Anggota Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti Amankan 36 Butir Munisi, Mortir dan Roket

Oleh : Herry Barus | Minggu, 17 November 2019 - 04:00 WIB

Anggota Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti Amankan 36 Butir Munisi, Mortir dan Roket
Anggota Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti Amankan 36 Butir Munisi, Mortir dan Roket

INDUSTRY.co.id - Maluku-Anggota Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus  136/Tuah Sakti yang tergabung dalam Satgas Operasi Pengamanan Daerah Rawan Maluku dibawah pimpinan Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis sebagai Dansatgas, beberapa waktu lalu mengamankan 36 butir Munisi, Mortir dan  Roket di Negeri Kaitetu, Kec. Leihitu, Kab. Maluku Tengah.

Penemuan 36 butir Munisi, Mortir dan Roket di kebun milik warga Negeri Kaitetu Kec. Leihitu Kab. Maluku Tengah diperoleh berdasarkan informasi dari warga setempat yang diterima oleh Kopda Sofian anggota Pos Waitomu Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti sekitar pukul 14.30 WIT.

Adapun kronologis kejadian yaitu pada hari Jumat, tanggal 8 November 2019 sekitar pukul 10.00 WIT, Kopda Sofian menerima telepon dari salah satu warga Keitetu yang mengatakan menemukan benda mencurigakan seperti peluru besar yang ada di kebun salah seorang warga pada saat sedang membersihkan kebun Pala miliknya di hutan ujung Negeri Kaitetu berjarak lebih kurang 2 km dari ujung kampung Negeri Kaitetu.

 

Setelah menerima informasi tersebut, Kopda Sopian melaporkan kepada Komandan Pos (Danpos) Waitomu Letda Inf Sahrudi. Selanjutnya Letda Inf Sahrudi menghubungi  Babinsa Mamua a.n. Koptu Manulaw yang rumahnya berada di Negeri Kaitetu.

Pada pukul 13.30 WIT, Danpos dan Babinsa Mamua beserta empat anggota pos, berangkat menuju lokasi penemuan benda yang ditemukan warga. Jarak dari pos sekitar 5 km menuju ujung kampung Negeri Kaitetu dan 2 km dari ujung kampung menuju kebun Pala.

Setelah sampai di kebun Pala sekitar pukul 14.30 WIT, dilokasi pertama kebun Pala ditemukan 13 butir Munisi Mortir. Kemudian dilanjutkan pencarian kembali di sekitar kebun lebih kurang 5 meter dari tempat pertama di pinggir tebing ditemukan lagi 23 butir peluru, terdiri dari 15 peluru  Roket dan 8 butir peluru Mortir yang ditutupi oleh semak belukar. Kemudian Danpos beserta anggota melakukan evakuasi terhadap Munisi, Mortir dan Roket tersebut dengan menggunakan pakaian yang digunakan ke tempat yang aman.

Sekitar pukul 15.30 WIT, seluruh benda tersebut di bawa ke Pos Woitomu dengan menggunakan kendaraan roda dua. Pada pukul 16.00 WIT, seluruh peluru Mortir dan Roket  telah sampai di Pos Woitomu dalam keadan aman. Selanjutnya, Danpos melaksanakan kordinasi dengan Danki untuk pelaksanaaan pengamanan peluru Mortir tersebut.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MenkopUKM Teten Masduki saat mengunjungi Dapur Bersama GoFood, di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan

Kamis, 09 Juli 2020 - 19:35 WIB

MenkopUKM Apresiasi Dapur Bersama GoFood Fasilitasi UMKM Naik Kelas

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi dibukanya Layanan Dapur Bersama GoFood yang dianggap selaras dengan visi dan konsep Rumah Produksi Bersama yang digagas oleh KemenkopUKM.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (dok INDUSTRY.CO.ID)

Kamis, 09 Juli 2020 - 19:10 WIB

Kiat Menperin Agus Dorong IKM Go Digital

Pemerintah berkomitmen untuk terus membantu sektor industri kecil menengah (IKM) di dalam negeri agar bisa memasarkan produknya secara digital.

MUF Online Autoshow 2020

Kamis, 09 Juli 2020 - 18:24 WIB

Pameran Mobil dan Motor MUF Online Autoshow 2020 Segera Digelar, Bisa Angsur Motor Rp19.000 Perhari

MUF Online Autoshow 2020, merupakan pameran mobil dan motor yang digelar secara online melalui website www.mufautoshow.id dan dibuka untuk konsumen yang berdomisili di wilayah Jabodetabekser.…

Kapten Borneo FC Diego Michiels (Foto Dok Indosport)

Kamis, 09 Juli 2020 - 18:00 WIB

Kapten Boreno FC Diego Michiels Tingkatkan Latihan Jelang Kompetisi Liga 1

Bek sekaligus kapten Borneo FC Diego Michiels antusias kompetisi Shopee Liga 1 2020 dilanjutkan. Agar tak kedodoran saat berlatih bersama, pemain naturalisasi ini rela menambah porsi latihan…

Pelindo IV Kerjasama dengan Kejati Sulsel

Kamis, 09 Juli 2020 - 17:57 WIB

Pelindo IV Jalin Kerjasama Dengan Kejati Sulsel Jaga Transparansi dan Aset Negara

Dirut Pelindo IV, Prasetyadi mengatakan, kesepakatan bersama tersebut dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi kedua belah pihak dalam penyelesaian masalah hukum perdata…