Smart Vending Machine untuk Smart Citizen

Oleh : Chyntia Agni Archiyesa | Jumat, 13 Desember 2019 - 16:35 WIB

Chyntia Agni Archiyesa
Chyntia Agni Archiyesa

INDUSTRY.co.id - Kini keberadaan smart vending machine sangat mudah ditemukan di sudut-sudut ruang publik perkotaan seperti di stasiun, supermarket, mall dan ruang publik lainnya.
 
Fenomena ini didukung oleh tren preferensi konsumen perkotaan dalam membeli kebutuhan produk seperti makanan dan minuman (product-oriented vending machine) atau memenuhi kebutuhan jasa seperti isi pulsa dan bayar tagihan ( service-oriented vending machine). 

Sebenarnya budaya menggunakan vending machine saja sudah lama ada sejak abad akhir ke 19. Namun, seiring berkembangnya revolusi teknologi, kemampuan Internet of Things (IoT) menambah kemampuan vending machine sehingga munculah istilah smart vending machine. 

Menurut Richard Nass, smart vending machine saat ini memiliki 4 komponen dasar yaitu display interaktif, sensor, pembayaran digital, and konektivitas. Secara bentukan luar, smart vending machine memiliki large lcd touch screen yang mudah mengambil perhatian konsumen. 

Infomasi dan desain grafis yang ditampilkan juga memudahkan konsumen memilih produk/ jasa dengan tampilan yang interaktif.  

Selain itu, biometrik sensor seperti face recognation, camera, fingerprint atau QR code yang dapat mendukung digital payments turut mendukung tren cashless society khususnya di kaum milenial perkotaan. 

Belum lagi promo dan flash sale menggiurkan dari pertarungan pasar pelaku dompet digital. Kecanggihan lainnya adalah konektivitas yang dapat menghadirkan fitur sinkron dengan mobile apps untuk menginformasikan lokasi persebaran smart vending machine dan melancarkan proses pembayaraan digital. 

Selain itu, konektivitas juga dapat membantu pengelolaan mesin, menganalisis ketersediaan produk/ jasa yang dijual, advertising dan lain-lain. 

Tidak heran jika prefrerensi smart citizen mulai membudayakan tren pengunaan smart vending machine yang telah banyak tersedia karena ingin merasakan pengalaman belanja dengan teknologi yang lebih efisien dalam segi finansial dan waktu. 

Di tahun 2019 ini, BLUEmart dan OVO turut meramaikan pasar smart vending machine di ruang publik perkotaan, khususnya Jabodetabek. BLUEmart hadir dengan konsep minimart dan E-Kios dengan aplikasi BluePay. 

Sementara OVO hadir dengan OVO SmartCube yang diklaim sebagai smart vending machine pertama di Indonesia yang dapat menganalisis data secara real-time. Sebelum tahun 2019 ini berakhir, apakah anda sudah pernah mencoba menggunakannya ? 


Penulis: Chyntia Agni Archiyesa 
Mahasiswi MM Tech President University  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi UMKM di Indonesia (Michael Eko Hardianto/Getty Images)

Minggu, 16 Agustus 2020 - 00:28 WIB

Lama Dirahasiakan! Ternyata 5 Hal Ini Perlu DIketahui Pelaku UMKM

Jakara-Permasalahan ekonomi yang diakibatkan oleh Pandemi COVID-19 memberikan dampak negatif bagi para pelaku usaha di Tanah Air, termasuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Presiden Joko Widodo berpose bersama jajaran pimpinan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) usai audiensi di depan Istana Negara, Jakarta, Senin (7/1/2019). Sumber Foto: Dokumen Setjen Dekopin

Minggu, 16 Agustus 2020 - 00:17 WIB

Dekopinda Jawa Tengah Rapatkan Barisan, Begini Respons Nurdin Halid

Semarang – Gerakan Koperasi Jawa Tengah merapatkan barisan di tengah situasi sulit akibat pandemi Covid-19 dan gangguan pihak luar yang ingin merongrong kemurnian Gerakan Koperasi Indonesia.…

SUCOFINDO MENYERAHKAN SERTIFIKAT SISTEM MANAJEMEN ANTI PENYUAPAN UNTUK BIO FARMA

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 23:10 WIB

Sucofindo Audit Dan Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan untuk Bio Farma

Bandung, 13/8 – PT SUCOFINDO (Persero) melalui bisnis unit SUCOFINDO International Certification Services (ICS) menyerahkan Sertifikat SNI ISO 37001 : 2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan…

SUCOFINDO PERMUDAH PELANGGAN DENGAN RILIS REMOTE AUDIT JASA SERTIFIKASI DI MASA PANDEMI

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 22:34 WIB

Permudah Pelanggan! Sucofindo Perkenalkan Remote Audit Jasa Sertifikasi Di Masa Pandemi

Jakarta, 15/8– PT SUCOFINDO (Persero) memberlakukan Remote Audit untuk jasa Sertifikasi sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan menegakkan aturan jaga jarak…

Selain Cetak CETAK 24 Ribu Lebih Calon Developer Muda Bank BTN juga meluluskan 168 calon pengembang muda lulusan program Mini MBA in Property

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 22:11 WIB

Tak Sekadar Jawara KPR, Bank BUMN Ini Cetak 24 Ribu Lebih Calon Developer Muda

Jakarta-Sukses mencetak lebih dari 24.000 calon developer muda hingga medio Agustus 2020. Puluhan ribu lulusan tersebut merupakan bagian dari program pelatihan di bidang properti yang diinisiasi…