Masyarakat Relawan Indonesia Gelar Pelatihan Water Rescue

Oleh : Wiyanto | Senin, 09 Desember 2019 - 17:52 WIB

MRI berlatih penanggulangan bencana
MRI berlatih penanggulangan bencana

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jakarta Raya mengadakan kegiatan water rescue training selama dua hari di Situ Gintung, Ciputat, Ahad (8/12/2019). Para instruktur berasal dari Disaster Emergency Response and Relief Management (DERM-ACT).

Sebanyak 43 orang relawan mengikuti pelatihan ini. Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan apel siaga banjir 2019-2020 yang akan diadakan tanggal 14 Desember 2019 di Silang Monas yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Sekretaris Jenderal MRI, Ibnu Khajar mengatakan pelatihan ini dilakukan tidak hanya dalam bentuk teori, tapi juga praktek.

“Kegiatan ini untuk menambah kemampuan para relawan MRI dalam memberikan pertolongan khususnya di permukaan air. Karena kita ketahui bersama Jakarta setiap tahunnya banjir juga seolah menjadi ancaman bagi warga Jakarta.,” kata Ibnu di Jakarta, Senin (9/12/2019).

MRI menurutnya sudah mulai mensiagakan relawannya untuk mengantisipasi bencana banjir, “Antara lain dengan melakukan berbagai pelatihan, termasuk water rescue training," ujarnya.

Musibah atau keadaan darurat, kata Ibnu Khajar adalah kejadian yang tidak pernah diharapkan oleh siapapun tidak terkecuali oleh relawan penolong (rescuer). Namun, saat terjadi dibutuhkan respon sesegera mungkin, dengan tidak melupakan faktor keselamatan diri sendiri.

Untuk itu kemampuan dan keterampilan dasar pertolongan air seharusnya tak hanya dimiliki oleh mereka yang bekerja sebagai tim SAR, melainkan semua orang, termasuk relawan MRI.

“Sehingga bila terjadi keadaan darurat dapat meminimalisir jumlah korban. Teknik penyelamatan yang baik dan benar tidak hanya mempermudah penolong dalam melakukan penyelamatan, namun juga dapat menjamin keselamatan si penolong itu sendiri,” ungkapnya.

Selain itu, Ibnu menjelaskan banyak kasus yang terjadi dimana keselamatan si penolong terancam karena keterbatasan pengetahuan yang dimiliki. Tak jarang si penolong harus kehilangan nyawa karena nekat melakukan tindakan penyelamatan hanya dengan modal kemampuan renang.

“Penyelamatan yang baik dan benar adalah ketika anda siap dan tahu atas tindakan penyelamatan yang akan anda lakukan,” tukasnya.

Sejak zaman kolonial, Jakarta (dahulu Batavia) memang selalu menjadi 'langganan' banjir. Hingga kini banjir masih sering melanda wilayah Jakarta, khususnya di musim hujan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) DKI Jakarta menyampaikan, sepanjang 2018, sebanyak 15.627 warga mengungsi karena banjir.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anggota DPR RI Obon Tabroni

Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:30 WIB

Anggota Dewan Kritisi Program Bantuan Upah Hanya Hanya Diberikan kepada BPJS Ketenagakerjaan

Anggota DPR RI Obon Tabroni mengkritisi pemberian subsidi upah yang hanya diberikan kepada buruh yang terdaftar di dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Pelayanan perbankan di Bank Bukopin (Foto: Doc Bank Bukopin)

Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:12 WIB

Ini Strategi Bank Bukopin Bidik Kenaikan DPK 10 Persen

Seiring dengan memasuki usia ke- 50 tahun terus berkiprah mendukung perekenominan Indonesia, Bank Bukopin meluncurkan program “Nabung Super Seru 50 Tahun”.

Pertemuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Jabodetek dengan Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin

Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:10 WIB

Disambangi BEM se-Jabodetabek, Azis Syamsudin Tepis Isu RUU Ciptaker Cabut Kemakmuran Rakyat: Tidak Benar, Saya Juga Punya Anak yang Tidak Mungkin Disengsarakan

Dalam pertemuan dengan BEM se Jabodetek, Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menegaskan RUU Ciptaker tidak berkaitan secara inheren dengan Kartu Pra-Kerja.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kiri) menerima sertifikat ISO 37001:2016

Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:00 WIB

Terapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan, Telkom Peroleh Sertifikat ISO 37001:2016

Setelah menjalani proses sertifikasi dalam memverifikasi kesesuaian penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan sesuai dengan standar internasional, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom)…

Andriani Latania Triramdhani peroleh Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Padjajaran Bandung

Jumat, 14 Agustus 2020 - 08:49 WIB

Gara-gara Tanah, Wanita Cantik Ini Gondol Gelar Doktor Cum Laude

Terbayarkan. Itu yang ada dibenak Andriani Latania Triramdhani. Gelar Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Padjajaran Bandung dengan predikat Cum Laude berhasil ia sandang. Dirinya baru saja mempertahankan…