Menghadapi Ketergantunan Teknologi di Ruang Kerja

Oleh : Lars Wittig | Sabtu, 14 Desember 2019 - 17:00 WIB

Lars Wittig, VP Sales ASEAN, S.Korea, IWG
Lars Wittig, VP Sales ASEAN, S.Korea, IWG

INDUSTRY.co.id - Seperti yang kita ketahui, kantor-kantor dulunya dipenuhi oleh lautan dokumen, slip biaya perjalanan, mesin faks, ponsel berukuran batu bata hingga mesin tik. Namun, evolusi teknologi modern telah menempatkan semuan itu menjadi sejarah. Saat ini, dengan internet berkecepatan tinggi, telepon pintar, telepon IP seperti Skype, situs jejaring sosial, aplikasi obrolan, dan komputasi awan, lingkungan kerja abad ke-21 telah benar-benar dibentuk kembali. Dengan sentuhan tombol, jarak menjadi tidak penting dan komunikasi menjadi semakin instan. Pengetahuan sekarang dibagikan secara bebas, dan berbagai hal dapat diselesaikan lebih cepat.

Bersamaan dengan kemajuan teknologi ini, datanglah tenaga kerja baru: kumpulan ‘pengembara’ digital (digital nomad) yang terus berkembang dan terbiasa untuk terhubung di mana saja, kapan saja - sekelompok dinamis yang menghindari kendala bekerja dari satu tempat yang telah ditentukan dan melakukan jam kerja standar 9 pagi sampai 5 sore. Sejauh ini tidak ada masalah yang berarti, tetapi sementara teknologi seluler memungkinkan kita untuk bergerak melampaui dinding kantor konvensional dan membiarkan kita bekerja dengan bebas, revolusi digital tentu juga memiliki dampak negatif.

Teknologi dapat melampaui batas

Terdapat garis tipis antara memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan manfaat serta melampaui batas. Sayangnya, semakin banyak orang yang melangkah melebihi batas: selalu membaca email di mana mereka berada, mengobrol di WhatsApp, dan berkomunikasi melalui media sosial tanpa mengingat waktu.

Memang, menurut laporan dari We Are Social dan Hootsuite, Indonesia adalah negara kelima yang paling aktif secara digital di dunia, di bawah Filipina, Brasil, Thailand, dan Kolombia. Setidaknya, 150 juta pengguna internet di Indonesia menghabiskan rata-rata 8 jam dan 36 menit untuk online setiap harinya, jauh lebih banyak daripada rata-rata global, yaitu 6 jam dan 42 menit. Orang Indonesia juga menghabiskan lebih banyak waktu di media sosial daripada rata-rata global, dengan catatan 3 jam dan 26 menit setiap harinya didedikasikan untuk menjelajahi platform sosial, yang merupakan tertinggi keempat secara global.

Singkatnya, kita bergantung terhadap teknologi - dan itu mengikis waktu dan perhatian kita, terutama di tempat kerja. Setiap kali smartphone kita berdering atau ada notifikasi di laptop kita, maka kita akan terganggu. Jika jalur pemikiran kita terganggu, perlu beberapa saat untuk kembali ke jalurnya. Waktu yang berharga tentu akan hilang.

Selain itu, penyalahgunaan teknologi dapat melakukan lebih dari kompromi produktivitas, hal ini dapat berdampak pada kesehatan mental kita. Budaya 'selalu on’ yang baru mengaburkan perbedaan antara pekerjaan dan kehidupan. Menurut laporan Deloitte, lebih dari sepertiga konsumen di seluruh dunia mengatakan mereka memeriksa ponsel mereka dalam waktu lima menit setelah bangun di pagi hari.

Kita tidak memberi waktu istirahat digital untuk diri kita dan menurut Deloitte Insights, hal ini dapat mengarah kepada stres dan kecemasan, depresi, kurang tidur dan terputusnya hubungan fisik.

