BGR Logistics Luncurkan Aplikasi BGR Access, Permudah Masyarakat Membuang Barang Bekas Elektronik

Oleh : Hariyanto | Kamis, 21 November 2019 - 18:36 WIB

BGR Logistics Luncurkan Aplikasi BGR Access
BGR Logistics Luncurkan Aplikasi BGR Access

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Logistik di Indonesia, menggelar commercial soft launching aplikasi BGR access, yang membantu memudahkan masyarakat untuk membuang ataupun mengeluaran barang bekas elektronik yang dimiliki karena sudah rusak ataupun sudah tidak digunakan.

Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo, menjelaskan bahwa peluncuran aplikasi BGR Access ini, menjawab kebutuhan masyarakat yang kesulitan membuang barang bekas elektronik yang dimiliki. 

"Hal ini sejalan dengan komitmen BGR Access yang ingin memberikan manfaat secara ekonomi, menjaga lingkungan, dan menggandeng masyarakat untuk menambah penghasilan, serta sesuai dengan tagline perusahaan sebagai Digtal Logistics Company," kata Kuncoro di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Tidak hanya sekedar aplikasi, lanjut Kuncoro, BGR Access juga telah membangun ekosistem logistik dalam pemindahan barang bekas elektonik milik masyarakat tersebut. Untuk memperlancar proses logistik, BGR Access telah bekerjasama dengan Grab dan Triplogic, yang bertindak sebagai picker yang mengambil barang dari customer dan diantar ke Mitra BGR Access.

Ekosistem selanjutnya adalah Mitra BGR Access, dapat berupa perorangan, UMKM, ataupun kelompok masyarakat yang  berperan menyediakan tempat untuk meletakkan sementara barang bekas elektronik dari masyarakat sebelum nantinya diambil oleh transporter BGR Logistics untuk dibawa ke pengolahan. 

“Kami saat ini tengah menggandeng BRI yang memiliki banyak agen BRILink di Jakarta dan juga Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta yang membina ribuan bank sampah di Jakarta,” terang Kuncoro.

Kuncoro, menambahkan bahwa semua kegiatan yang terjadi pada aplikasi ini, akan berlangsung secara digital dan telah diolah oleh sistem. Atas semua usaha yang dilakukan oleh pengguna dan mitra, kami memberikan dana kompensasi, yang dapat langsung dilihat pada aplikasi BGR Access. 

“Sangat memudahkan, pengguna dan mitra cukup melihat informasi pada aplikasi atas perkiraan besaran dana kompensasi yang akan didapat, tidak perlu timbang-menimbang barang lagi,” ungkapnya.

Selain Grab dan Triplogic, yang membantu ekosistem BGR Access, untuk layanan transfer dana milik pelanggan ataupun mitra atas transaksi yang terjadi, perseroan juga telah menggandeng Bank BRI yang ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama pada hari ini,Kamis (21/11/2019) dan Bank BCA. 

"Selain itu kedepannya, kami  juga telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan LinkAja yang akan memberikan variasi pilihan transfer saldo milik pengguna BGR Access," tambah Kuncoro.

Kuncoro menyebutkan bahwa layanan BGR Access tidak akan berhenti sampai pada barang bekas elektronik. Pihaknya, tengah mempersiapkan sejumlah layanan logistik balikan lainnya yang akan memberikan manfaat lebih besar dan juga layanan e-commerce yang akan mempermudah pengguna mendapatkan komoditas pangan dan bahan makanan pokok.

Saat ini, aplikasi BGR Access sudah dapat diunduh masyarakat di telepon pintar berbasis android terlebih dahulu. Sementara, aplikasi BGR Access baru dapat digunakan untuk pengguna yang berlokasi di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi terlebih dahulu. Setelah itu, secara bertahap layanan BGR Access akan melayani masyarakat lebih luas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Kogabwilhan II Bagikan Masker untuk Warga Disekitar Rumkitlap

Senin, 13 Juli 2020 - 05:00 WIB

Prajurit Kogabwilhan II Bagikan Masker untuk Warga Disekitar Rumkitlap

Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Imran Baidirus, S.E. yang diwakilkan oleh Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan II Kolonel Infantri Joko Susilo membagikan masker batik untuk warga di sekitar…

Pembangunan 13 Rumah Permanen Libatkan Satgas TMMD 108 Kodim 1709/Yawa

Senin, 13 Juli 2020 - 04:30 WIB

Pembangunan 13 Rumah Permanen Libatkan Satgas TMMD 108 Kodim 1709/Yawa

Program pembangunan 13 unit rumah bagi warga Kampung Natabui dan Toweta, Distrik Yapen Barat, Kab. Kepulauan Yapen, Papua, melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 1709/Yawa,…

Satgas Yonif 125 Lakukan Penyemprotan Disinfektan dan Pengukuran Suhu Tubuh serta Pembagian Masker di Gereja

Senin, 13 Juli 2020 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 125 Lakukan Penyemprotan Disinfektan dan Pengukuran Suhu Tubuh serta Pembagian Masker di Gereja

Untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kita dituntut untuk melakukan berbagai upaya melalui tindakan nyata. Seperti yang dilakukan Satgas Yonif 125/SMB dengan melakukan…

Ilustrasi Ujian Nasional

Senin, 13 Juli 2020 - 02:01 WIB

Ingat Ya Orangtua! Hari Ini Senin 13 Juli Mulai Masuk Sekolah, Berikut Daftar 104 Daerah yang Dapat Izin Mendikbud untuk Adakan KBM Tatap Muka

akarta- Waktu libur sudah usai, dan saatnya kembali sekolah dan memulai aktivitas belajar. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memberikan izin 104 daerah yang bisa mengadakan kegiatan…

Ilustrasi pasar tradisional. (Foto: Sumut24)

Senin, 13 Juli 2020 - 01:04 WIB

Survei: Pria Lebih Berani Belanja Ke Pasar Tradisional Dibanding Perempuan

Jakarta-Generasi Z, yakni kelompok masyarakat dengan rentang usia 15 hingga 25 tahun di Jakarta akan menjadi kelompok usia yang paling berani beraktivitas di tempat publik saat New Normal ketimbang…