KASAL Pimpin Upacara Peringatan HUT ke 74 Korps Marinir

Oleh : Herry Barus | Jumat, 15 November 2019 - 17:00 WIB

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.,
Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.,

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., selaku Inspektur Upacara memimpin langsung upacara peringatan HUT ke 74 Korps Marinir tahun 2019, di lapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya. Jumat (15/11/2019).

Didepan ribuan prajurit Korps Marinir dengan Komandan upacara Letkol Marinir Aang Andy Warta tersebut, Kasal mengucapkan selamat ulang tahun ke 74 Korps Marinir, selain itu Kasal juga menyampaikan ucapan selamat atas kepercayaan negara dan pimpinan TNI kepada Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang telah menjadi Kotama Operasi TNI.

Hingga di usia pengabdiannya yang ke 74 tahun, lanjutnya, Korps Marinir selalu berperan aktif dan berhasil dalam berbagai penugasan, keberhasilan tersebut membuat Korps Marinir mendapatkan banyak apresiasi baik dari masyarakat maupun pemerintah, sehingga Korps Marinir dipercaya menjadi salah satu Kotama Operasi TNI, perubahan tersebut merupakan pendorong bagi Korps Marinir TNI Angkatan Laut untuk terus meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas yang telah diamanatkan, di sisi lain, kepercayaan itu merupakan tantangan dan amanah yang harus dapat dipertanggung jawabkan dan diwujudkan dalam medan tugas pengabdian kepada negara.

Kasal juga menyampaikan rasa bangganya karena bisa hadir di tengah-tengah prajurit Korps Marinir dalam upacara peringatan ulang tahun ke-74 Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang pada hakekatnya merupakan refleksi dari jiwa korsa, kebanggaan, kecintaan dan kehormatan prajurit baret ungu. Rentang waktu pengabdian selama 74 tahun bukanlah masa yang singkat, Korps Marinir lahir dalam era revolusi perjuangan bangsa, tumbuh dan besar dalam berbagai pertempuran di setiap palagan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hingga saat ini, keberadaan Korps Marinir TNI Angkatan Laut selalu menjadi bagian penting, sekaligus merupakan kekuatan strategis yang dapat diandalkan oleh negara untuk menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, untuk itu, tepat kiranya pada peringatan ulang tahun kali ini, tema yang diusung adalah: profesionalitas, loyalitas dan pengabdian prajurit petarung Korps Marinir untuk NKRI, kata Kasal.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kasal menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani sebagai berikut: pertama, tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan, untuk membentengi diri dari pengaruh negatif lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dan penugasan. kedua, sikapi perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan arif dan bijak, hindari terjebak dalam disrupsi teknologi dan dampak negatif dari media sosial. perkuatlah karakter dan jati diri sebagai prajurit korps marinir, serta pertahankan nilai-nilai budaya yang kita miliki. ketiga, pelihara dan tingkatkan kompetensi, militansi dan naluri tempur, teruslah mengisi diri dengan berlatih penuh semangat dan terukur serta laksanakan tugas-tugas dengan kemampuan maksimal untuk mencapai hasil terbaik. keempat, jaga nama baik dan citra Korps Marinir TNI Angkatan Laut, dengan selalu menjunjung tinggi disiplin, hierarki dan kehormatan militer sebagai ciri khas prajurit matra laut. kelima, pertahankan dan tingkatkan terus soliditas dan sinergitas dengan jajaran TNI, Polri, pemerintah serta masyarakat dimanapun kalian bertugas guna menjaga dan memperkokoh kebhinekaan, persatuan dan kesatuan bangsa.

Pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Korps Marinir tahun 2019 ini, selain upacara parade dan defile pasukan serta kendaraan tempur, juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi dari para prajurit baret ungu TNI AL, diantaranya demontrasi beladiri militer, terjun payung dan Tari Nusantara.

Penerjunan yang dilakukan 34 peterjun Korps Marinir tersebut, dilakukan dari ketinggian 7000 feet dilaksanakan dalam 1 sorty dibagi menjadi 3 run menggunakan dua pesawat Cassa CN 212 Skuadron 600 Wing Udara 2 Puspenerbal Surabaya. Para peterjun tersebut dibawah pimpinan Mayor Marinir Tantahara yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir.

Berbagai material tempur Korps Marinir juga yang dikerahkan dalam defile diantaranya Tank PT-76, Tank BMP-3F, LVT-7A1, Roket Multilaras RM-70 Vampire dan Grad, BVP-2, BTR-4, Howitzer 105 mm, Meriam Norinco, Sea Rider, Truk Liaz, Dump truk, Mobil EOD, Mobil Radar Hughes, Kendaraan Kawal, Komob,  Monob, Ganila dan Ranbeng.

Pada kesempatan HUT ke-74 ini, Kasal didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji, Komandan Korps Marinir  Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) melakukan penyerahan cinderamata mata kepada sesepuh KKO yang terlibat dalam pengangkatan jenazah di lubang buaya dan pemberian hadiah kepada Tamtama Teladan Tingkat TNI AL, Lomba Binsat Renang dan Dayung serta  Juara Pertama Rupanpur tahun 2019, dilanjutkan makan bersama dengan ribuan prajurit Korps Marinir TNI AL.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kabakamla Laksdya TNI Ahmad Taufiqurrohman, S.E, Dankormar dari masa ke masa, Pejabat TNI/Polri, Forkopimda Jawa Timur,Tokoh agama dan masyarakat Jawa Timur.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…