BGR Logistics Luncurkan Aplikasi BGR Access, Permudah Masyarakat Membuang Barang Bekas Elektronik

Oleh : Hariyanto | Kamis, 21 November 2019 - 18:36 WIB

BGR Logistics Luncurkan Aplikasi BGR Access
BGR Logistics Luncurkan Aplikasi BGR Access

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Logistik di Indonesia, menggelar commercial soft launching aplikasi BGR access, yang membantu memudahkan masyarakat untuk membuang ataupun mengeluaran barang bekas elektronik yang dimiliki karena sudah rusak ataupun sudah tidak digunakan.

Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo, menjelaskan bahwa peluncuran aplikasi BGR Access ini, menjawab kebutuhan masyarakat yang kesulitan membuang barang bekas elektronik yang dimiliki. 

"Hal ini sejalan dengan komitmen BGR Access yang ingin memberikan manfaat secara ekonomi, menjaga lingkungan, dan menggandeng masyarakat untuk menambah penghasilan, serta sesuai dengan tagline perusahaan sebagai Digtal Logistics Company," kata Kuncoro di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Tidak hanya sekedar aplikasi, lanjut Kuncoro, BGR Access juga telah membangun ekosistem logistik dalam pemindahan barang bekas elektonik milik masyarakat tersebut. Untuk memperlancar proses logistik, BGR Access telah bekerjasama dengan Grab dan Triplogic, yang bertindak sebagai picker yang mengambil barang dari customer dan diantar ke Mitra BGR Access.

Ekosistem selanjutnya adalah Mitra BGR Access, dapat berupa perorangan, UMKM, ataupun kelompok masyarakat yang  berperan menyediakan tempat untuk meletakkan sementara barang bekas elektronik dari masyarakat sebelum nantinya diambil oleh transporter BGR Logistics untuk dibawa ke pengolahan. 

“Kami saat ini tengah menggandeng BRI yang memiliki banyak agen BRILink di Jakarta dan juga Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta yang membina ribuan bank sampah di Jakarta,” terang Kuncoro.

Kuncoro, menambahkan bahwa semua kegiatan yang terjadi pada aplikasi ini, akan berlangsung secara digital dan telah diolah oleh sistem. Atas semua usaha yang dilakukan oleh pengguna dan mitra, kami memberikan dana kompensasi, yang dapat langsung dilihat pada aplikasi BGR Access. 

“Sangat memudahkan, pengguna dan mitra cukup melihat informasi pada aplikasi atas perkiraan besaran dana kompensasi yang akan didapat, tidak perlu timbang-menimbang barang lagi,” ungkapnya.

Selain Grab dan Triplogic, yang membantu ekosistem BGR Access, untuk layanan transfer dana milik pelanggan ataupun mitra atas transaksi yang terjadi, perseroan juga telah menggandeng Bank BRI yang ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama pada hari ini,Kamis (21/11/2019) dan Bank BCA. 

"Selain itu kedepannya, kami  juga telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan LinkAja yang akan memberikan variasi pilihan transfer saldo milik pengguna BGR Access," tambah Kuncoro.

Kuncoro menyebutkan bahwa layanan BGR Access tidak akan berhenti sampai pada barang bekas elektronik. Pihaknya, tengah mempersiapkan sejumlah layanan logistik balikan lainnya yang akan memberikan manfaat lebih besar dan juga layanan e-commerce yang akan mempermudah pengguna mendapatkan komoditas pangan dan bahan makanan pokok.

Saat ini, aplikasi BGR Access sudah dapat diunduh masyarakat di telepon pintar berbasis android terlebih dahulu. Sementara, aplikasi BGR Access baru dapat digunakan untuk pengguna yang berlokasi di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi terlebih dahulu. Setelah itu, secara bertahap layanan BGR Access akan melayani masyarakat lebih luas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…