AXA Financial Indonesia Luncurkan Proteksi Penyakit Kritis

Oleh : Herry Barus | Rabu, 11 Desember 2019 - 16:39 WIB

Niharika Yadav,Presiden DirekturAXA FinancialIndonesia.
Niharika Yadav,Presiden DirekturAXA FinancialIndonesia.

Jakarta- Masyarakat Indonesia saat ini belum memiliki pengetahuan dan kesadaran mengenai penyakit kritis sehingga mengabaikan pencegahan penyakit kritis. Di samping itu, perkembangan zaman dan tuntutan hidup yang semakin tinggi membuat masyarakat menerapkan pola hidup tidak sehat, seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan makan makanan cepat saji yang berlebihan. Selain itu, kurang berolahraga, sedikit tidur, serta stres berkepanjangan juga menjadi faktor penyebab munculnya penyakit kritis.

Berdasarkan data Globocan (2018), secara global 1 dari 8 pria dan 1 dari 6 wanita berusia di bawah 75 tahun terdiagnosa menderita kanker. Kanker diperkirakan menduduki peringkat atas sebagai penyebab utama kematian dan menjadi penghalang terbesar harapan hidup seseorang di setiap negara. Pada tahun 2018 di Indonesia diperkirakan ada 18,1 juta kasus kanker baru.

Biaya perawatan penyakit kritis bisa mencapai ratusan juta rupiah. Untuk perawatan medis penyakit kanker berkisar antara Rp 102 juta hingga Rp 106 juta per bulan, sedangkan untuk kardiovaskular, biaya operasi bypass jantung bisa mencapai Rp 150 juta hingga Rp 300 juta1.
Selain  biaya  pengobatan,  pasien  penyakit  kritis  dan  keluarganya  juga  harus  menanggung banyak beban finansial lainnya, seperti biaya perawatan lanjutan pada masa pemulihan, yang mana belum semua biaya terapi lanjutan ditanggung asuransi kesehatan; biaya yang muncul dari  pendampingan  keluarga,  seperti  biaya  transportasi,  konsumsi,  kebutuhan  sehari-hari; hingga munculnya risiko kehilangan pekerjaan dan harus mencari sumber penghasilan baru. Di samping itu, mereka juga dihadapkan dengan beban non-finansial seperti waktu, pikiran, dan tenaga yang terkuras dalam menjalani proses pengobatan.

Fenomena tersebut tentu harus menjadi perhatian bagi seluruh pihak untuk semakin meningkatkan kesadaran diri atas pentingnya hidup sehat. Masyarakat perlu memberikan perhatian lebih terhadap kesiapan secara finansial melalui pengelolaan keuangan yang baik sebagai bentuk antisipasi atas munculnya risiko kesehatan terutama penyakit kritis yang membutuhkan biaya tinggi. Lebih dari 70 persen pasien kanker mengalami beban keuangan yang sangat memberatkan dalam kurun waktu 12 bulan setelah terdiagnosa kanker2.

Didasari  fakta  tersebut,  untuk  menjawab  kebutuhan  masyarakat  akan  solusi  perlindungan penyakit kritis di era modern ini, dan sejalan dengan komitmen untuk memberdayakan masyarakat agar memiliki hidup yang lebih baik (Empower People to Live a Better Life), AXA Financial Indonesia meluncurkan sebuah produk asuransi penyakit kritis yang merupakan inovasi terbaru, yaitu AXA Critical Elite Solution.

“Meningkatnya risiko terjandinya penyakit kritis ditambah dengan rendahnya kesadaran akan pencegahan  serta  perencanaan  keuangan  untuk  biaya  pengobatan,  AXA  Financial  Indonesia melihat adanya kebutuhan produk stand-alone asuransi penyakit kritis dengan fleksibilitas sesuai kebutuhan nasabah. Peluncuran produk ini sejalan dengan komitmen kami untuk menjadi mitra jangka panjang bagi nasabah dengan memberikan perlindungan keuangan mereka terhadap beban biaya yang muncul akibat penyakit kritis. Oleh karena itu, hari ini kami dengan   bangga   memperkenalkan   AXA   Critical   Elite   Solution,   produk   stand-alone   yang memberikan  perlindungan  atas  penyakit  kritis,"  ujar  Niharika  Yadav,  Presiden  Direktur  AXA Financial Indonesia, Rabu (11/12/2019)

