Personel Satgas Yonif Raider Khusus 136 Pamrahwan Maluku Ikuti Tradisi Tarik Kayu

Oleh : Herry Barus | Selasa, 03 Desember 2019 - 05:30 WIB

Personel Satgas Yonif Raider Khusus 136 Pamrahwan Maluku Ikuti Tradisi Tarik Kayu
Personel Satgas Yonif Raider Khusus 136 Pamrahwan Maluku Ikuti Tradisi Tarik Kayu

INDUSTRY.co.id - Maluku-Hela kayu atau tarik kayu merupakan tradisi para leluhur yang berasal dari Kec. Pulau Haruku, Kab. Maluku Tengah. Hela kayu itu sendiri merupakan salah satu rangkaian prosesi adat yang dilakukan guna membangun atau merenovasi rumah soa/adat atau makam para leluhur.

Dalam pelaksanaannya, masyarakat bergotong-royong sambil bersuat (bernyanyi) dengan diiringi pukulan tifa sebagai penyemangat menarik kayu dari dalam hutan menuju ke tempat yang telah ditentukan (rumah soa/adat atau makam para leluhur).

Guna menghormati tradisi para leluhur dan dalam rangka merenovasi makam adat yang terdapat di Negeri Kailolo, Kec. Pulau Haruku, Negeri Hulaliu dan Kailolo mengadakan acara tradisi hela kayu.

Beberapa personel Pos Wairiang SSK III Satgas Ops Pamrahwan Maluku Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus 136/Tuah Sakti (TS), ikut serta dalam tradisi tarik kayu tersebut, Minggu (1/12/2019).

Komandan Pos (Danpos) Wairiang Letda Inf Lamhot Sihaloho menuturkan bahwa acara tradisi diawali dengan penarikan kayu oleh masyarakat Negeri Hulaliu dari dalam hutan. Sementara itu, masyarakat Negeri Kailolo menunggu di jarak 500 meter dekat makam para leluhur guna menyambut kedatangan masyarakat Negeri Hulaliu yang selanjutnya kayu ditarik secara bersama-sama.

Menurutnya, dengan dilaksanakannya tradisi hela kayu membuktikan bahwa tradisi yang sudah ada sejak 300an tahun yang lalu tersebut masih dilestarikan dan dijaga oleh masyarakat Hatuhaha atau masyarakat dari lima negeri yaitu negeri Hulaliu, Pelauw, Rohomoni, Kailolo dan negeri Kabauw yang masih memiliki ikatan kerahiman atau tali persaudaraan.

Letda Inf Lamhot Sihaloho juga mengatakan bahwa dengan dilestarikannya tradisi hela kayu, ikatan batin diantara negeri-negeri adat yang terdapat di Kec. Pulau Haruku tetap terjalin dengan kuat meskipun diantara negeri tersebut memiliki keyakinan yang berbeda.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Redcomm

Minggu, 15 Desember 2019 - 16:41 WIB

Redcomm Fokus Pemasaran Berbasis Data

Jakarta - Berfokus pada komunikasi pemasaran berbasis data, RedComm Indonesia dua tahun berturut-turut memenangkan emas di Campaign Asia's Award of the Year

Miss Fari Pointe to Remember

Minggu, 15 Desember 2019 - 16:00 WIB

Miss Fari:. Pointe to Remember

Buku ini berisi curahan hati Dan pemikiran orang-orang yang mencintai Farida Oetoyo, seperti anak, rekan sesama penari, murid yang terdiri dari Yudhistira Syuman, Aksan Syuman, Julianti Parani,Rusdy…

 dr. Eva Martina Luisa, Master Head Leader MeMiles (Tengah)

Minggu, 15 Desember 2019 - 15:18 WIB

MeMiles Gelar Pesta Bonus ke Empat

Untuk ke 4 kalinya aplikasi iklan MeMiles menggelar Pesta Bonus untuk leader yang digelar di Klub Kelapa Gading Jakarta Utara Sabtu (14/12/2019)

Paddle Board Yoga di Tanjung Lesung

Minggu, 15 Desember 2019 - 12:02 WIB

BWJ Hadirkan Road to Bodur Fest 2020, Suguhkan Aktivitas Olahraga Outdoor Hingga Makanan Sehat

PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung terus melakukan berbagai upaya untuk menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara, salah satunya…

Managing Director PT BWJ, Rully Lasahido (Hariyanto/Hariyanto)

Minggu, 15 Desember 2019 - 10:01 WIB

Experience Tanjung Lesung, Gebrak Sektor Pariwisata Banten

PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung kembali membuat gebrakan di akhir tahun ini dengan meluncurkan produk layanan digital bernama Experience…