Dankomar Menghadiri Hari Armada 2019

Oleh : Herry Barus | Jumat, 06 Desember 2019 - 03:00 WIB

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M. Tr
Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M. Tr

INDUSTRY.co.id - Surabaya-Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) beserta Ibu Etta Suhartono menghadiri Upacara Peringatan Hari Armada RI tahun 2019 di Dermaga Koarmada II, Ujung, Surabaya. Kamis (05/12/2019).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., selaku Inspektur Upacara pada Hari Armada RI tahun 2019 menyampaikan bahwa, sejalan dengan pembangunan postur kekuatan Angkatan Laut, maka diperlukan suatu konsep Operasi dan Gelar Kekuatan Angkatan Laut yang optimal disertai oleh tingkat kesiapan operasional yang tinggi.

Untuk itu pemenuhan kekuatan pokok minimum pada renstra berikutnya diarahkan pada perencanaan pembangunan kekuatan yang berbasis pada perpaduan antara perencanaan yang berdasarkan kemampuan (capability based plan)dan berdasarkan ancaman (threat based plan) dengan mempertimbangkan kemampuan anggaran pertahanan negara (budget based plan)

Perlu digaris bawahi, apa yang direncanakan bagi pembangunan kekuatan Angkatan Laut pada Renstra Ketiga atau MEF_ Kedua pada tahun 2020-2024 ini akan memprioritaskan kesiapan operasional sebagai jawaban terhadap kebutuhan Pertahanan Negara, yang dititik beratkan pada Interoperabilitas Trimatra Terpadu TNI. 

 

Hal ini membutuhkan keselarasan antara kuantitas atau jumlah alutsista yang dimiliki dengan capaian dari alutsista itu sendiri, yang dipadukan dengan profesionalisme personil beserta organisasinya, dalam bentuk kekuatan yang siap dioperasionalkan atau disebut juga _Ready Force_. Kesiapan ini hanya dapat dicapai dengan penerapan manajemen logistik terpadu yang didalamnya juga menerapkan mekanisme implementasi life coast_yang tepat guna. "Adapun strategi pembinaan kekuatan TNI Angkatan Laut meliputi modernisasi, rematerialisasi, revitalisasi, relokasi dan penghapusan," ungkap Kasal pada amanatnya.

Peringatan HUT Armada 2019 yang melibatkan sekitar 1.913 personel gabungan seluruh Kotama TNI AL Wilayah Surabaya, mengusung tema "Armada Sebagai Pengawal Samudera Siap Mewujudkan Prajurit Pejuang, Profesional, Bermoral dan Militan". Gabungan Kotama Wilayah Surabaya tersebut, antara lain Koarmada II, Kodiklatal, AAL, Lantamal V Surabaya, STTAL, Puspenerbal dan Pasmar 2.

Peringatan Hari Armada kali ini, selain dilakukan penyematan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV Tahun oleh Kasal, dilaksanakan juga parade, demo tari kolosal, beladiri militer, displayGenderang Suling Gita Jala Taruna AAL serta defile pasukan.

Turut hadir pada upacara kali ini, Kasal dari masa ke masa, Wakasal dari masa ke masa, Pangarmada RI dari masa ke masa, Wakil Gubernur Jawa Timur beserta Forkopimda, Pangdam V Brawijaya, Wakapolda Jawa Timur, Kajati Jawa Timur, Ketua DPRD Prop. Jawa Timur, Para Pejabat Utama Mabes TNI, Para Pejabat Utama Mabesal, Pejabat TNI AD, Pejabat TNI AU, Pejabat Polri, Dirut PT. PAL, Dirut Bank Mandiri, Dirut Bank BNI, Dirut Bank BRI, Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama setempat.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Evelina F. Pietruschka selaku Presiden Komisaris WanaArtha Life.

Jumat, 24 Januari 2020 - 18:32 WIB

WanaArtha Life Ambil Bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020

Switzerland-PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life kembali ambil bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020 yang ke-50, tanggal 21-24 Januari…

Komoditas Porang

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:49 WIB

Kementan Fasilitasi Madiun Bangun Kawasan Porang Genjot Ekspor

Tanaman porang saat ini mulai dilirik untuk dikembangkan secara luas. Pasalnya, produk dari komoditas ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Yang paling menarik untuk dijadikan bahan baku kosmetik…

Ilustrasi penipuan

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:03 WIB

Sepeda Listrik Murah Menjamur, Waspada Penipuan

Transaksi penipuan online seakan tak pernah henti dilakukan. Berbagai cara dan modus dilakukan untuk meraih keuntungan besar, meskipun ada ancaman pidana yang siap menjerat para pelaku.

Direksi PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (ACPI). Dari kiri ke kanan : Nicolaus Prawiro, Sujaya Dinata Pangestu, Grace Juliana (Direktur Keuangan). Foto: istimewa

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:00 WIB

Asuransi Cakrawala Proteksi Tempati Kantor Baru di Citra Towers

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (ACPI) saat ini terus memperkuat kegiatan operasional seiring pertumbuhan bisnis yang dialaminya. Salah satu usaha memperkuat…

Sandra Sunanto, Direktur Utama PT Hartadinata Abadi Tbk (kiri)

Jumat, 24 Januari 2020 - 16:21 WIB

Hartadinata Resmikan Toko Claudia Perfect Jewellery dan ACC Premium di Bandung

PT Hartadinata Abadi Tbk (Hartadinata), produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi Indonesia, dengan bangga meresmikan toko Claudia Perfect Jewellery dan ACC Premium yang terletak di…