AXA Critical Elite Solution memberikan manfaat unik yang berbeda dari produk asuransi penyakit kritis lainnya. Produk ini tidak hanya memberikan manfaat perlindungan bagi 65 jenis penyakit kritis di stadium akhir, tetapi juga memberikan manfaat khusus untuk pasien kanker sejak stadium awal. Selain itu manfaat tambahan akan diberikan setelah 2 tahun masa pemulihan dari stadium akhir, dengan total manfaat mencapai 170 persen dari uang pertanggungan dan pengembalian premi yang telah dibayarkan. Produk ini juga memberikan manfaat prosedur angioplasty sebesar 20% dari uang pertanggungan hingga Rp 200 juta, dan manfaat perlindungan jika meninggal dunia.

Pembayaran premi adalah lima tahun, dan semua premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan pada tahun ke-10 selama polis masih aktif. Selain itu, produk ini menawarkan fleksibilitas dimana nasabah dapat memilih manfaat perlindungan hingga tahun ke-15 dan mendapatkan pengembalian semua premi yang telah dibayarkan, atau dapat diperpanjang hingga tahun ke-30 dengan pengurangan pengembalian uang premi.

Melalui beragam manfaat yang ditawarkan oleh produk ini, diharapkan perlindungan terhadap penyakit kritis dapat memberikan kenyamanan kepada nasabah dalam menjalani perawatan. Selain itu juga memberikan solusi finansial kepada pasien penyakit kritis serta keluarga mereka yang harus menanggung banyak beban keuangan lainnya, seperti biaya perawatan selama masa pemulihan.

"Menyadari tingginya beban keuangan yang timbul atas perawatan dan pemulihan penyakit kritis,  AXA  Critical  Elite  Solution  hadir  sebagai  solusi  finansial  yang  diberikan  dalam  jumlah keseluruhan (lump-sum). Produk ini memberikan perlindungan finansial yang fleksibel yang dapat  digunakan  untuk  berbagai  keperluan  biaya  pengobatan  dan  perawatan  pasien,  biaya pendampingan keluarga, serta biaya lain yang timbul sebagai dampak ekonomis dari penyakit
 tersebut. Dengan demikian, pasien dapat menjalani proses pengobatan dan perawatan dengan tenang,  serta  mengurangi  beban  keluarga  secara  finansial  sehingga  dapat  memberikan dukungan  penuh  kepada  pasien,”  jelas  Yudhistira  Dharmawata,  Chief  of  Proposition  AXA Financial Indonesia.

Selain itu, untuk mendukung peningkatan kesehatan masyarakat, PT AXA Financial Indonesia akan  menyelenggarakan  acara  bertajuk  “AXA  Health  Day”  pada  Sabtu,  14  Desember  2019 mendatang. Acara ini merupakan inisiatif AXA Financial Indonesia dalam mensosialisasikan gaya hidup sehat secara berkesinambungan.

“AXA Health Day bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya gaya hidup sehat, terutama untuk mengantisipasi risiko terjadinya penyakit kritis. Acara ini juga merupakan bagian dari strategi AXA Financial Indonesia dalam mewujudkan komitmennya untuk memberdayakan masyarakat agar memiliki hidup yang lebih baik (Empower People to Live a Better Life). Rangkaian kegiatan ini juga untuk berbagi semangat Know You Can kepada seluruh masyarakat di Indonesia, bahwa keyakinan diri akan mengawali setiap langkah untuk dapat  memiliki  hidup  yang  lebih  baik  dengan  cara  yang  unik  dan  menyenangkan,  termasuk dengan memiliki proteksi masa depan dan menerapkan gaya hidup sehat," tutup Niharika.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Singapore Tourism Board (STB) meluncurkan kampanye pemasaran global untuk memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi MICE.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:46 WIB

Perkuat Posisi Singapura Sebagai Destinasi MICE, STB Luncurkan Kampanye Global

Kampanye global yang diluncurkan STB turut mengundang penyelenggara acara MICE dari Indonesia untuk mempertimbangkan Singapura sebagai destinasi MICE unggul yang dapat memberikan hasil berdampak,…