Smart Vending Machine untuk Smart Citizen

Oleh : Chyntia Agni Archiyesa | Jumat, 13 Desember 2019 - 16:35 WIB

Chyntia Agni Archiyesa
Chyntia Agni Archiyesa

INDUSTRY.co.id - Kini keberadaan smart vending machine sangat mudah ditemukan di sudut-sudut ruang publik perkotaan seperti di stasiun, supermarket, mall dan ruang publik lainnya.
 
Fenomena ini didukung oleh tren preferensi konsumen perkotaan dalam membeli kebutuhan produk seperti makanan dan minuman (product-oriented vending machine) atau memenuhi kebutuhan jasa seperti isi pulsa dan bayar tagihan ( service-oriented vending machine). 

Sebenarnya budaya menggunakan vending machine saja sudah lama ada sejak abad akhir ke 19. Namun, seiring berkembangnya revolusi teknologi, kemampuan Internet of Things (IoT) menambah kemampuan vending machine sehingga munculah istilah smart vending machine. 

Menurut Richard Nass, smart vending machine saat ini memiliki 4 komponen dasar yaitu display interaktif, sensor, pembayaran digital, and konektivitas. Secara bentukan luar, smart vending machine memiliki large lcd touch screen yang mudah mengambil perhatian konsumen. 

Infomasi dan desain grafis yang ditampilkan juga memudahkan konsumen memilih produk/ jasa dengan tampilan yang interaktif.  

Selain itu, biometrik sensor seperti face recognation, camera, fingerprint atau QR code yang dapat mendukung digital payments turut mendukung tren cashless society khususnya di kaum milenial perkotaan. 

Belum lagi promo dan flash sale menggiurkan dari pertarungan pasar pelaku dompet digital. Kecanggihan lainnya adalah konektivitas yang dapat menghadirkan fitur sinkron dengan mobile apps untuk menginformasikan lokasi persebaran smart vending machine dan melancarkan proses pembayaraan digital. 

Selain itu, konektivitas juga dapat membantu pengelolaan mesin, menganalisis ketersediaan produk/ jasa yang dijual, advertising dan lain-lain. 

Tidak heran jika prefrerensi smart citizen mulai membudayakan tren pengunaan smart vending machine yang telah banyak tersedia karena ingin merasakan pengalaman belanja dengan teknologi yang lebih efisien dalam segi finansial dan waktu. 

Di tahun 2019 ini, BLUEmart dan OVO turut meramaikan pasar smart vending machine di ruang publik perkotaan, khususnya Jabodetabek. BLUEmart hadir dengan konsep minimart dan E-Kios dengan aplikasi BluePay. 

Sementara OVO hadir dengan OVO SmartCube yang diklaim sebagai smart vending machine pertama di Indonesia yang dapat menganalisis data secara real-time. Sebelum tahun 2019 ini berakhir, apakah anda sudah pernah mencoba menggunakannya ? 


Penulis: Chyntia Agni Archiyesa 
Mahasiswi MM Tech President University  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…