Melalui B Corp Forum 2019, B Corp Community Dorong Swasta Lakukan Perubahan Sosial dan Lingkungan di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 Desember 2019 - 16:37 WIB

Corrine Tap, Chair of EuroCham Indonesia
Corrine Tap, Chair of EuroCham Indonesia

INDUSTRY.co.id -Jakarta – B Corp Community di Indonesia yang beranggotakan perusahaan dan organisasi, seperti Danone-AQUA, Prasetya Mulya, Innate Motion, dan SIAP, pada hari ini kembali menyelenggarakan “B Corp Forum 2019 – Dare to Care: Using Business as a Force for Good”. Setelah sukses diadakan pertama kali pada tahun 2018, forum tahunan ini mengundang lebih dari 200 peserta yang berasal dari berbagai entitas, seperti badan pemerintahan, startups, perusahaan swasta, mahasiswa, dan juga pelaku usaha sosial.

Forum ini bertujuan lebih dari sekedar meningkatkan kesadaran para pemangku kepentingan untuk menerapkan praktik-praktik bisnis yang berkelanjutan demi menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi konsumen dan masyarakat. Secara spesifik, B Corp Forum ingin memperkenalkan B Corporation sebagai sertifikasi global yang dapat menonjolkan organisasi/perusahaan yang memiliki standar tinggi dalam menjalankan usahanya, seperti melakukan kinerja sosial dan lingkungan yang terverifikasi, menerapkan transparansi publik, serta memiliki akuntabilitas yang baik dalam menyeimbangkan laba dan tujuan sosial. Dipimpin oleh B Lab, organisasi nirlaba global yang berasal dari Amerika Serikat, sertifikasi B Corp mengajak para pelaku bisnis untuk turut menawarkan solusi bagi tantangan sosial dan lingkungan yang saat ini dihadapi dunia. Sampai hari ini, ada lebih dari 3.000 perusahaan yang berhasil mendapatkan sertifikasi dari B Corporations. Perusahaan-perusahaan ini tersebar di lebih dari 70 negara dan bergerak di 150 bidang industri yang berbeda. Di Indonesia saat ini ada empat perusahaan yang tersertifikasi oleh B Corp, yaitu Danone-AQUA, Beachgold, Mycotech, Innate Motion, dan Indosole.

Pricilla Henriette dari B Corp Community Indonesia mengatakan, “Sangat penting bagi kita, baik secara perseorangan maupun perusahaan, untuk semakin peduli akan dampak yang kita berikan terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar kita, terutama dengan semakin mendesaknya isu perubahan iklim dan masalah sampah. Selain itu, perlu kita soroti adanya perubahan perilaku konsumen seperti yang ditunjukkan Global Consumer Confidence Survey yang dilakukan oleh The Conference Board dan Nielsen pada tahun 2017. Sebanyak 81% responden menyatakan dengan tegas bahwa perusahaan harus turut serta dalam usaha menjawab masalah-masalah sosial dan lingkungan. Sebagai bagian dari B Corp Community, kami telah sejak lama menyadari pentingnya menjalankan praktik bisnis yang seimbang, yaitu tak hanya berfokus menghasilkan keuntungan semata, malainkan juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan sosial. Melalui forum tahunan ini, kami ingin mengajak organisasi-organisasi lain untuk turut serta menjalankan praktik-praktik yang baik dan berkelanjutan, salah satunya adalah dengan ikut bergabung dalam komunitas B Corp Community Indonesia.”

