Rosiana Silalahi Diangkat Menjadi Anggota Dewan Kehormatan PWI

Oleh : Hariyanto | Kamis, 21 November 2019 - 17:43 WIB

Rosiana Silalahi
Rosiana Silalahi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemimpin Redaksi Kompas TV Rosiana Silalahi diangkat menjadi anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat menggantikan Peter F Gontha yang mengundurkan diri. Keputusan tersebut diambil dalam rapat pengurus DK PWI yang dipimpin Ketua Ilham Bintang Kamis ( 21/11/2019) di Kantor PWI Pusat.

Peter F Gontha mengundurkan diri setelah ia menjadi anggota Dewan Pakar Partai Nasdem. Ilham Bintang mengatakan sesuai Peraturan Dasar PWI Pasal 26 ayat 3 yang menyebutkan pengurus PWI tidak boleh merangkap jabatan pengurus partai politik, maka pengunduran diri Pak Peter mendapat apresiasi karena memberi contoh yang baik. 

"Itu semua demi tegaknya disiplin organisasi dan kami salut serta berterima kasih" katanya.

Dengan demikian susunan lengkap  DK PWI Pusat terdiri dari Ketua Ilham Bintang, Sekretaris Sasongko Tedjo, dengan Anggota : Karni.Ilyas, Asro Kamal Rokan,Rosiana Silalahi Suryopratomo, Tri Agung, Teguh Santosa dan Rajapane.

Dalam kesempatan itu Ilham Bintang juga menyampaikan DK PWI ke depan akan lebih responsif menanggapi kasus kasus pers khususnya yang terkait pelanggaran kode etik jurnalistik. Sekarang PWI bahkan telah memiliki Kode Perilaku Wartawan yang akan mengawasi praktek jurnalistik yang profesional dan beretika.

Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers menekankan pengawasan terhadap pers dapat dilakukan oleh masyarakat.

Untuk itu DK PWI bekerjasama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat ( MPR ) akan keliling tanah air untuk melakukan sosialisasi dan literasi ke masyarakat. Pengawasan masyarakat dirasa penting dan untuk itu mereka perlu dibekali pemahaman kode etik jurnalistik dan kode perilaku wartawan.

Ketua MPR Bambang Susatyo menyambut baik rencana itu  karena tegaknya pers yang profesional dan beretika akan memperkuat konstitusi, demokrasi dan pilar pilar kebangsaan lainnya. "Jadi tugas MPR dan pers itu seiring sejalan" kata Bambang. 

Program literasi dan sosialisasi bersama MPR dan PWI ini akan dimulai awal tahun 2020.

Rosianna Magdalena Silalahi adalah presenter berita dan Mantan Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV.  Saat ini Rosi begitu panggilan akrabnya  merupakan Pemimpin Redaksi dari news channel Kompas TV.  Isteri Dino Gregory Izaak itu lahir 26 September 1972 (usia 47 tahun), di Pangkal Pinang.

Alumnus Universitas Indonesia pernah meraih pengharggaan di bidang jurnalistik dan presenter televisi. Antaranya pengharggan Panasonic Gobel Award untuk Presenter Berita Terfavorit serta berkali- kali menjadi Nominee Panasonic Gobel Award untuk Presenter Talkshow Berita Terfavorit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mayjen TNI MarSuhartono Dankormar

Sabtu, 07 Desember 2019 - 04:07 WIB

Peluang-Tantangan Korps Marinir dalam Era Revolusi Industru 4.0

Korps Marinir harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi khususnya industri militer. untuk itu para komandan satuan harus mampu membina anggotanya sehingga menjadi…

Paparan Asrena DanKomar pada Rapat Staf dan Komando Korps Marinir

Sabtu, 07 Desember 2019 - 03:00 WIB

Paparan Asrena Dankomar kepada Perwira Marinir Wilayah Surabaya

Asisten Perencanaan dan Anggaran Komandan Korps Marinir (Asrena Dankormar) Kolonel Marinir Asril Tanjung, menyampaikan paparan kepada Perwira Marinir Wilayah Surabaya di Ruang Rekreasi Batalyon…

Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM Jaenal Aripin

Sabtu, 07 Desember 2019 - 00:14 WIB

LPDB Dorong KUKM Manggarai Barat Hasilkan Produk Premium

Jakarta-Lembaga Pengelola Dana Bergulir - Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB - KUMKM) bersinergi dengan sejumlah stakeholder dan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas koperasi…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (ketiga dari kiri) dan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana

Jumat, 06 Desember 2019 - 23:07 WIB

Grand Final IndiHome eSports League Lahirkan Pemain eSports Profesional Indonesia

Jakarta – Setelah berjalan hampir satu tahun terakhir, IndiHome eSports League telah sampai pada babak grand final yang digelar pada 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.

Peresmian Tol Kunciran-Serpong (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:26 WIB

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Kawasan Industri Jakarta dan Banten Akan Terintegrasi

Dengan diresmikanya tol ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memberi dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional meskipun ruas tol ini berada di Banten.