Dunia Virtual & Taktik Pemasaran di Masa Depan

Oleh : Nabila Ayudiah | Senin, 16 Desember 2019 - 07:34 WIB

 Nabila Ayudiah
Nabila Ayudiah

INDUSTRY.co.id - Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, mengharuskan kita untuk selalu beradaptasi dengan perubahan. Tren yang bergerak cepat untuk seluruh bidang mau tak mau akan memberikan dampak di kehidupan kita. Salah satunya di era digital dengan teknologi yang disebut VR. 

Virtual Reality yang dapat memberikan efek nyata secara virtual kepada kita dengan menghadirkan berbagai macam objek, baik lingkungan maupun benda. Lebih tepatnya dengan teknologi Virtual Reality akan membawa kita ke dimensi lain dalam dunia virtual. Sebelumnya teknologi ini memang terfokus pada dunia hiburan seperti game . namun pada kenyataannya VR juga dapat dimanfaatkan dalam dunia marketing.

Dalam penerapannya di dunia marketing, marketer kini dapat memberikan pengalaman lebih kepada para calon konsumennya dengan lebih mengefisiensikan waktu serta biaya untuk model yang dipajang. Contohnya di bidang fashion. 

Penerapan sederhananya, dengan menggunakan kacamata VR, pengguna atau calon konsumen bisa diajak untuk menyusuri lorong virtual dimana di dalamnya terdapat berbagai rak yang berisi item fashion mulai dari baju, sepatu, tas serta berbagai macam atribut lainnya. 

Jika dibandingkan dengan mencari melalui search engine ataupun secara manual, pengalaman memilih baju dengan VR tentu jauh lebih menyenangkan dan berkesan bagi sang calon konsumen serta mengurangi resiko kerusakan pada contoh barang yang ada di rak tersebut. Dalam beberapa tahun ke depan, virtual reality akan bertransformasi menjadi cara baru bagi konsumen untuk lebih dekat dan mengetahui lebih dalam sebuah brand. 

Salah satu brand terkenal yang sudah menganut taktik pemasaran menggunakan realitas virtual ini adalah Toms. Toms ialah perusahaan sepatu yang berasal dari California, Amerika Serikat yang beridiri pada tahun 2008. Toms dikenal karena melakukan pemasaran menggunakan filantropi mereka. 

Para konsumennya diberikan alat VR ketika ingin mencoba sepatu mereka. VR ini akan memberikan pengalaman bagi konsumen ketika melakukan perjalanan ke Peru dan membeli sepasang sepatu. Mereka mengatur ini di dalam toko agar pelanggan dapat mengalaminya. Ini adalah contoh bagus untuk menggunakan VR. 

Karena cara efektif dalam melakukan pemasaran adalah memunculkan sisi emosional dari para konsumen sehingga mereka mendapatkan pengalaman dan juga persepsi yang berbeda terhadap produk yang akan dijual oleh marketer. Cara tersebut dapat dibilang menjadi salah satu cara yang efektif dalam memasarkan suatu produk.


Penulis: Nabila Ayudiah
Student of MBA Tech President University

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.