Acara yang diadakan selama satu hari ini terdiri dari dua sesi diskusi panel. Para pembicara di diskusi panel pertama terdiri dari perwakilan perusahaan-perusahaan Indonesia yang telah mendapatkan sertifikasi B Corp Certification. Panelis di sesi kedua terdiri dari perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen kuat dalam menjalankan bisnis yang berkelanjutan, seperti Anomali Coffee, Warung Pintar, dan Youvit Indonesia. Mereka membicarakan isu-isu sosial dan lingkungan yang paling mendesak saat ini, dan berbagi tentang bagaimana pelaku bisnis dapat menjadi agen perubahan dan menawarkan solusi bagi isu-isu tersebut. Selain itu, forum ini juga akan memperkenalkan B Corp Certification sebagai standar dan salah satu cara kredibel untuk mengukur kinerja suatu perusahaan bagi para pekerjanya, komunitas sekitar, lingkungan, dan konsumen. Di Indonesia, inisiatif seperti ini juga dapat diterapkan oleh perusahaan-perusahaan demi membantu pemerintah mencapai Target Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDGs). Selain diskusi panel, acara ini juga mengajak peserta untuk mengikuti sesi breakout di mana mereka dapat berkumpul dengan para ahli dari berbagai organisasi dan bersama membicarakan topik-topik menarik, seperti bagaimana menjadi perusahaan bersertifikasi B Corp, bagaimana cara mengukur dampak dari perilaku bisnis, bagaimana menentukan tujuan dalam berbisnis, dan belajar menerapkan storytelling dalam berbisnis.

Amalia Adininggar Widyasanti, Staf Ahli Menteri Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan BAPPENAS yang mewakili Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPENAS) mengatakan, “Kontribusi dari sektor privat sangat krusial dalam mendukung pencapaian Target Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDGs) dan juga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Mustahil bagi pemerintah untuk bekerja sendirian dalam mewujudkan prioritas-prioritas pembangunan Indonesia. Kolaborasi dengan sektor swasta dan para pemangku kepentingan lainnya dalam pencapaian dua target nasional tersebut dapat menjadi fondasi yang sangat baik untuk mewujudkan  cita-cita Indonesia untuk menjadi negara maju di 2045.

Corrine Tap, Chair of EuroCham Indonesia mengatakan, “Mewakili para pelaku usaha asal Eropa di Indonesia, kami sangat mendukung inisiatif dari B Corp Community, dan turut mengajak perusahaan-perusahaan Eropa yang beroperasi di Indonesia untuk mengambil sertifikasi B Corp. Kami menegaskan bahwa salah satu misi kami di Indonesia adalah untuk mendukung pemerintah memenuhi target pembangunannya dan menghasilkan fondasi perekonomian yang kuat untuk menyokong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Kami percaya bahwa salah satu caranya adalah dengan menerapkan praktik-praktik bisnis yang berkelanjutan.”

Tentang B Corporation

B Corporation adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh B Lab, sebuah organisasi global nirlaba yang memiliki kantor di Amerika Serikat, Eropa, Kanada, Australia, New Zealand, dan Amerika Latin melalui rekanannya Sistema B. Sertifikasi ini diberikan hanya kepada organisasi-organisasi dengan standar tinggi di bidang sosial dan lingkungan, menerapkan transparansi publik, dan memiliki akuntabilitas yang baik dalam menyeimbangkan laba dan tujuan sosial. B Corp Community bertujuan untuk meningkatkan kesetaraan gender, mengurangi angka kemiskinan, menciptakan lingkungan yang sehat, mempererat komunitas, dan menciptakan lapangan-lapangan pekerjaan yang berkualitas dan bertujuan mulia. B Corps menciptakan komunitas yang terdiri dari para pimpinan organisasi yang dapat menggerakkan masyarakat global dengan menggunakan bisnis dan usaha sebagai agen perubahan yang baik. Nilai-nilai dan aspirasi komunitas B Corp dinyatakan dalam Deklarasi Interdependensi B Corp. Saat ini ada lebih dari 3.000 perusahaan yang berhasil mendapatkan sertifikasi dari B Corporations. Perusahaan-perusahaan tersebar di lebih dari 70 negara dan bergerak di 150 bidang industri yang berbeda. Di Indonesia saat ini ada empat perusahaan yang tersertifikasi oleh B Corp, yaitu Danone-AQUA, Beachgold, Mycotech, Innate Motion dan Indosole.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…