PDB Pertanian RI Urutan ke 5 Dunia

Oleh : Wiyanto | Selasa, 19 November 2019 - 15:29 WIB

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kementerian Pertanian (Kementan), Kuntoro Boga Andri
Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kementerian Pertanian (Kementan), Kuntoro Boga Andri

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Anggaran Kementerian Pertanian kini tinggal Rp21 triliun dari sebelumnya Rp32 triliun. Anggaran tersebut untuk menggenjot sektor pertanian. Bahkan Product Domestik Bruto (PDB) sektor pertanian Indonesia urutan ke 5 dunia.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kementerian Pertanian (Kementan), Kuntoro Boga Andri menjelaskan hal tersebut pada Talkshow Peluang Bisnis Generasi Milenial Pada Sektor Agribisnis yang diselenggarakan Warta Ekonomi di Fakultas Ekonomi UI Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Secara Kementerian kata dia anggaran Kementan urutan ke 7, urutan pertama Kementerian Pertahanan, kedua Kementerian Agama, ketiga Kementerian Pendidikan dan lainnya.

Ada hal yang menarik soal kinera pertanian. Sisi ekspor sudah mencapai Rp1957 triliun, itu hampir sama dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019.

Selain itu, Kuntoro menyebutkan suplai pangan tetap stabil meskipun menjelang hari raya. Pada hari raya Idul Fitri tahun ini, kuntoro mengungkapkan tidak ada kenaikan harga pangan.

"Lebaran kemarin, harga telur enggak naik," katanya.

Terkait kebutuhan pokok berupa beras, ia katakan kebutuhan beras nasional untuk konsumsi mencapai 2,5 juta ton dan produksi beras sudah mencapai Rp3,8 juta ton. "Enggak ada kelangkaan beras," katanya.

Hal lain untuk Nilai Tukar Petani (NTP) membaik bagi petani. Meskipun 68 persen penduduk miskin berada di sektor pertanian, namun pertanian mampu menyerap tenaga kerja.

"Makanya untuk meningkatkan sektor pertanian dengan membuat embung, mekanisasi pertanian dan lainnya," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor Universitas Al Azhar Indonesia, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc.

Senin, 06 Juli 2020 - 14:43 WIB

Rektor Al Azhar: Merger Bank Syariah Merupakan Tindakan Yang Tepat

Rencana merger bank syariah plat merah pada 2021 yang diwacanakan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendapatkan respon positif dari Rektor Universitas Al Azhar Indonesia,…

Gedung Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik Ombudsman RI (nrmnews.com)

Senin, 06 Juli 2020 - 14:05 WIB

Komisaris BUMN Ramai-ramai Rangkap Jabatan, Ombudsman: Kerja Asal-asalan Hingga Rusak Kinerja Perusahaan

Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menyebut masih banyak komisaris yang rangkap jabatan di tubuh perusahaan badan usaha milik negara (BUMN). ORI menilai kondisi itu justru membuat kinerja perusahaan…

Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani

Senin, 06 Juli 2020 - 13:25 WIB

Serapan Tenaga Kerja Makin Terkikis, Apindo: Regulasi Ketenagakerjaan di Indonesia Terlalu Kaku dan Protektif

Regulasi ketenagakerjaan Indonesia yang diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 dinilai terlalu kaku dan protektif.

Host with the Most - Booking.com Hadirkan Fitur Kesehatan dan Keselamatan

Senin, 06 Juli 2020 - 13:15 WIB

Booking.com Hadirkan Fitur Kesehatan dan Keselamatan untuk Memudahkan Wisatawan Jelajahi Dunia

fitur baru Booking.com semakin memudahkan mitra akomodasi untuk berbagi informasi kepada wisatawan mengenai inisiatif mereka perihal hal-hal tersebut, memberikan jaminan dan transparansi lebih…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Senin, 06 Juli 2020 - 13:08 WIB

Kabar Gembira! Keyakinan Konsumen Naik Terhadap Ekonomi

Survei Konsumen Bank Indonesia pada Juni 2020 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi membaik, meski masih dalam level <100.