Smart Vending Machine untuk Smart Citizen

Oleh : Chyntia Agni Archiyesa | Jumat, 13 Desember 2019 - 16:35 WIB

Chyntia Agni Archiyesa
Chyntia Agni Archiyesa

INDUSTRY.co.id - Kini keberadaan smart vending machine sangat mudah ditemukan di sudut-sudut ruang publik perkotaan seperti di stasiun, supermarket, mall dan ruang publik lainnya.
 
Fenomena ini didukung oleh tren preferensi konsumen perkotaan dalam membeli kebutuhan produk seperti makanan dan minuman (product-oriented vending machine) atau memenuhi kebutuhan jasa seperti isi pulsa dan bayar tagihan ( service-oriented vending machine). 

Sebenarnya budaya menggunakan vending machine saja sudah lama ada sejak abad akhir ke 19. Namun, seiring berkembangnya revolusi teknologi, kemampuan Internet of Things (IoT) menambah kemampuan vending machine sehingga munculah istilah smart vending machine. 

Menurut Richard Nass, smart vending machine saat ini memiliki 4 komponen dasar yaitu display interaktif, sensor, pembayaran digital, and konektivitas. Secara bentukan luar, smart vending machine memiliki large lcd touch screen yang mudah mengambil perhatian konsumen. 

Infomasi dan desain grafis yang ditampilkan juga memudahkan konsumen memilih produk/ jasa dengan tampilan yang interaktif.  

Selain itu, biometrik sensor seperti face recognation, camera, fingerprint atau QR code yang dapat mendukung digital payments turut mendukung tren cashless society khususnya di kaum milenial perkotaan. 

Belum lagi promo dan flash sale menggiurkan dari pertarungan pasar pelaku dompet digital. Kecanggihan lainnya adalah konektivitas yang dapat menghadirkan fitur sinkron dengan mobile apps untuk menginformasikan lokasi persebaran smart vending machine dan melancarkan proses pembayaraan digital. 

Selain itu, konektivitas juga dapat membantu pengelolaan mesin, menganalisis ketersediaan produk/ jasa yang dijual, advertising dan lain-lain. 

Tidak heran jika prefrerensi smart citizen mulai membudayakan tren pengunaan smart vending machine yang telah banyak tersedia karena ingin merasakan pengalaman belanja dengan teknologi yang lebih efisien dalam segi finansial dan waktu. 

Di tahun 2019 ini, BLUEmart dan OVO turut meramaikan pasar smart vending machine di ruang publik perkotaan, khususnya Jabodetabek. BLUEmart hadir dengan konsep minimart dan E-Kios dengan aplikasi BluePay. 

Sementara OVO hadir dengan OVO SmartCube yang diklaim sebagai smart vending machine pertama di Indonesia yang dapat menganalisis data secara real-time. Sebelum tahun 2019 ini berakhir, apakah anda sudah pernah mencoba menggunakannya ? 


Penulis: Chyntia Agni Archiyesa 
Mahasiswi MM Tech President University  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia. (Foto: Abraham Sihombing)

Minggu, 19 Januari 2020 - 20:06 WIB

Di Davos, Kepala BKPM Promosikan Peluang Berinvestasi di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), akan melakukan kunjungan kerja ke World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, pada 20-23 Januari…

Kisah Kopi

Minggu, 19 Januari 2020 - 20:05 WIB

Wow Kedai Kopi Ini Punya Menu Andalan yang Bikin Kangen

Bisnis kedai kopi bertebaran dimana-mana dengan menu andalan yang bermacam-macam. Hal ini membuat pengunjung balik lagi untuk mencobanya, apalagi di kota besar, tak sampai 10 meter bisa ada…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Minggu, 19 Januari 2020 - 19:48 WIB

BNI Syariah Siap Fasilitasi Millenial Untuk Berhijrah

BNI Syariah siap menjadi fasilitator pengelolaan keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah dalam tren fenomena hijrah milenial beberapa tahun terakhir. Untuk itu BNI Syariah hadir dengan semangat…

Ferrari Roma

Minggu, 19 Januari 2020 - 19:00 WIB

Museum Ferrari Dikunjungi Lebih 600.0000 Orang Sepanjang 2019

Museum Ferrari mencetak rekor baru pada tahun 2019 dengan menarik lebih dari 600.000 pengunjung, meningkat 12% dari tahun sebelumnya. Kedua venue mengalami pertumbuhan yang tinggi dengan jumlah…

Ke Korea Aja: Menikmati Musim Dingin di Gangwon Snow Festa

Minggu, 19 Januari 2020 - 18:00 WIB

Ke Korea Aja: Menikmati Musim Dingin di Gangwon Snow Festa

Gangwon-do, provinsi yang berada di bagian timur laut semenanjung Korea ini terkenal karena keindahan alamnya. Ketika musim dingin tiba, pegunungan-pegunungan yang diselimuti salju menyuguhkan…