Pupuk Indonesia Grup Dinobatkan Sebagai Trusted Company 2019

Oleh : Herry Barus | Jumat, 13 Desember 2019 - 08:00 WIB

Pupuk Indonesia Grup Dinobatkan Sebagai Trusted Company 2019
Pupuk Indonesia Grup Dinobatkan Sebagai Trusted Company 2019

INDUSTRY.co.id - Jakarta –  PT Pupuk Indonesia (Persero) berkomitmen untuk terus meningkatkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam setiap kegiatan perusahaan. Atas komitmen tersebut, Perseroan pun kembali dinobatkan sebagai Perusahaan Terpercaya (Indonesia Trusted Companies) berdasarkan penilaian Corporate Governance Perception Index (CGPI) dalam ajang Indonesia The Most Trusted Companies Award 2019.

Penghargaan yang diserahkan oleh Gendut Suprayitno selaku Chairman The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) itu diterima langsung oleh Direktur SDM & Tata Kelola Pupuk Indonesia, Winardi diJakarta, pada 11 Desember 2019.

Penghargaan yang sama juga diraih oleh tiga anak usaha Perseroan yakni PT Petrokimia Gresik, dan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang yang meraih predikat Indonesia Trusted Companies. Adapun PT Pupuk Kaltim yang meraih Indonesia Most Trusted Companies.

Winardi mengatakan bahwa pihaknya telah menerapkan sejumlah program manajemen yang terintegrasi, baik dalam hal pengelolaan risiko, kepatuhan, antifraud, hingga antipenyuapan. Selain itu, Pupuk Indonesia telah mengembangkan inisiatif  meningkatkan pelayanannya kepada publik melalui penerapan aplikasi terintegrasi sejak dari produsen, distributor, hingga kios, serta mendukung penerapan kartu tani.

"Merupakan hal utama dan penting bagi kami menjalankan aktivitas bisnis yang didukung oleh manajemen risiko, pengendalian internal, serta menjalankan prinsip-prinsip GCG secara konsisten,” kata Winardi.

Penilaian CGPI Award meliputi aspek Komitmen, transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, keadilan, kepemimpinan, kapabilitas, strategi, risiko, etika, budaya dan keberlanjutan. Dimana kemudian penilaian atas aspek-aspek tersebut diuji kembali melalui paparan dan diskusi untuk klarifikasi atas implementasi, evaluasi dan perbaikan governansi korporasi dalam kerangka GCG yang telah dilakukan oleh perusahaan. 

Riset dan pemeringkatan penerapan GCG ini diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) terhadap Perusahaan public (emiten), Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, Perbankan dan Perusahaan Swasta di Indonesia serta Lembaga Keuangan Syariah. 

 

Winardi menambahkan, pada pekan lalu pihaknya pun telah meraih dua prestasi dalam ajang ASEAN Risk Award 2019 yang dihelat di Bali. Dua prestasi tersebut diraih dengan predikat Runner Up kategori "Asean GRC Award" dan Runner Up kategori "Public Initiative". Penghargaan Asean GRC Award merupakan pengakuan kepada organisasi yang dinilai telah memiliki kemampuan luar biasa dalam mengintegrasikan tata kelola yang baik, manajemen risiko, dan kepatuhan dalam organisasinya. Sementara penghargaan Public Initiative diberikan kepada organisasi yang dinilai telah menunjukkan keberhasilan dalam mengembangkan produk atau inovasi sektor publik, yang berfokus untuk membantu warga negara menjalani kehidupan yang lebih baik.

 

Sebelumnya, sambung Winardi, pada tanggal  27 Oktober 2019 yang lalu, Pupuk Indonesia juga telah menerima secara resmi Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016. Tidak hanya itu, Pupuk Indonesia juga turut menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka menggalakkan kampanye Budaya Anti Gratifikasi di lingkungan perusahaan dan anak perusahaan.

“Dengan begitu, diharapkan Perseroan mampu mencegah dan mengendalikan risiko fraud yang mungkin terjadi, serta menindaklanjuti setiap tindakan fraud di Perusahaan. Berbagai upaya itu kami lakukan sebagai komitmen penerapan prinsip tata kelola Perusahaan dengan baik, terutama dalam Transformasi Bisnis yang tengah kami lakukan” jelas.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wapres Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury bertolak ke Sultra untuk melakukan kunjungan kerja, Kamis ((19/04/2022) pagi. (Foto: BPMI Setwapres)

Jumat, 20 Mei 2022 - 07:17 WIB

Wapres Akan Groundbreaking Kawasan Industri di Konawe Utara

Jakarta-Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin bertolak ke Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) guna melakukan kunjungan kerja (kunker), Kamis (19/05/2022) pagi.…

Dirjen ILMATE Taufiek Bawazier saat meresmikan Toyota xEV Center

Jumat, 20 Mei 2022 - 07:10 WIB

Kemenperin Harap Toyota xEV Center jadi Katalisator Pengembangan Teknologi Kendaraan Listrik di RI

Kemenperin berharap, Toyota xEV Center sebagai katalisator pengembangan teknologi dan industrialisasi kendaraan elektrifikasi di Indonesia sehingga dapat meningkatkan ketahanan energi serta…

HIPMI Siap Dukung Sektor UMKM RI ke Pasar Internasional

Jumat, 20 Mei 2022 - 07:00 WIB

HIPMI Siap Dukung Sektor UMKM RI ke Pasar Internasional

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menginisiasi perhelatan HIPMI International Business Forum yang merupakan rangkaian acara dari rencana kegiatan kunjungan HIPMI ke Amerika Serikat dan…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI) Bambang Soesatyo

Jumat, 20 Mei 2022 - 06:45 WIB

Ketua MPR RI Tegaskan FKPPI Siap Bantu TNI Jaga Kedaulatan Bangsa

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI) Bambang Soesatyo bersama pengurus FKPPI…

 Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Dok. Setkab)

Jumat, 20 Mei 2022 - 06:11 WIB

Menperin: Hilirisasi Industri Picu Peningkatan Kinerja Ekspor Nasional

Jakarta-Industri pengolahan masih memberikan kontribusi yang dominan terhadap nilai ekspor nasional, dengan capaian sebesar 74,46 persen sepanjang Januari-April 2022.