Jadi, sementara teknologi di tempat kerja memberikan berbagai manfaat, teknologi juga bisa menjadi sebuah permasalahan. Bagaimanapun juga, perusahaan mana yang menginginkan karyawan yang sibuk, tidak efektif, dan stres? Untungnya, ada cara untuk mencapai pendekatan teknologi yang lebih seimbang. Berikut adalah beberapa langkah untuk memungkinkan hal ini terjadi:

Jadikan kebiasaan

Memiliki budaya perusahaan yang tepat dalam hal teknologi sangat membantu dalam memoderasi penggunaan. Kebijakan teknologi yang sehat, dengan pedoman komunikasi yang jelas, sangatlah penting. Pastikan, misalnya, bahwa anggota tim mengetahui kapan pekerja jarak jauh sedang online dan kapan waktu yang tepat untuk menghubungi mereka. Ciptakan kesadaran melalui pembicaraan dan workshop tentang bagaimana penggunaan perangkat teknologi yang berlebihan dapat memberikan efek yang merugikan.

Menetapkan batasan

Bantu karyawan memahami apa yang diharapkan dari mereka, terutama ketika menyangkut jam kerja. Pastikan ada titik akhir yang jelas untuk hari mereka dan bahwa kita tidak melampaui itu. Hanya karena dimungkinkan untuk menghubungi kolega ketika mereka tidak ada di kantor, bukan berarti mereka seharusnya. Demikian juga, sebagai karyawan, jika kita bekerja dari jarak jauh, atur jam kerja dan patuhi itu.

Terus jaga produktivitas

Jika kita ingin tenaga kerja memahami bahwa memutuskan hubungan tidak apa-apa, berikan penekanan pada produktivitas daripada ketersediaan. Staf tidak boleh diberi imbalan karena berada di depan smartphone untuk menjawab email dari bos di luar jam kerja; alih-alih, mereka harus diberi penghargaan karena menyelesaikan pekerjaan yang sesuai jadwal.

Gunakan aplikasi pendukung

Mungkin terdengar ironis, tetapi teknologi juga dapat digunakan sebagai sarana penghindaran. Berikan karyawan akses ke aplikasi screen-time, seperti Space, Freedom atau Moment, yang dapat mengingatkan mereka untuk istirahat jika mereka telah mengirim email atau mengirim pesan teks dalam waktu yang lama dengan membatasi penggunaan media sosial.

Bagi waktu untuk beristirahat

Untuk karyawan yang berbasis di kantor, perkenalkan jeda harian bebas-teknologi ketika semua perangkat dicabut. Dorong karyawan untuk menggunakan waktu mereka dengan cara mengumpulkan pikiran sambil minum kopi, bertemu dengan rekan kerja atau mungkin pergi jalan-jalan tanpa adanya gangguan. Beberapa perusahaan juga membatasi atau melarang staf mengirim email bisnis di luar jam kerja; bahkan menghapus pesan yang diterima karyawan saat liburan.

Tetap pada rencana

Setelah kita mempunyai kebijakan, pastikan semua orang menaatinya. Jika manajer dan pemimpin tim terus-menerus memeriksa ponsel mereka, itu menunjukkan gestur yang salah. Mereka yang berada di level manajemen harus menginspirasi tim untuk menggunakan smartphone mereka sebagai alat efisiensi, bukan sebagai pengalih perhatian.

Tetap menjadi nyata

Dorong pertemuan tatap muka dan interaksi sosial dengan kolega. Tidak ada yang lebih baik dari makan siang Bersama teman-teman atau brainstorming untuk menumbuhkan semangat tim dan membuat ide kreatif mengalir. Saat kumpul-kumpul sedang berlangsung, pastikan itu adalah zona bebas layer ponsel. Jika melihat orang secara langsung tidak memungkinkan, dorong karyawan untuk tetap terhubung secara waktu nyata dengan mengangkat telepon alih-alih mengirim teks atau email. Terkadang, berbicara langsung memang jauh lebih baik.

Lars Wittig, VP Sales ASEAN, S.Korea, IWG

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…