Semula kenaikan pajak reksadana direncanakan pada 2014, namun kenaikan tersebut tertunda. Menurut Lucky, rencana kenaikan pada 2021 ini, kemungkinan tidak akan mundur lagi karena dana kelolaan reksadana sudah naik cukup signifikan dalam lima tahun terakhir, dan disisi lain pemerintah berencana memotong pajak bagi korporasi.

Untuk menjaga pendapatan pajak negara tetap stabil, pendapatan negara yang berkurang akibat potongan pajak korporasi, sebagian akan ditutupi dari kenaikan pajak reksadana. Rencana kenaikan pajak reksadana ini akan menjadi katalis bagi investor untuk kembali masuk ke pasar saham. Meski kondisi perekonomian global masih dihantui sejumlah ketidakpastian, investor asing diperkirakan akan kembali melirik pasar saham negara berkembang, setelah pada tahun lalu, investor asing membukukan aksi jual yang cukup besar.

‘’Berbagai skenario diatas membuat kami cukup yakin pasar saham akan kembali bergairah pada tahun ini, sehingga bisa mendorong indeks naik hingga ke level 7.000, papar Lucky. Sektor-sektor yang masih positif sepanjang tahun ini diperkirakan berasal dari emiten perbankan, tembakau/rokok, CPO dan obat-obatan, sedangkan beberapa sektor yang harus dicermati diantaranya batubara, konsumer yang terkait retailers sebagai dampak dari kenaikan iuran BPJS, terang Lucky.

Serangan AS terhadap Iran

Gejolak yang terjadi di Timur Tengah akibat serangan AS yang menewaskan Jenderal besar Iran, yang berbuntut pada pembalasan Iran telah menyebabkan naiknya harga minyak dunia. Hal ini akan memberi dampak negatif pada defisit perdagangan yang diperkirakan akan membengkak karena kontributor terbesar defisit perdagangan domestik berasal dari neraca minyak dan gas (migas).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) memperlihatkan sepanjang Januari – November 2019, total ekspor migas sebesar $11,442 miliar, sedangkan impor migas tercatat sebesar $19,752 miliar, sehingga ada defisit sebesar $8,31 miliar. Defisit perdagangan Indonesia secara total sepanjang Januari – November bila digabung dengan kegiatan ekspor- impor non migas, mencatat defisit sebesar $3,1 miliar.

Menurut Bahana dampak konflik AS-Iran tidak akan memberi dampak yang besar, sepanjang selat Hormuz sebagai jalur pengiriman minyak dari Timur Tengah tetap dibuka. Bila kenaikan harga minyak dunia terjadi, akan memberi sentiment negatif bagi nilai tukar, yang pada akhirnya berdampak pada kinerja keuangan perusahaan dari sektor semen, obat-obat-obatan, dan konsumer karena banyak menggunakan komponen import.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…