Masyarakat Relawan Indonesia Gelar Pelatihan Water Rescue

Oleh : Wiyanto | Senin, 09 Desember 2019 - 17:52 WIB

MRI berlatih penanggulangan bencana
MRI berlatih penanggulangan bencana

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jakarta Raya mengadakan kegiatan water rescue training selama dua hari di Situ Gintung, Ciputat, Ahad (8/12/2019). Para instruktur berasal dari Disaster Emergency Response and Relief Management (DERM-ACT).

Sebanyak 43 orang relawan mengikuti pelatihan ini. Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan apel siaga banjir 2019-2020 yang akan diadakan tanggal 14 Desember 2019 di Silang Monas yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Sekretaris Jenderal MRI, Ibnu Khajar mengatakan pelatihan ini dilakukan tidak hanya dalam bentuk teori, tapi juga praktek.

“Kegiatan ini untuk menambah kemampuan para relawan MRI dalam memberikan pertolongan khususnya di permukaan air. Karena kita ketahui bersama Jakarta setiap tahunnya banjir juga seolah menjadi ancaman bagi warga Jakarta.,” kata Ibnu di Jakarta, Senin (9/12/2019).

MRI menurutnya sudah mulai mensiagakan relawannya untuk mengantisipasi bencana banjir, “Antara lain dengan melakukan berbagai pelatihan, termasuk water rescue training," ujarnya.

Musibah atau keadaan darurat, kata Ibnu Khajar adalah kejadian yang tidak pernah diharapkan oleh siapapun tidak terkecuali oleh relawan penolong (rescuer). Namun, saat terjadi dibutuhkan respon sesegera mungkin, dengan tidak melupakan faktor keselamatan diri sendiri.

Untuk itu kemampuan dan keterampilan dasar pertolongan air seharusnya tak hanya dimiliki oleh mereka yang bekerja sebagai tim SAR, melainkan semua orang, termasuk relawan MRI.

“Sehingga bila terjadi keadaan darurat dapat meminimalisir jumlah korban. Teknik penyelamatan yang baik dan benar tidak hanya mempermudah penolong dalam melakukan penyelamatan, namun juga dapat menjamin keselamatan si penolong itu sendiri,” ungkapnya.

Selain itu, Ibnu menjelaskan banyak kasus yang terjadi dimana keselamatan si penolong terancam karena keterbatasan pengetahuan yang dimiliki. Tak jarang si penolong harus kehilangan nyawa karena nekat melakukan tindakan penyelamatan hanya dengan modal kemampuan renang.

“Penyelamatan yang baik dan benar adalah ketika anda siap dan tahu atas tindakan penyelamatan yang akan anda lakukan,” tukasnya.

Sejak zaman kolonial, Jakarta (dahulu Batavia) memang selalu menjadi 'langganan' banjir. Hingga kini banjir masih sering melanda wilayah Jakarta, khususnya di musim hujan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) DKI Jakarta menyampaikan, sepanjang 2018, sebanyak 15.627 warga mengungsi karena banjir.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

bos SEAM GROUP Asep Sulaeman Sabanda menjadi salah tamu kehormatan asal Indonesia dalam acara “Industry Strategy Partner Summit Meeting” yang diadakan di kota Xuzhou Jiangsu China

Sabtu, 18 Januari 2020 - 22:52 WIB

Asep Sulaeman Sabanda, CEO SEAM Group Mendapatkan Strategic Partner Award Dari Xcmg Group

akarta-Menutup sesi akhir tahun, bos SEAM GROUP Asep Sulaeman Sabanda menjadi salah tamu kehormatan asal Indonesia dalam acara “Industry Strategy Partner Summit Meeting” yang diadakan di…

Samsung Galaxy A71

Sabtu, 18 Januari 2020 - 21:30 WIB

Sambut Pre Order Samsung Galaxy A71 di 20 Januari 2020

Samsung Galaxy A71 dibanderol dengan harga rekomendasi retail Rp. 6.099.000 melalui pre-order yang akan berlangsung dari tanggal 20–27 Januari 2020.

Frame A Trip Hadirkan Potrait

Sabtu, 18 Januari 2020 - 21:22 WIB

Inovasi Frame A Trip Hadirkan Potrait Berikan Pengalaman Foto Layaknya Selebriti

Berangkat dari fenomena diatas, Frame A Trip, usaha rintisan lokal di bidang fotografi profesional, berinovasi dengan layanan Portrait untuk memberikan kesempatan bagi semua orang untuk merasakan…

Festival keimigrasian 2020

Sabtu, 18 Januari 2020 - 16:49 WIB

BRI Ikut Semarakkan Festival Keimigrasian 2020

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia menyelenggarakan Festival Keimigrasian…

realme masuk segmen alot

Sabtu, 18 Januari 2020 - 15:16 WIB

Realme Buds Air Jajal Alot di Indonesia

realme, merek trendsetter untuk teknologi canggih dalam smartphone di Indonesia, secara resmi melangkah ke ranah AIoT di Indonesia dengan meluncurkan True Wireless, Real Seamless - realme Buds…