Dunia Virtual & Taktik Pemasaran di Masa Depan

Oleh : Nabila Ayudiah | Senin, 16 Desember 2019 - 07:34 WIB

 Nabila Ayudiah
Nabila Ayudiah

INDUSTRY.co.id - Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, mengharuskan kita untuk selalu beradaptasi dengan perubahan. Tren yang bergerak cepat untuk seluruh bidang mau tak mau akan memberikan dampak di kehidupan kita. Salah satunya di era digital dengan teknologi yang disebut VR. 

Virtual Reality yang dapat memberikan efek nyata secara virtual kepada kita dengan menghadirkan berbagai macam objek, baik lingkungan maupun benda. Lebih tepatnya dengan teknologi Virtual Reality akan membawa kita ke dimensi lain dalam dunia virtual. Sebelumnya teknologi ini memang terfokus pada dunia hiburan seperti game . namun pada kenyataannya VR juga dapat dimanfaatkan dalam dunia marketing.

Dalam penerapannya di dunia marketing, marketer kini dapat memberikan pengalaman lebih kepada para calon konsumennya dengan lebih mengefisiensikan waktu serta biaya untuk model yang dipajang. Contohnya di bidang fashion. 

Penerapan sederhananya, dengan menggunakan kacamata VR, pengguna atau calon konsumen bisa diajak untuk menyusuri lorong virtual dimana di dalamnya terdapat berbagai rak yang berisi item fashion mulai dari baju, sepatu, tas serta berbagai macam atribut lainnya. 

Jika dibandingkan dengan mencari melalui search engine ataupun secara manual, pengalaman memilih baju dengan VR tentu jauh lebih menyenangkan dan berkesan bagi sang calon konsumen serta mengurangi resiko kerusakan pada contoh barang yang ada di rak tersebut. Dalam beberapa tahun ke depan, virtual reality akan bertransformasi menjadi cara baru bagi konsumen untuk lebih dekat dan mengetahui lebih dalam sebuah brand. 

Salah satu brand terkenal yang sudah menganut taktik pemasaran menggunakan realitas virtual ini adalah Toms. Toms ialah perusahaan sepatu yang berasal dari California, Amerika Serikat yang beridiri pada tahun 2008. Toms dikenal karena melakukan pemasaran menggunakan filantropi mereka. 

Para konsumennya diberikan alat VR ketika ingin mencoba sepatu mereka. VR ini akan memberikan pengalaman bagi konsumen ketika melakukan perjalanan ke Peru dan membeli sepasang sepatu. Mereka mengatur ini di dalam toko agar pelanggan dapat mengalaminya. Ini adalah contoh bagus untuk menggunakan VR. 

Karena cara efektif dalam melakukan pemasaran adalah memunculkan sisi emosional dari para konsumen sehingga mereka mendapatkan pengalaman dan juga persepsi yang berbeda terhadap produk yang akan dijual oleh marketer. Cara tersebut dapat dibilang menjadi salah satu cara yang efektif dalam memasarkan suatu produk.


Penulis: Nabila Ayudiah
Student of MBA Tech President University

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yayasan Prima Unggul

Sabtu, 18 Januari 2020 - 19:19 WIB

YPU Siapkan Generasi Milennial Jiwa Pengusaha

Dalam rangka malam Sweet Charity teman-teman dan para relawan panti asuhan Yayasan Prima Unggul (YMU) menggelar acara A Dinner Theatre Musical yang menampilkan pementasan para relawan dan seniman…

Festival keimigrasian 2020

Sabtu, 18 Januari 2020 - 16:49 WIB

BRI Ikut Semarakkan Festival Keimigrasian 2020

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia menyelenggarakan Festival Keimigrasian…

realme masuk segmen alot

Sabtu, 18 Januari 2020 - 15:16 WIB

Realme Buds Air Jajal Alot di Indonesia

realme, merek trendsetter untuk teknologi canggih dalam smartphone di Indonesia, secara resmi melangkah ke ranah AIoT di Indonesia dengan meluncurkan True Wireless, Real Seamless - realme Buds…

SystemEver

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:48 WIB

Software ERP SystemEver Siap Perkuat UKM Hadapi Revolusi Industri 4.0

Era Revolusi Industri 4.0 semakin menuntut dunia usaha mulai dari skala kecil, sedang hingga besar untuk melakukan berbagai lompatan bisnis agar menghasilkan produk barang dan jasa yang kompetitif…

Shopee

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:35 WIB

Shopee Berhasil Catatkan Pencapaian Spesial di Tahun 2019

2019, Shopee berhasil mempelopori serangkaian inisiatif yang berhasil mengubah cara konsumen berbelanja online di daerah tempatnya beroperasi.