Pertegas Komitmennya Terhadap Kemajuan UMKM Indonesia, Shopee Audiensi Dengan Wapres

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 29 November 2019 - 23:32 WIB

 Silaturahmi antara Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin dan Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, Rabu 20 November 2019 di Kantor Wakil Presiden RI
Silaturahmi antara Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin dan Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, Rabu 20 November 2019 di Kantor Wakil Presiden RI

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, terus merealisasikan komitmennya untuk terus berinovasi menjadi memberikan pengalaman belanja online yang terbaik untuk para penggunanya.

Tak hanya dengan sederet inovasi untuk para pembeli, sebagai salah satu bentuk pemanfaatan internet dari  sisi  ekonomi  Shopee  juga  terus  berevolusi  untuk  bisa  memberikan  peluang  dan kemudahan bagi para pelaku UMKM. Berbagai inovasi yang diberikan di antaranya adalah untuk membantu menjawab tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM di era perdagangan terbuka dan berbasis daring saat ini. Hal ini sesuai dengan arahan Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin, Shopee diharapkan dapat terus membantu UMKM lebih cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan masuk ke ranah online.

Sebelumnya, Shopee telah menjabarkan beberapa inovasi yang akan menjadi fokus pengembangan tahun 2020 dalam pertemuan langsung dengan Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin. Salah satunya adalah keikutsertaan Shopee dalam meningkatkan literasi digital di bidang pemasaran dan pengembangan produk bagi santri dan masyarakat pondok pesantren.

Mengambil bagian dalam implementasi Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), Shopee bekerja sama dengan kementerian dan lembaga pemerintah terkait untuk menjalankan  program Santripreneur yang sebelumnya telah berhasil dijalankan di beberapa pesantren di seluruh Indonesia. Untuk dapat membantu para pelaku usaha kecil di tengah tantangan ini salah satunya dengan mengambil inisiatif untuk berkolaborasi meningkatkan ekspor Indonesia melalui pemanfaatan e-commerce.

Shopee juga turut melaporkan progres program ekspor Kreasi Nusantara “Dari Lokal untuk Global” ke Malaysia dan Singapura yang telah diluncurkan pada awal tahun ini. Sebagai bentuk riil upaya pemanfaatan perkembangan e-commerce untuk meningkatkan ekspor Indonesia, beberapa pelaku UMKM terpilih telah menjalankan program edukasi guna mengasah kualitas dan daya saing mereka sebelum menghadapi pasar global.

Para pelaku UMKM terpilih berhasil mencatatkan progres yang sangat baik dalam program ekspor pertamanya. Setelah terlibat dalam kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang serentak diselenggarakan di semua negara tempat Shopee beroperasi, para pelaku UMKM terpilih dalam program ekspor Kreasi Nusantara “Dari Lokal Untuk Global” berhasil mencatatkan peningkatan transaksi 3 kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, “Di tahun keempat Shopee beroperasi,  kami  ingin  semakin  memperkuat  komitmen  kami untuk dapat membantu para pelaku usaha kecil di tengah tantangan pasar global berbasis daring seperti sekarang. Kami percaya keikutsertaan Shopee dalam pengembangan daya saing para pelaku UMKM akan memberikan  manfaat  dan  pengalaman  yang besar terutama untuk meningkatkan keahlian bisnis mereka.

Selain berpartisipasi dalam program pemerintah, kami juga menyiapkan momentum  internal  yang  turut  mempromosikan  bisnis  mereka agar lebih luas lagi. Salah satunya kami telah menyiapkan festival belanja yang lebih spesial lagi dimana bertepatan dengan ulang tahun Shopee, kami menghadirkan 12.12 Birthday Sale, terbesar dan terbaik menutup akhir tahun ini.”

Menanggapi sederet inovasi yang berfokus untuk pengembangan UMKM ini, Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin mengatakan, “Kami menyambut baik upaya pelaku e-commerce seperti Shopee yang turut mendukung percepatan perkembangan ekonomi umat dan keuangan syariah di Indonesia. Kami berharap ke depannya upaya ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan. Melalui pertemuan hari ini, pemerintah akan selalu mendukung para pihak yang mengedepankan kemajuan pelaku UMKM di dalam negeri, terutama untuk mendorong kegiatan ekonomi dan pembangunan.”

Di samping itu, Shopee juga menyadari potensi pasar syariah yang terus bertumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Dalam pertemuan tersebut, Shopee turut memperkenalkan Shopee Barokah sebagai one-stop muslim lifestyle destination yang telah mengkurasi produk dan layanan syariah dan bermitra dengan berbagai brand dan lembaga kemanusiaan ternama seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, ACT, dan Rumah Zakat untuk memudahkan para pengguna setia Shopee dalam berdonasi dan menunaikan zakat. Ke depannya, Shopee Barokah juga akan melengkapi kanalnya dengan pengingat waktu salat dan Alquran.

Sebagai negara muslim terbesar di dunia dengan lebih dari 200 juta penduduk muslim1, potensi perkembangan pasar syariah ini juga dilihat dari keberhasilan Indonesia menduduki peringkat kelima tahun ini dalam Indikator Ekonomi Islam Global (GIEI) oleh DinarStandard2. Indonesia berhasil naik 5 peringkat dibandingkan tahun lalu karena adanya inisiatif kuat dari pemerintah untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi syariah. Laporan ini juga menunjukkan adanya ruang bagi industri halal dari berbagai sektor untuk bertumbuh dengan pesat. Tren ini juga sejalan dengan data internal Shopee, di mana kategori fashion muslim selalu menjadi kategori favorit secara berturut-turut di kampanye besar sepanjang tahun, seperti Big Ramadhan Sale, 9.9 Super Shopping Day, hingga 11.11 Big Sale.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Shopee Barokah, kunjungi https://shopee.co.id/m/shopee-barokah. Nantikan promo spesial #ShopeeALIF “Alhamdullilah It's Friday”,  dimana  pengguna  bisa  menikmati  diskon  minimum  50%  untuk  fashion  muslimah, kecantikan dan cashback hingga 50%.

Shopee merupakan perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan. Shopee merupakan wadah yang secara khusus disesuaikan untuk kebutuhan pasar Asia Tenggara, yang menyediakan pengalaman belanja online yang mudah, aman, dan fleksibel untuk para pelanggan melalui sistem pembayaran dan dukungan sistem logistik yang kuat.

Shopee berkeinginan untuk terus meningkatkan kualitas platform dan menjadi tujuan pilihan       e-commerce di kawasan ini. Shopee memiliki beragam pilihan kategori produk yang luas, mulai dari elektronik, perlengkapan rumah, perawatan & kesehatan, bayi & anak, fashion , serta perlengkapan olahraga.

Shopee, bagian dari Sea Company , pertama kali diperkenalkan di Singapura pada 2015, dan telah memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Sea merupakan pemimpin di industri hiburan digital, e-commerce , dan keuangan digital di Greater Southeast Asia. Misi Sea adalah untuk membuat kehidupan yang lebih baik bagi para konsumen dan juga usaha kecil melalui teknologi. Sea sudah terdaftar di NYSE di bawah simbol SE.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.